Diperbaharui pada Rabu, 14 Februari 2018 | 10:15

Bocoran Sistem Android P Muncul dengan Ubahan Ala iOS

Google dan Apple memang konsisten dalam pertarungan sistem operasi beberapa tahun ini. Sistem operasi Android dan iOS bahkan terus menghadirkan teknologi unggulan masing-masing agar menarik perhatian para pengguna gadget di seluruh dunia.

Khusus untuk Google, menariknya meski pengguna perangkat Android di dunia sudah cukup banyak, Google dikabarkan masih tertarik untuk menambah para pengguna setianya. Bahkan baru-baru ini, muncul bocoran sistem Android terbaru, Android P yang kabarnya menghadirkan desain dan fitur baru guna menarik para pengguna smartphone iOS untuk beralih sistem. 

Kemunculan bocoran Android P sendiri memang masih cukup lama. Pasalnya, tahun 2017 lalu, Google sudah memperkenalkan OS Android 8.0 Oreo yang kini mulai banyak diadopsi pengguna Android di seluruh dunia.

Namun, sepertinya pengembangan sistem Android P sudah dimulai oleh Google mulai awal tahun 2018 ini. Apalagi, baru-baru ini muncul nama kode “Pistachio Ice Cream” yang kabarnya merupakan kode untuk OS Android 9.0.

Sistem Android P sendiri kabarnya akan menjadi update sistem Android terbesar yang akan dihadirkan Google. Hal ini terjadi karena Google akan meningkatkan desain sistem operasi ini untuk menarik pada pengguna sistem operasi lainnya, khususnya pada pengguna iOS iPhone.

Desain terbaru Android 9.0 ini bahkan diklaim akan membuat banyak pengguna iOS untuk beralih menggunakan Android. Dalam sumber di dalam Google, Android P akan mengalami perubahan visual yang cukup banyak.

Perubahan ini diklaim membuat perangkat lebih atraktif dan lebih halus saat digunakan. Tidak hanya itu, tampilan Android terbaru ini juga akan lebih minimalis untuk lebih mendekati para pengguna iOS. Menariknya, Android P akan support Notch atau bagian dagu iPhone.

Seperti yang diketahui beberapa bulan ini banyak produsen gadget yang menghadirkan bagian Notch iPhone X pada smartphone Android agar tampilan layar bisa lebih luas dan minimalis.

Laporan terbaru lainnya juga menyebutkan bahwa Google juga akan mengembangkan Google Assistant lebih optimal dalam Android 9.0 ini. Google sedang mempertimbangkan agar Google Assistant ini bisa terkoneksi pula oleh aplikasi Android lainnya.

Sistem Android P kabarnya juga akan support untuk desain smartphone baru yang unik, seperti smartphone dengan dual layar hingga smartphone dengan layar lipat dan layar fleksibel. Apalagi beberapa produsen sudah menghadirkan smartphone dengan desain unik seperti ZTE Axon M atau Samsung Galaxy Foldable.

Untuk urusan performa, sistem Android 9.0 kabarnya akan menghadirkan performa 25% lebih baik dari Android Oreo. Untuk urusan baterai, sistem Android terbaru ini akan lebih hemat daya. Semua langkah ini memang mirip dengan yang dilakukan Apple pada iOS terbaru.

Kabarnya Google akan merilis sistem Android 9.0 P ini pada Mei mendatang. Kita tunggu saja.

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts