Diperbaharui pada Selasa, 6 Februari 2018 | 12:00

Bocoran Huawei P20, P20 Plus dan P20 Lite Terkuak, Apa Perbedaannya?


Foto bocoran P20 via Forbes

Beberapa minggu ini Huawei dirumorkan siap melepas ponsel premium Huawei P20 dengan tiga buah kamera belakang sekaligus. Menariknya P20 tidak hanya hadir dalam satu tipe, baru-baru ini muncul kabar bahwa Huawei akan menghadirkan Huawei P20 dalam 3 versi termasuk seri Plus dan Lite.

Sayangnya versi Lite dan Plus ini tidak akan menggunakan sektor kamera yang sama dengan seri P20 asli. Seperti yang tampak dalam bocoran gambar yang muncul baru-baru ini. Gambar yang diduga sebagai prototype seri P20 ini menegaskan bahwa smartphone premium ini akan menggunakan 3 kamera belakang yang disusun secara vertikal.

Kamera ini akan dilengkapi fitur dual LED Flash dan fitur laser focus. Sedangkan untuk versi Plus dan Lite kabarnya hanya akan menggunakan fitur dual kamera dengan desain horizontal dan hanya punya single LED.

Sayangnya, hingga kini Huawei belum mengkonfirmasi resmi mengenai kehadiran seri Plus dan Lite dalam seri P20 terbaru. Namun bisa dipastikan, ponsel terbaru Huawei ini akan hadir dengan perbedaan desain, perbedaan kamera, dan tentu saja perbedaan mesin.

Menariknya untuk seri Plus, gambar prototype ponsel Huawei ini memperlihatkan desain kamera yang mewah. Pada bagian depan Huawei P20 Plus akan mengusung top bezel yang mirip dengan iPhone X.

huawei p20 plus lite
Huawei P20 Plus/Lite via phonearena.com

Hal ini kian memperkuat informasi bahwa seri Plus ini akan menggunakan desain layar lebar dengan bezel tipis. Tidak lupa, seri Plus ini akan dilengkapi fitur 3D Face Recognition system yang mirip dengan fitur buatan Apple.

Kabarnya fitur 3D unlock Face Recognition ini akan digunakan pula ke beberapa ponsel Huawei yang dirilis tahun 2018 ini. Bagian yang mirip iPhone X pada Huawei P20 akan menggunakan fitur depth camera dan dot projector.

Sedangkan untuk smartphone Huawei yang berharga lebih murah akan dilengkapi fitur 2D Face Recognition mirip dengan fitur Samsung. Namun sepertinya kita harus bersabar dan menunggu kebenaran kabar mengenai fitur-fitur yang ada dalam seri Huawei P20.

Selain bocoran prototype, muncul juga bocoran casing yang diduga milik Huawei P20. Dalam case ini tampak adanya 3 tombol di sisi samping yang diduga sebagai tombol volume dan tombol power. Dalam case ini tidak ada penampakan lubang sensor sidik jari.

Sehingga diduga sensor pada Huawei P20 akan ditempatkan di bagian depan. Sedangkan untuk seri P20 Lite akan menggunakan sensor sidik jari di bagian belakang. Huawei kabarnya akan merilis Huawei P20, P20 Plus, dan P20 Lite pada bulan Maret mendatang, bukan di MWC 2018. Kita tunggu saja.

Baca juga artikel:

Gara-gara Samsung, Huawei dan LG Tidak Rilis HP Flagships pada MWC 2018

Huawei Matebook D 2018 Dirilis dengan Intel Generasi 8

Huawei Enjoy 7s Dirilis Bawa Dual Kamera dan Sistem Android Oreo

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts