Cara Cepat Download Video Youtube, Ga Sampai 5 Menit

Oleh Nur Abdillah updated Kamis, 25 Jun 2020 | 10:30

Cara Download Video Youtube

Mau download video Youtube? Bisa kok, apalagi cara download video Youtube sangat cepat dan mudah. Hanya dibutuhkan waktu kurang dari 5 menit untuk mendownload video dari Youtube dan menyimpannya di gadget kamu. 

Youtube sendiri sebenarnya menyediakan opsi untuk download video di situs mereka. Cara download video Youtube langsung dari aplikasi ini juga mudah, cukup pilih video yang akan di download > klik ikon tiga titik di pojok kan > pilih download.

Hanya saja, video Youtube yang sudah didownload ini tersimpannya hanya bersifat sementara (29 hari), artinya kamu harus melakukan download ulang untuk bisa menontonnya setelah 29 hari.

Lalu bagaimana jika kita ingin mendownload video dari Youtube yang bisa ditonton setiap saat? Ikuti saja cara download video Youtube dengan cepat untuk hp maupun PC atau laptop di bawah ini.

Cara Download Video Youtube di Hp

1. Menggunakan Savefrom.net

Download video Youtube menggunakan Savefrom.net
Ini merupakan cara download video yang paling mudah dilakukan. Wajar bila cara download menggunakan savefrom.net ini cukup populer.

Menariknya tidak ada tool atau aplikasi tambahan, cukup buka savefrom.net dan masukkan url video yang diinginkan.

File yang tersimpan pun bisa disesuaikan, karena savefrom.net memungkinkan kita mendownload video dari Youtube dalam berbagai format.

Jadi bisa dipilih sesuai keinginan. Untuk lebih jelasnya, berikut cara download video Youtube menggunakan savefrom.net :

  • Masuk ke Youtube dan pilih video yang akan di download
  • Setelah itu copy link atau url video tersebut
  • Buka situs savefrom.net (kami menggunakan Chrome)
  • Paste link atau url video youtube yang akan di download (langkah kedua)
  • Pilih format dan kualitas video, lalu klik download

Oiya, cara ini bisa dilakukan melalui hp dan juga laptop. Cukup mudah dan bisa cepat dilakukan. Bahkan kami hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit untuk mendapatkan video favorit. 

2. Menambahkan ‘ss’ Pada URL Video Youtube

Untuk download video di Youtube yang kedua adalah dengan menambahkan "ss" di depan url video YouTube yang ingin didownload.

Cara ini sebenarnya hampir sama dengan cara pertama di atas karena menggunakan savefrom.net.

Namun cara kedua ini digunakan jika kamu membuka Youtube menggunakan browser bukan dari aplikasi. Berikut caranya :

a. Buka browser di hp Android (disarankan menggunakan chrome), lalu masuk ke situs Youtube. Lalu cari video yang akan di download. 

download video youtube
b. Setelah mendapatkan videonya, tambahkan huruf ‘ss’ di depan url video yang ingin di download.

Contoh penambahan hurus ‘ss’ untuk Android : https://m.youtube.com/watch?v=OsyXLA7CDX4 menjadi https://m.ssyoutube.com/watch?v=OsyXLA7CDX4.

Setelah menambahkan ‘ss’ lalu klik enter, dan kamu akan dialihkan ke halaman savefrom.net.

download video youtube
c. Disini kamu bisa memilih resolusi video yang ingin diunduh, yang tertinggi yaitu resolusi HD 720p. Yang harus diingat makin besar resolusi yang dipilih maka semakin besar ukuran filenya. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kecepatan download.

download video youtube
d. Saat selesai memilih salah satu pilihan resolusi, maka video akan di download secara otomatis. dan kamu tinggal menunggu proses unduhan selesai.

download video youtube
Itulah cara download  video Youtube dengan cepat di hp. Oiya, cara ini juga bisa kamu lakukan pada laptop atau PC lho.

Cara Download Video Youtube di Laptop

1. Menggunakan Situs Download Online

Jika gagal menggunakan "ss", maka solusi mudahnya adalah melakukan download video di Youtube menggunakan situs download online. Ada banyak situs download online yang bisa kamu gunakan.

