Headset VR Acer Windows Mixed Reality, Apa Kelebihannya?

Oleh Nur Abdillah updated Kamis, 12 Apr 2018 | 06:32

Acer Widows Mixed Reality
Acer menunjukkan komitmen mereka dalam mendukung dunia VR (Virtual Reality) dengan memperkenalkan headset VR terbaru. Bekerjasama dengan Windows, perangkat headset VR tersebut dikenal dengan Acer Widows Mixed Reality.

Apa sih Mixed Reality? Merupakan sebuah teknologi baru yang menawarkan pengalaman berbeda karena menggabungkan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality. Nah, kelebihan dari headset VR Acer Windows Mixed Reality ini ada pada fitur Inside-out Tracking yang memungkinkan melacak gerak tubuh dan suara pengguna tanpa harus memasang sensor eksternal.

Sehingga Anda bisa dengan mudah menggunakannya, cukup pasang dan langsung mainkan (plug and play). Menariknya, perangkat ini sudah kompatibel dengan PC berbasis Windows 10 Fall Creator Update dengan berbagai macam konten menarik.

Dengan headset VR dari Acer ini, Anda bisa menikmati berbagai konten VR, termasuk bisa menjadi headset VR game atau menjalankan aplikasi yang menggunakan teknologi VR. Bahkan kabarnya sudah kompatibel dengan 20.000 aplikasi Windows.

Kelebihan Acer Windows Mixed Reality

Acer Windows Mixed Reality
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, headset VR Acer Windows Mixed Reality ini sudah dilengkapi dengan fitur Inside-out Tracking yang memungkinkan melacak gerak tubuh dan suara pengguna tanpa harus memasang sensor eksternal di sekitar ruangan. Kelebihannya jauh lebih akurat, nyaman dan mudah diakses.

Secara teknisnya, fitur ini bekerja menggunakan kamera pelacak yang ditempatkan di dalam headset, agar VR dapat mengenali lingkungan sekitar. Tidak hanya itu, yang menjadi adalah kemampuan i six-degree-or-freedom (6 dof). Teknologi ini menjadi pembeda utama antara headset VR level atas dan level bawah.

Dengan kemampuan tersebut, tidak hanya melacak gerakan saat melihat ke berbagai aerah, tapi juga melacak lokaso saat pengguna bergerak ke kiri, kanan, depan, belakang, atas dan bawah. Keuntungannya, motion tracking ini dapat menginformasikan jika pengguna bergerak melebihi space ruangan sehingga tidak menabrak barang-barang yang ada di sekitar.

Nikmati Ribuan Aplikasi dan Game

Acer Windows Mixed Reality
Headset VR Acer Windows Mixed Reality telah menanam berbagai macam sensor, seperti accelerometer, gyro sensor, magnetometer, dan proximity sensor. Sehingga memungkinkan headset VR kompatibel dengan berbagai macam aplikasi dan game. Dikombinasikan dengan teknologi 6 dof, memainkan game bergenre first person shoot (FPS) benar-benar seperti kenyataan.

Anda bisa melakukan gerakan langsung, seperti melangkah, meloncat, dan berputar. Gerakan ini langsung Anda gerakan sendiri tanpa menggunakan stik atau kontroler. Bahkan perangkat ini sudah kompatibel dengan  ribuan aplikasi dari Windows Store dan Stream VR.

Spesifikasi Acer Windows Mixed Reality

Acer Windows Mixed Reality
Dibandingkan dengan headset VR atau headset VR yang ada saat ini, Acer Windows Mixed Reality sudah dibekali dengan spesifikasi terbaik dikelasnya. Spesifikasi Acer Windows Mixed Reality mencakup :

  • Dua layar LCD beresolusi tinggi (1440x1400p), pixel density 706 ppi
  • Kemampuan refresh rate hingga 90Hz
  • Memiliki lubang audio jack 3.5mm
  • Satu port HDMI 2.0 (display) dan SB 3.0 untuk koneksi data
  • Field of View 100 derajat

Harga Acer Windows Mixed Reality

Acer Windows Mixed Reality sudah tersedia di Official eStore dan toko-toko retail dengan harga Rp7.500.000. Selama masa promo hingga Oktober 2018, setiap pembelian headset VR Acer Windows Mixed Reality akan mendapatkan konten game VR Ghostbuster dari Microsoft Store secara gratis. 

Acer Windows Mixed Reality
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar yang Kompatibel 2.89 inch
Field of View 100 degree
Sensor Accelerometer, Gyro Sensor, Magnetometer, Proximity Sensor
Applications Supports FPS, Arcade
Headband Ya
Material Plastic
Dimensi 109.2 x 195.5 x 73 mm
Berat 0.36 Kg
Warna Hitam, Biru

Artikel Lainnya

Komentar