Samsung The Wall, TV Layar Lebar 146 Inci Berteknologi MicroLED

Oleh Aris Wibowo updated Selasa, 9 Jan 2018 | 12:40

Samsung The Wall
Samsung The Wall merupakan TV Modular MicroLED pertama di dunia dengan ukuran layar 146 inci. Perangkat ini akan menjadi gambaran TV di  masa depan, di mana TV Samsung The Wall ini bisa diubah ke berbagai ukuran layar dan mampu menampilkan kecerahan, gamut warna dan detail warna dengan apik.

Diperkenalkan pada ajang CES 2018 yang menjadi produk tv layar lebar berukuran 146 inci. Samsung The Wall merupakan sebuah TV dengan layar modular MicroLED. Alhasil TV Samsung ini diklaim mampu menampilkan gambar dan video yang jelas meski ditonton dari jarak jauh atau dekat sekalipun. Teknologi MicroLED ini kabarnya akan menjadi teknologi TV dan layar di masa depan.

Menurut Samsung, TV layar lebar ini dibekali desain modular dan bezel less sehingga bisa dibongkar pasang menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Pengguna bisa mengatur besaran layar TB yang dibutuhkan sesuai tempat yang tersedia. Layarnya juga bisa diadaptasikan ke dalam berbagai tujuan misalnya untuk menonton TV biasa atau untuk papan iklan.

Samsung the wallModul MicroLED (kanan) lebih kecil dibanding modul LED konvensional (kiri)

Sekadar informasi tambahan. Teknologi layar MicroLED merupakan hasil pengembangan dari teknologi LED. Perbedaan yang tampak adalah teknologi terbaru MicroLED ini adalah sudah menggunakan material organik, berbeda dengan layar OLED yang masih menggunakan material anorganik.

Hal ini membuat  produk TV ini diklaim menjadi lebih sehat dan lebih mudah dihancurkan bila sudah tidak terpakai. Hal yang luar biasa dalam The Wall buatan Samsung ialah panel ini diklaim lebih tipis dari produk sejenisnya. Hal ini membuat teknologi MicroLED bisa digunakan di perangkat yang ukurannya jauh kecil seperti wearable devices di tahun 2018 ini.

Hingga kini Samsung belum mengkonfirmasi mengenai harga dan persediaan dari teknologi MicroLED ini dan juga harga dan persediaan dari The Wall. Namun kabar terbaru menyebutkan bahwa Samsung akan membuat even khusus untuk memperkenalkan produk TV ini pada Maret 2018 mendatang.

Baca juga artikel :

Ukuran TV yang Ideal untuk Aneka Ruangan

Jarak Aman Nonton TV Agar Mata Tetap Sehat dan Segar

Cara Memilih TV yang Bagus, Awet dan Berkualitas

Artikel Lainnya

Komentar