Tapi kami sarankan kamu untuk menggunakan keepvid.site. Karena situs ini sudah sangat umum digunakan bagi mereka yang ingin melakukan download video dari Youtube. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

a. Buka Youtube dan Buka Video yang Ingin Didownload

cara download youtube

Sama seperti menggunakan "ss", hal pertama yang harus kamu lakukan adalah pergi ke link YouTube pada browser kamu dan tentukan video yang ingin diunduh.

Browser disarankan Google Chrome dan Mozilla, dan jangan gunakan aplikasi YouTube pada handphone.

b. Buka Situs Keepvid.site

cara download video youtube

Copy link video youtube yang ingin kamu download. Lalu buka situs keepvid.site, kemudian paste ke tempat kita memasukkan link video di situs tersebut.

Lalu klik download, bila tombol download yang di sebelah kanan tidak bisa ditekan, maka tekan saja tombol download mp4 yang ada di bawah tempat kita mem-paste link video tadi.

c. Pilih Tipe File dan Ukurannya

cara download video youtube

Selanjutnya kamu akan dihadapkan dengan pilihan jenis file dan ukuran videonya. Tinggal kamu pilih mana yang paling sesuai dengan keinginan.

d. Tekan Tombol Download atau Simbol Download

Setelah kita memilih format yang diinginkan, video akan terunduh secara otomatis. Jika tidak didownload otomatis, pilih tombol Download untuk mengunduh. Prosesnya juga tidak sampai 5 menit dan tinggal tunggu hasilnya.

2. Menggunakan Add-ons/Extention

Jika kamu belum familiar dengan Add-ons atau extention, ini adalah aplikasi tambahan pada browser yang memiliki fungsi tertentu. Ada beberapa add-ons yang bisa digunakan untuk mengunduh video pada YouTube.

Salah satunya adalah Easy YouTube video Downloader di browser Mozilla Firefox dan Youtube Downloader di Google ChromeBagaimana cara download video youtube di Youtube menggunakan Add-ons ini?

Berikut kami jelaskan. Namun hanya dari menggunakan Google Chrome, sebab hal yang sangat mirip juga berlaku di Mozilla Firefox.

a. Cari Extension Youtube Downloader

cara download youtube

Buka atau lakukan pencarian Google Chrome webstore di Chrome, lalu ketika "youtube downloader" di bagian searching. Selanjutnya pencarian kamu akan langsung dilakukan oleh Google.

b. Klik Add To Chrome

cara download youtube

Setelah menemukannya, klik Add To Chrome, lalu add extension, maka proses download dan penambahan add-ons akan langsung dilakukan. 

Bila proses penambahan add-ons berhasil, akan ada simbol atau tombol khusus di dalam chrome.

c. Lakukan Download di Video Situs Youtube

cara download video youtube

Buka video Youtube pilihan di Chrome kamu. Cek di bawah video, apakah muncul tombol youtube atau tidak.

Jika ya, kalau kamu ingin mendownload video tersebut, tekan download dan pilih resolusi video yang diinginkan. 

d. Tekan Tombol Download atau Simbol Download

Setelah memilih format yang diinginkan, video akan terunduh secara otomatis. Jika tidak, pilih tombol Download untuk mengunduh.

Tidak hanya menggunakan Youtube downloader saja, ada banyak extension download video lain yang bisa dipakai antara lain video download pro, dan lainnya.

3. Menggunakan Aplikasi YouTube Downloader

Untuk cara download video di Youtube selanjutnya, kamu dapat mendownload video Youtube dengan beberapa aplikasi seperti YouTube Downloader. 

Pada dasarnya, jika kamu ingin menggunakan YouTube Downloader, maka kamu cukup meng-copy dan paste url yang ada di YouTube ke aplikasi YouTube Downloader, lalu pilih kualitas ukuran video lalu mendownloadnya.

Tapi sebelumnya, pastikan dulu ya kalau kamu sudah mendownload dan menginstall aplikasi YouTube downloader terlebih dahulu.

a. Buka Situs Youtubedownloader.com

youtube download

Cara mendownload video Youtube berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Youtube Downloader. Pertama tentu kamu harus mendownload aplikasi ini melalui situs resminya yaitu youtubedownloader.com.

