iPhone SE2 Siap Dirilis dengan Layar 4 Inci dan Bodi Lapis Kaca

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 31 Jan 2018 | 10:34

Apple memang sukses menghadirkan varian iPhone layar besar dalam seri iPhone 8 series. Namun, untuk kelas smartphone compact, Apple tidak memiliki varian unggulan setelah sebelumnya sukses dengan varian iPhone SE pada 2016 silam.

Varian iPhone SE sendiri hadir dengan layar 4 inci untuk menemani varian iPhone 5 dan iPhone 5s. Menyadari adanya kekosongan di kelas smartphone layar kecil, Apple kabarnya siap menghadirkan penerus seri iPhone SE di India. Menariknya, sebuah laporan menyebutkan Apple siap menghadirkan iPhone SE2 pada kuartal kedua pada tahun 2018 mendatang.

Dalam bocoran terbaru disebutkan bahwa iPhone SE2 akan menggunakan layar 4 inci. Walau hanya 4inci, layar ini berteknologi tinggi sehingga nyaman digunakan. Kabar lainnya menyebutkan bahwa iPhone terbaru ini akan menggunakan bodi belakang dengan lapisan kaca mirip dengan seri iPhone 8, iPhone 8 plus dan iPhone X.

Rumor hadirnya iPhone SE2 ini kian diperkuat dengan munculnya informasi mengenai adanya permintaan komponen iPhone baru yang lebih compact dari varian iPhone yang ada di pasaran. Dalam informasi tersebut, iPhone terbaru ini akan menggunakan bodi yang lebih mewah yang sayangnya tanpa fitur 3D Depth Sensing Face ID yang ada pada iPhone X. Smartphone iOS ini akan mulai diproduksi pada kuartal kedua dan diperkirakan dirilis pada bulan Mei atau Juni 2018 mendatang.

iPhone SE

Sayangnya belum ada kejelasan mengenai layar 4 inci yang digunakan. Apakah akan sama dengan layar 4 inci pada iPhone SE generasi pertama? Pasalnya bocoran menyebutkan bahwa layar iPhone SE2 akan menggunakan teknologi baru yang akan menutupi kekurangan layar 4inci ini.

Pada bulan Agustus 2017 silam sempat muncul laporan bahwa iPhone SE terbaru akan menggunakan chipset A10 dengan dukungan RAM 2GB dan memori internal 32GB. Pada bagian baterai, iPhone SE2 ini akan menggunakan baterai lebih besar 1700 mAh.

Untuk perakitan sendiri, iPhone terbaru akan dirakit pada sebuah pabrik baru di Bengaluru, India. Ini meneruskan tradisi sebelumnya dimana iPhone SE dirakit di India untuk menekan biaya produksi dan memudahkan dalam mendapat bahan baku.

Kehadiran iPhone SE2 ini diprediksi akan menjadi pesaing tangguh pada segmen smartphone Android kelas menengah. Pasalnya, hingga kini Apple memang tidak memiliki varian untuk bersaing di pasar smartphone kelas menengah yang didominasi oleh para produsen asal China.

Kriteria Spesifikasi
4G Network TD-LTE 2300(band 40) FD-LTE 1800(band 3)
Ukuran Layar 6.1 inch
OS Version v10
Detail Prosesor A10 Fusion
Jumlah Core -
Kecepatan CPU -
GPU PowerVR GT7600 Plus
RAM 2 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 12 MP
Resolusi Kamera Depan 1 1.2 MP
Kapasitas Baterai 1750 mAh

Baca juga artikel:

Apple iPhone Xs/Plus Terkuak dengan Baterai Jumbo Buatan LG

Waduh, Apple Berencana Hapus iPhone X Dalam Jajaran Produk 2018

Layar iPhone X Jadi Layar Hp Terbaik Versi Displaymate

Artikel Terkait

Komentar

Halaman Terkait