Mau Modifikasi Cafe Racer, Kenali Dulu Tipe-tipe Motornya

Oleh Imam Ali updated Senin, 19 Agu 2019 | 12:57

motor cafe racer

Motor jenis Cafe Racer sudah menjadi suatu trend di-era ini. Bisa dilihat dari komunitas Cafe Racer – Indonesia di Facebook yang anggotanya sudah mencapai hampir 43 ribu. Dari angka tersebut terlihat betapa besar animo masyarakat pecinta motor bergaya klasik satu ini.

Aspek yang membuat hal tersebut muncul adalah dari performa motor itu sendiri yang bertenaga. Tak lupa juga tampilan motor yang unik, yang dapat membawa sang pengguna bernostalgia ke awal tahun 50an, saat motor ini sedang jaya-jayanya. Namun, bukan hanya dari faktor-faktor itu saja, kecintaan terhadap Cafe Racer sering muncul dari ketekunan dalam ‘membangun’ atau memodifikasi dari nol. Modifikasi biasanya dilakukan untuk motor yang dasarnya memiliki rangka seperti Café Racer dan tak jarang juga para pecinta motor klasik membeli tipe pabrikan atau kustom.

Entah itu melalui modifikasi atau membeli motor pabrikan dan kustom, motor-motor Cafe Racer terbaik dijenisnya ada di sini. Jadi, untuk Anda yang mungkin saja sedang mempertimbangkan beralih ke aliran satu ini dapat mengetahui lebih dalam lagi.

Modifikasi Motor

motor cafe racer
Modifikasi disini bukan berarti hanya menambahkan spare part saja, namun seutuhnya merubah bentuk asli motor. Dengan melakukan modifikasi motor Anda bisa menimbang bagian mana saja yang perlu dirubah secara bertahap. Seperti halnya bagian kerangka mesin, velg, ban motor, jok motor, maupun stang.

Namun, di dalam dunia modifikasi Anda harus terlebih dahulu mengenal bengkel-bengkel rekomendasi yang khusus memodifikasi motor Cafe Racer agar dapat menjalin kemistri dengan bengkel dan montirnya. Jika Anda ragu untuk melakukan hal tersebut, Anda bisa mulai dengan kumpul bareng dengan komunitas-komunitas Cafe Racer yang ada di daerah Anda. Dari sana Anda bisa mendapatkan pengetahuan lebih dari sahabat-sahabat yang sudah berkecimpung lebih awal.

Tipe-tipe Motor yang Cocok untuk Cafe Racer

Jika masih juga ragu dan malu melakukan hal-hal diatas, Anda tak perlu takut karena kami akan membagikan tips yang pastinya berguna jika ingin memulai dari nol. Kami berikan beberapa tipe motor yang cocok untuk dimodifikasi menjadi Cafe Racer dan terjangkau dalam segi harga.

Honda

Honda cb250Honda CB250 cafe racer (image via http://silodrome.com) 

Honda menjadi salah satu pabrikan yang memproduksi banyak motor yang dapat dimodif menjadi Cafe Racer, antara lain:

Honda CB250

Tipe CB250 ini menjadi yang terfavorit dari saudara-saudaranya dengan bentuk yang sangat menyerupai Café Racer angkatan pertama. Ditambah dengan fakta bahwa motor ini sudah tidak memiliki keluaran baru menjadikannya sebagai motor klasik yang sangat cocok untuk dipoles menjadi tunggangan gagah dan bertenaga ala Café Racer.

Honda CB650

Patut untuk dipertimbangkan meskipun harganya yang cukup mahal, CB650 adalah yang tergagah dari tipe Honda CB. Menjadikannya sangat berharga sekaligus ideal untuk dimodif menjadi Café Racer.

Honda S90

Yang satu ini adalah motor jantan tertua tua produksi Honda. Menyandang julukan tersebut malah membuat harga bekasnya cukup terjangkau, jadi Anda tidak perlu pusing memikirkan budget. Hasilnya pun tidak bisa diremehkan begitu saja, kerangka unik bawaan dari S90 menjadi nilai lebih untuk dijadikan Café Racer.

Honda TigerHonda Tiger cafe racer (image via malamadremotorcycles.com)

Honda GL100

Lahir ditahun 1979, motor ini adalah penerus dari tipe Honda CB. Jadi, tidak jarang motor ini dijadikan Café Racer secara pendahulunya sangat cocok untuk disulap menajadi salah satu basis Café Racer terbaik.