Klik download for free, maka installer youtube downloader akan secara otomatis terunduh.

b. Install Aplikasi Youtube Downloader

youtube downloader

Lakukan proses instal aplikasi Youtube Downloader. Ikuti semua instruksi yang diminta. Jika berhasil, maka akan muncul tampilan seperti di atas.

c. Lakukan Proses Download

cara download youtube

Buka video Youtube yang ingin kamu download, lalu copy link videonya ke Youtube Downloader. Setelah itu kamu bisa mengatur resolusi dan tipe file yang diinginkan.

Jika sudah klik download. Kamu juga bisa menjadikan video tersebut menjadi audio dengan mendownload dalam bentuk file mp3. Proses download akan langsung dilakukan ke file kamu.

Bagi kamu yang ingin download Youtube Mp3 dengan mudah dan cepat, kamu bisa membacanya di tautan di bawah ini:

Itulah cara download video dari Youtube yang bisa kamu lakukan. Tapi, jika kamu tidak tertarik melakukan download, tapi malah ingin menjadi Youtuber dengan rajin memposting video menarik dan berkualitas.

Berikut ini adalah cara upload video Youtube secara lengkap. Kamu bisa membacanya di artikel di bawah ini:

Kelebihan Download Video dari Youtube

Jika sudah mencoba salah satu cara download video Youtube di atas, tentunya kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan. Selain videonya bisa ditonton secara offline juga bisa menghemat kuota.

Kok bisa? Karena dibanding menonton secara streaming, mendownload video di Youtube merupakan salah satu cara paling efektif untuk menghemat kuota data.

Beberapa sumber menyebutkan, untuk nonton Youtube dengan resolusi standar 480p selama 1 jam bisa menguras kuota data sebesar lebih dari 500MB. Lalu video HD 720p dengan durasi 1 jam setidaknya dibutuhkan data hingga 1,2GB – 1,8GB (tergantung pada fps).

Tapi itu hanya hitungan rata-rata saja, bisa lebih besar atau lebih kecil. Sedangkan saat di download, video Youtube 720p dengan durasi 1 jam hanya butuh data sekitar 800-an MB. Cukup berguna bagi kamu yang berlangganan paket data terbatas.

Cepat dan Hemat Data

Nah, itulah beberapa cara download video Youtube yang sangat mudah dan simpel. Kini kamu sudah bisa download video dari Youtube langsung dari hp, PC atau laptop dalam waktu yang cepat.

Dari pengalaman kami, setidaknya hanya butuh waktu kurang dari 5 menit dari proses awal hingga siap download video Youtube. Waktu ini tidak termasuk saat video dalam proses download karena tergantung pada kecepatan internet yang digunakan.

Selain itu kamu juga bisa lebih hemat data. Tapi, jika kamu memiliki cara download video di Youtube dengan metode lain, jangan ragu untuk selalu membagikan ide tersebut ke teman-teman atau bisa share kepada kami.

Artikel Terkait

Komentar

Nashir Ibnu Haer Rabu, 18 Apr 2018 | 09:27
http://www.getvidio.com/ bisa download video dari berbagai website terkenal seperti youtube, facebook, twitter, dan lain2.
othe Kamis, 21 Jun 2018 | 17:37
Nashir Ibnu Haer..nice info gan
RizqyaViika Rabu, 27 Feb 2019 | 11:46
Thanks. sangat membantu
Nilam Yolanda Banure Minggu, 16 Jun 2019 | 08:27
Mantap thanks yaaa,,, sangat membantu ,😍😍😘😘😘
nada Senin, 26 Agu 2019 | 11:21
Thank you so much. <a hrefs="https://apkgila.com/cara-download-video-youtube/">Cara Download Video Youtube</a>
octaviavia53 Senin, 30 Sep 2019 | 05:30
Hobi bermain game ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?? dengan bermoda 25K anda mendapat peluang menang hingga puluhan juta rupiah, Buruan gabung bersama kami dupa88. com
Minggu, 19 Jan 2020 | 13:00
ok ane coba
Rizki Senin, 8 Jun 2020 | 20:41
Kelihatannya gampang tapi saat masuk ke savefromnya kok dikunci gimanaya cara mengatasinya tolong bantu