Diperbaharui pada Jumat, 2 Maret 2018 | 09:25

Ini yang Terbaik dalam Ajang MWC 2018, Persaingan Makin Ramai!

Ajang pameran Mobile World Expo 2018 akhirnya selesai. Event besar yang menampilkan teknologi terbaru dalam industri gadget dunia ini telah menampilkan berbagai produk menarik yang kian berkembang.

Bahkan ajang kali ini menjadi ajang pamer produk premium terbaru yang cukup berkesan seperti Samsung Galaxy S9 dan S9+. Tidak hanya Samsung, produsen seperti Sony, LG, Nokia, Huawei dan produsen lainnya juga menghadirkan produk baru yang kian mencuri perhatian.

Selain itu, ajang tahunan yang berlangsung di Barcelona ini, juga menghadirkan pengembangan tren sebelumnya seperti layar yang kian lebar dan sistem keamanan yang kian aman. Lalu apa saja yang terbaik dalam MWC 2018? Berikut ini data yang terbaik dalam MWC 2018 yang dirilis laman Phonearena.com.

Smartphone Terbaik

1. Samsung Galaxy S9 dan S9+

samsung galaxy s9 dan s9+
via phonearena.com

Dilepas dengan harga 9 jutaan, Samsung Galaxy S9 dan S9+ menjadi salah satu ponsel premium terbaik yang layak dibeli di tahun 2018 ini. Pasalnya, Samsung menghadirkan teknologi yang mumpuni dalam hal kamera dan mesin.

Samsung Galaxy S9 dan S9+ menggunakan layar panel Super AMOLED berukuran 5,8 inci dan 6,2 inci dengan resolusi Quad HD. Pada bagian mesin dipasangi Chipset Exynos 9810 disokong GPU Mali generasi terbaru dan RAM 4GB untuk S9 dan RAM 6GB untuk S9+.

Untuk varian lainnya, Samsung menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon 845. Pada bagian kamera, Samsung Galaxy Series ini akan menggunakan kamera dual 12 MP yang bisa diatur Aperture-nya.

Terdapat juga Optical Image Stabilization dan dual Pixel PDAF sensor yang membuat hasil foto dan video lebih jelas dan tidak goyang. Sayangnya, Samsung hanya memberikan single LED saja untuk penerangan kamera di malam hari. Untuk bagian kamera depan, Samsung Galaxy S9 akan menggunakan kamera 8 MP.

Hal berbeda justru dihadirkan Samsung pada seri S9+. Kamera pada ponsel premium terbaru ini menggunakan teknologi mirip seri Samsung Galaxy Note 8 yakni OIS dan Dual Pixel AF sensor. Kedua smartphone terbaru juga mampu merekam video 4K hingga video slow motion dengan apik.

2. Nokia 7 Plus

nokia 7 plus
via techadvisor.com

Nokia menghadirkan kejutan dengan menghadirkan Nokia 8 Sirocco dan Nokia 7 Plus. Varian Nokia 7 Plus bahkan menjadi smartphone Nokia pertama yang menggunakan layar 18:9 dan chipset Qualcomm Snapdragon 660.

Untuk layar, Nokia 7 Plus menggunakan layar berukuran 6 inci dengan resolusi 2160 x 1080 pixels. Smartphone Android ini kian nyaman digunakan karena bodinya dibuat khusus dan di cat dengan 6 lapisan.

Untuk mendukung kinerja chpset Snapdragon 660, Nokia 7 Plus juga disokong oleh RAM 4GB. Guna memuaskan penyimpanan data, ponsel Android terbaru ini akan dilengkapi memori 64GB.

Pada bagian kamera, ponsel Nokia MWC 2018 ini menggunakan dual kamera 12 MP dengan sensor piksel baru. Untuk kamera depan, Nokia memasang kamera 5 MP dengan lensa wide angle.

3. Sony Xperia XZ2 dan XZ2 Compact

Sony Xperia XZ2 dan XZ2 Compact
via ytimg.com

Sony juga menghadirkan smartphone premium terbaru yakni Sony Xperia XZ2 dan XZ2 Compact. Smartphone ini hadir dengan desain segar dan berbeda dibanding seri Xperia sebelumnya.

Ubahan tidak hanya nampak dari desain, Smartphone Sony terbaru ini menggunakan layar lebar 18:9. Untuk seri Xperia XZ2 berlayar 5,7 inci dan Xperia XZ2 Compact berlayar 5 inci dengan resolusi Full HD+ dan support HDR.

Sony Xperia XZ2 dan XZ2 Compact menggunakan mesin yang sama. Kedua smartphone premium ini menggunakan Qualcomm Snapdragon 845. Chipset ini akan dibekali dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Pada bagian kamera, Sony Xperia XZ2 series ini akan menggunakan kamera utama 19 MP. Kamera utama ini akan dilengkapi dengan Motion Eye, Sensor Sony IMX400, 5 Axis Stabilization, PDAF dan LED Flash baru.

Beda dengan generasi Xperia sebelumnya, Sony menggunakan kolaborasi antara Software Snapdragon 845 ISP dan prosesor BIONZ. Hal ini membuat kamera ponsel Sony terbaru ini mampu menghasilkan warna yang lebih detail dan cocok untuk kondisi low light.

Tablet Terbaik

Huawei MediaPad M5

Huawei MediaPad M5
via slashgear.com

Tidak banyak produsen yang menghadirkan tablet baru di tahun 2018 ini. Walaupun demikian, Huawei tetap konsisten menghadirkan varian tablet dengan spek mumpuni. Seperti dalam seri Huawei MediaPad M5.

Tablet Android ini menggunakan layar 8,4 inci dengan resolusi 2560 x 1600 pixels. Pada bagian mesin, tablet 4G LTE ini dilengkapi chipset HiSilicon Kirin 960s dengan RAM 4GB. Pada bagian kamera, Huawei memasang kamera 13 MP dan 8 MP untuk selfie.

Teknologi terbaik

Vivo Apex

vivo apex
via 9to5google.com

Vivo Apex merupakan sebuah ponsel prototype yang hadir dengan sensor fingerprint di layar serta kamera depan terbaru. Dalam ponsel layar lebar ini, Vivo menghadirkan sensor pada seluruh layar, sehingga pengguna bisa membuka ponsel dengan sidik jadi dimanapun di area layar.

Sayangnya dibalik kesuksesan beberapa produk dan teknologi baru yang dihadirkan dalam MWC 2018, ternyata masih ada hal buruk dalam pameran ini. Hal yang paling mengecewakan ialah masih banyaknya produsen yang meniru desain dan teknologi iPhone X.

Meskipun begitu, nyatanya kemajuan teknologi merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindari. Walaupun dianggap menjiplak, para produsen telah melakukan sejumlah pengembangan sehingga membuat perangkat mereka lebih baik dari para pesaing.

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts