Diperbaharui pada Kamis, 8 Februari 2018 | 16:44

Face ID Kabarnya Akan Digunakan di Semua iPhone 2018

Sudah menjadi tradisi bahwa Apple menghadirkan smartphone baru setiap musim gugur. Bahkan kini sudah terdengar rumor mengenai produk-produk iPhone 2018 meski musim gugur masih lama.

Menariknya ada laporan baru dari Korea Selatan yang menyebutkan bahkan semua iPhone terbaru yang dirilis tahun 2018 ini akan menggunakan fitur Face ID. Fitur Face ID sendiri sudah diperkenalkan Apple pada varian iPhone X tahun lalu. Artinya iPhone 9 akan juga mendapat fitur Facial Recognition.

Face ID merupakan salah satu fitur penting yang dihadirkan Apple dalam iPhone X. Dalam fitur ini terdapat sistem kamera yang kompleks pada area depan, bagian yang mirip poni inilah yang menjadi kekuatan dari fitur Face ID Apple.

Jika laporan dari Korea Selatan ini akurat, bisa jadi iPhone 9 akan menggunakan desain layar yang mirip dengan seri iPhone X. Padahal beberapa waktu lalu, Apple telah mempertimbangkan untuk merubah desain poni pada iPhone X ini. Menariknya muncul laporan lainnya yang menyebutkan bahwa iPhone X 2018 akan menggunakan desain poni yang lebih kecil dari seri sebelumnya. Padahal desain poni ini sudah mendapat kritikan tajam dari berbagai pengguna dan pengamat ponsel dunia. Pasalnya desain poni ini dianggap aneh dan merusak penampilan dari iPhone X.


Namun, dengan kabar yang menyebutkan bahwa iPhone 2018 akan menggunakan Face ID, Apple akan mengembangkan sistem kamera TrueDepth yang lebih komplek untuk memaksimalkan Face ID pada iPhone 9. Bisa jadi Apple akan menghadirkan desain poni yang berbeda pada layar iPhone terbaru. Pasalnya, bagian ini hanya akan dilengkapi oeh kamera depan dan sistem algoritma baru untuk Face ID. Sayangnya, hingga kini Apple tidak memberi pernyataan apapun setelah rumor Face ID untuk semua iPhone 2018 ini.

Sebelumnya, Ming Chi Kuo selalu analis gadget kenamaan melaporkan detail nota strategi Apple di tahun 2018 ini. Dalam bocoran strategi ini, terkuak  bahwa Apple tidak akan lagi menggunakan chipset Qualcomm sebagai modem jaringan pada tiga buah iPhone terbaru di tahun 2018 ini. Sebagai gantinya, Apple akan menggunakan modem Intel.

iPhone 9 dan iPhone Xs juga akan menggunakan fitur Gigabit LTE dengan dukungan slot dual sim standby. Fitur LTE ini akan menggunakan modem Intel terbaru. Sayangnya, untuk varian iPhone 9 dual sim hanya akan hadir di beberapa negara Asia saja.

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts