Spesifikasi Vivo V9 di Indonesia, Layar Poni hingga Teknologi AI

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 30 Mar 2018 | 23:03

launching vivo v9 di borobudur
Seperti yang diketahui, Vivo telah resmi merilis hp terbaru mereka dalam seri Vivo V9 ke pasar Indonesia. Acara peluncuran berlangsung mewah dan megah karena mengambil lokasi di kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Tidak hanya itu, peluncuran Vivo V9 juga disiarkan langsung oleh 12 TV nasional di jam prime time.

Di industri pertelevisian sendiri, prime time merupakan waktu utama dengan jumlah penonton terbanyak. Jam prime time yang dimaksud berada diantara pukul 18.00 WIB - 22.00 WIB. Pada umumnya, setiap stasiun TV selalu menayangkan program unggulan di jam prime time ini.

Dan besaran tarif iklan di jam prime time ini juga jauh lebih besar dibanding jam lain. Itu artinya, Vivo harus mengeluarkan dana sangat besar saat melakukan blocking time (membeli waktu siar) saat peluncuran Vivo V9.

Belum termasuk biaya yang dibutuhkan terkait acara, seperti membayar artis, panggung dan segala macam. Sayangnya, pihak Vivo enggan memberikan keterangan berapa dana yang harus mereka keluarkan. Namun yang pasti Vivo berinvestasi besar untuk acara ini.

vivo v9

Terlepas dari hal tersebut, menarik juga untuk membahas spesifikasi dari Vivo V9. Menjadi perangkat teranyar di lini Vivo V series, Vivo V9 menyuguhkan fitur terkini yang disesuaikan dengan tren saat ini. Salah satunya adalah penggunaan fitur full display melalui layar berukuran 6.3 inch.

Layar ini juga memiliki notch atau poni di bagian atas yang mulai banyak diterapkan para vendor. Layar ini sudah beresolusi FullHD+ dengan screen-to-body ratio mencapai 90%. vivo V9 juga menawarkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk menambah kemampuannya di sektor fotografi.

Hanya saja, yang sangat disayangkan adalah Vivo V9 hanya ditenagai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 450. Penggunaan prosesor ini berbeda dengan Vivo V9 yang rilis untuk pasar India dan Malaysia yang menanam prosesor Snapdragon 626. 

Untuk lebih jelasnya, berikut spesifikasi dan harga Vivo V9 yang rilis di Indonesia :

Layar Full Display

Vivo V9
Vivo V9 hadir dengan layar berukuran 6,3 inch dalam ukuran seperti hp berlayar 5,5 inch. Karena Vivo V9 mengadopsi aspek rasio 19:9 atau leih besar 5,2% dari V series sebelumnya yaitu Vivo V7+. Vivo juga mengusung bezel yang sangat tipis dengan ukuran hanya 1,75mm serta beresolusi FullHD+.

Dual Kamera

Vivo V9 juga dibekali dengan fitur dual kamera di bagian belakang dengan konfigurasi lensa 13MP+2MP. Dual kamera ini turut disertai teknologi AI-Bokeh yang bisa menghasilkan foto bokeh yang menarik. Dengan AI Bokeh, Vivo V9 diklaim bisa mencapai tingkat presisi yang tinggi dalam mengidentifikasi objek foto serta memastikan fokus untuk setiap foto yang diambil.

Bagaiman dengan kamera depannya? Seperti Vivo V series lain, Vivo V9 juga tetap menonjolkan kemampuan kamera depan dengan resolusi tinggi. Kali ini Vivo menawarkan kamera selfie crystal clear AI Selfie beresolusi 24MP dengan dukungan aperture f/2.0.

Dukungan Teknologi AI

vivo v9

Untuk meningkatkan performa kamera, Vivo V9 melengkapi diri dengan teknologi kecerdasaran buatan (AI). Sebut saja AI Face Beauty yang akan mengidentifikasi usia, jenis kelamin, warna kulit, tekstur wajah dan pencahayaan di sekitar. Ada juga AI Selfie Lighting yang memungkinkan pengguna menghasilkan foto artistik dengan mengubah profil wajah 2D asli menjadi model 3D untuk memproses aksen cahaya secara lebih otentik. Disediakan AR stiker agar foto lebih atraktif.

Teknologi AI juga digunakan Vivo V9 untuk meningkatkan kinerja dan ketahanan perangkat melalui AI Smart Engine. Teknologi AI ini mengutamakan proses jalannya fitur serta kapasitas penyimpanan data dan daya agar semakin maksimal. Termasuk  memprediksi penggunaan sehingga aplikasi yang sering digunakan dapat diakses lebih cepat.

Tidak hanya itu, teknologi AI ini juga sudah diterapkan untuk mendeteksi wajah. Dengan fitur AI Face Acces terbaru, perangkat dapat mendeteksi kulit dan gerakan wajah. Sangat berguna ketika digunakan untuk mengunci aplikasi yang menjamin keamanan data pengguna.

Prosesor Hanya Snapdragon 450

vivo v9

Vivo V9 memang telah dibekali fitur dengan teknologi terkini. Hanya saja, fitur-itur tersebut tidak didukung dengan penggunaan prosesor yang mumpuni. Karena perangkat ini hanya ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 450. padahal di India dan Malaysia, Vivo V9 menanam prosesor Qualcomm Snapdragon 626 yang lebih bertenaga.

Perbedaan ini memang cukup terasa signifikan, terutama dari sisi perfroma. Prosesor Snapdragon 626 memiliki kecepatan 2,2Ghz, berbanding dengan 1,8Ghz milik Snapdragon 450. dengan demikian, secara performa Vivo V9 tidak mengalami peningkatan dibanding Vivo V7+ yang juga menggunakan prosesor sama.

Namun, penggunaan prosesor Snapdragon 450 ini memang bagian dari strategi marketing Vivo untuk menekan harga Vivo V9. Karena prosesor Snapdragon 450 tentu memiliki harga lebih terjangkau dibanding Snapdragon 626. Prosesor ini nantinya akan disokong memori RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8.1
Ukuran Layar 6.3 inch
Screen Resolution 2880 x 1080 Pixel
Chipset Qualcomm Snapdragon 450
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.2 GHz
GPU Adreno 506
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Resolusi Kamera Depan 1 24 MP
USB microUSB, USB OTG
Kapasitas Baterai 3260 mAh

Harga Vivo V9

Vivo V9 dipasarkan seharga Rp3.999.000 dan tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Gold in Black dan Gold. Pre-order Vivo V9 sendiri dapat dilakukan per 30 Maret 2018 di 5 E-Commerce Official Online Store vivo Indonesia, yaitu: Lazada.id, JD.id, Shopee, AkuLaku.com, dan Dinomarket.

Paket V9 eksklusif dengan Vivo Bluetooth Stereo Headphone; JOOX VIP Code senilai Rp 50.000.

Artikel Lainnya

Komentar