Honda MegaPro

Motor keluaran tahun 99 yang masih dikembangkan hingga menjadi full-injection sampai tahun 2014 kemarin. Direkomendasikan untuk menggunakan MegaPro keluaran sebelum 2008 karena belum tersentuh sistem injeksi yang bisa menambah ongkos modifmu.

Honda Tiger

Dengan tenaga 200cc, motor ini besar dan bertenaga. Tenaga yang dihasilkan sangat diidam-idamkan untuk para pengendara yang hobi memacu adrenalin dan body yang besar dan berat bisa disulap menjadi minimalis seperti halnya motor-motor Café Racer yang lain, membuatnya lebih mudah bermanuever di jalan yang padat.

Honda Supra 2005

Menunjukan bahwa bukan cuma motor laki saja yang bisa diubah menjadi Café Racer, tapi tentu saja harus merogoh kocek yang lebih dalam dengan penambahan kerangka mesin dan tangki bensin yang tidak dimiliki oleh semua jenis motor Supra. 

2. Suzuki

Suzuki Thunder 250Suzuki Thunder 250 cafe racer (image via malamadremotorcycles.com)

Terdapat 3 motor yang paling populer untuk dijadikan Cafe Racer, diantaranya:

Suzuki A100

Bisa dibilang A100 adalah kembarannya S90. Memiliki tipe body yang sama dan juga harga yang cukup terjangkau, motor ini memiliki kelebihan di dalam bodynya yang sangat unik untuk dirubah menjadi Café Racer.

Suzuki Thunder 125

Kekurangan dari motor ini adalah tenaganya yang terbilang cukup rendah. Jadi, tak perlu berharap besar untuk performa yang mumpuni di jalanan. Tapi, base dan harga motor ini sangat bagus untuk Anda yang memiliki anggaran pas-pasan.

Suzuki Thunder 250

Seperti halnya MegaPro, motor ini sangat pas untuk dijadikan Café Racer. Ditambah lagi body yang tidak terlalu berat, membuatnya mampu terlihat gahar di jalanan dengan balutan Café Racer. Tapi sayang, motor bekas Thunder 250 cukup sulit untuk ditemui dengan harga yang murah.

3. Yamaha

Yamaha Scorpio 225 Yamaha Scorpio 225 cafe racer (image via studiomotor.com)

Pabrikan Jepang satu ini pun tak mau kalah dengan para pesaingnya dengan memiliki beberapa motor yang juga bisa dimodif.

Yamaha RX Twin 125

Cukup beresiko untuk memodif motor satu ini karena tipenya yang memang sudah cukup langka, terutama bentuk dan pola tangki yang dimilikinya. Tapi, selama Anda memiliki budget dan bengkel yang mumpuni tidak akan jadi masalah.

Yamaha RX King

Ini jagoan motor klasik dari Yamaha. Motor yang sering dihubung-hubungkan dengan ‘motor penjahat’ ini cocok juga untuk dimodif menjadi Café Racer.

Yamaha Scorpio 225

Dari semua motor pabrikan Yamaha, Scorpio 225 memiliki faktor-faktor yang sangat mendukung untuk dijadikan motor Café Racer. Pasalnya, body dan performa mesin yang mumpuni dengan kebutuhan Café Racer dan tak lepas pula jumlahnya yang terbilang cukup banyak membuatnya menjadi pilihan tepat untuk kondisi dana yang mepet.

4. Kawasaki

Kawasaki ninja 250Kawasaki Ninja 250 cafe racer (image via bikebound.com)

Terakhir dari Kawasaki, walaupun terkenal dengan produksi motor-motor sportnya ternyata ada satu jenis yang dapat dimodif menjadi Café Racer.

Kawasaki Ninja 250R

Motor sport satu ini bisa disulap menjadi Café Racer dengan performa yang mumpuni. Tarikan yang bertenaga dan body jenis full fairing yang kokoh mebuatnya menjadi salah satu keunikan tersendiri karena mencampur dua unsur, sport dan klasik.

Tertarik Untuk Beralih?

Dari deretan tipe-tipe motor yang populer dan sangat pas untuk dimodif menjadi motor Café Racer, apakah ada salah satu yang mencuri hati Anda? 250

Artikel Terkait

Komentar