Diperbaharui pada Selasa, 22 Februari 2022 | 15:15

Cara Upload Video ke YouTube Lewat Hp dan Laptop

Cara Upload Video di YouTube

Sebelumnya kami sudah menjelaskan cara download video dari Youtube. Dan sekarang waktunya untuk memberitahukan cara upload video ke Youtube.

Hal ini cukup penting jika kamu ingin menjadi seorang Youtuber. Cara mengupload video ke Youtube juga tidak susah kok dan bisa dilakukan sendiri. Untuk proses uploadnya, kamu bisa menggunakan hp dan PC atau laptop

Oleh karena itu, kali ini Pricebook akan coba berbagi informasi bagaimana cara upload video ke Youtube sehingga video yang sudah kamu buat bisa dilihat semua orang.

Cara Upload Video ke Youtube

Berikut cara upload video ke Youtube dari hp dan laptop :

1. Dari Hp

Cara pertama untuk mengupload video ke Youtube bisa dilakukan langsung dari hp. Jadi kamu bisa upload video yang direkam menggunakan kamera hp, berikut caranya :

a. Buka Aplikasi Youtube lalu sign in (jika belum sign in), lalu kik Ikon (+) dibagian bawah

Cara Upload Video ke Youtube dari Hp
b. Pilih opsi 'Upload video' lalu 'Allow Acces', lalu pilih Video yang Akan Diupload

Cara Upload Video ke Youtube dari Hp
c. Edit video, buat Judul, deskripsi, dan kustomisasi Lainnya. Jika sudah selesai klik 'Next'

Cara Upload Video ke Youtube dari Hp
d. Pilih audience, apakah video kamu untuk anak-anak atau dewasa

Cara Upload Video ke Youtube dari Hp
e. Jika sudah langsung pilih 'Upload' dan tunggu hingga prosesnya selesai

Cara Upload Video ke Youtube dari Hp
Itulah cara upload video ke Youtube melalui hp yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Untuk upload video menggunakan laptop bisa lanjut ke bawah.

2. Dari Laptop/PC

Sekarang kami akan memberikan informasi bagaimana cara upload video Youtube menggunakan PC atau laptop. Secara keseluruhan, tidak ada yang berbeda, hanya bagian tombol dan urutannya saja yang berbeda.

Sebagai catatan, cara upload video dibawah ini bisa dilakukan jika kamu sudah memiliki channel Youtube. Jika belum, kamu bisa melihat cara membuat channel Youtube yang sudah kami ulas sebelumnya.

Jika sudah, langsung ikuti langkah dibawah ini :

a. Buka situs Youtube dari browser dan klik tombol Sign In, lalu pilih ikon camcorder di pojok kanan atas lalu pilih 'Upload Video'

Cara Upload Video ke Youtube dari PC
b. Kemudian pilih file video yang akan di upload ke Youtube

Cara Upload Video ke Youtube dari PC
c. Beri judul, deskripsi singkat mengenai video, thumbnail, audience, apakah video kamu untuk anak-anak atau bukan, klik 'Next'

Cara Upload Video ke Youtube dari PC
d. Isi kolom 'Visibility' video di private atau public, pilih public jika ingin video kamu diliat orang. Kamu juga bisa mengatur waktu untuk mempublish video.

Cara Upload Video ke Youtube dari PC
e. Terakhir klik save

Setelah itu, video yang diupload tadi akan tampil di Google melalui channel kamu.

Itulah cara upload video ke Youtube yang bisa kamu lakukan. Jika kamu tertarik untuk menjadi Youtuber, cobalah untuk selalu menghasilkan konten video yang berkualitas, kreatif, dan bermanfaat. 

Semakin unik dan bagus video yang dihasilkan tentu kesempatan untuk mendapat subscriber dan penghasilan dari Youtube akan semakin besar.

Semoga cara upload video ke Youtube diatas bisa membantu kamu yaa. Selamat mencoba ya!

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.