Intip Keunggulan Kamera Fujifilm X-E3

Oleh Wiro updated Senin, 30 Okt 2017 | 11:00

Image via TechnoBug

Fujifilm X-E3 adalah kamera tanpa ruang cermin yang mengadopsi jenis sensor APS-C dan berada tingkat menengah untuk resolusi foto 24MP, tak hanya itu, kamera ini juga dirancang sebagai penerus Fujifilm X-T20.

Dalam hal perangkat keras dan spesifikasi internal X-E3 lebih bergantung pada panel sentuh untuk pengoperasian saat ini, hampir semua menu dioperasikan melalui layar belakang kamera. Meski bukan menjadi keunggulan kamera Fujifilm X-E3 namun pengoperasian layar sentuh penuh dimaksudkan untuk mempermudah pengguna ketika mengoperasikan.

Dari sisi desain, X-E3 ternyata memang dibuat lebih kecil ketimbang XE series sebelumnya, Fujifilm X-E3 dibuat tanpa navigasi dan flash built ini yang biasa tersedia di bagian belakang, hilangnya bagian ini tentu membuat ukuran dimensi body terlihat lebih ramping dan sudah jelas lebih ringan.

Berikut adalah fitur utama sebagai keunggulan dari kamera Fujifilm X-E3:

Sensor APS-C 24MP dengan filter warna X-Trans

Dengan menggunakan fasilitas filter warna dari sensor X-Trans maka resolusi 24MP untuk foto akan lebih bervariasi karena Fujifilm memiliki filter warna yang cukup baik didukung sensor yang dibuat oleh pabrikan sendiri. Artinya filter warna yang dibenamkan sudah disesuaikan dengan sensor yang dimiliki.

Pelacakan AF yang Ditingkatkan

Fitur yang juga tak kalah penting adalah AF tracking, untuk memotret objek yang bergerak serta landscape maka teknologi ini cukup diperlukan dan keunggulan Fujifilm X-E3 dengan peningkatan AF tracking menjadi hal yang cukup memuaskan.

Wi-Fi dengan Bluetooth untuk Koneksi Konstan ke Smartphone

Kemampuan pairing dengan smartphone untuk melakukan trasfer gambar atau data tentu menjadi keunggulan yang juga tak bisa dianggap enteng karena tidak semua kamera mirrorless yang hadir di 2017 ini memiliki fitur tersebut. X-E3 Fujifilm memiliki fitur tersebut.

Shutter Speed dan Exposure Comp Dials

Berbeda dengan beberapa kamera sebelumnya yang pengaturan kecepatan rana dan pemaparan dibuat dengan tombol terpisah, untuk XE3 keduanya dijadikan lebih simpel dan mudah dioperasikan.

Twin Clickable Command Dial

Ini juga yang menjadi keunggulan kamera Fujifilm XE3, pengaturan beberapa fitur bisa dieksekusi hanya dengan melakukan klik pada layar bagian belakang, mirip ketika menggunakan ponsel pintar.

AF Joystick

Ini yang menjadi pembeda dengan kamera lain, Fujifilm XE3 memiliki layanan AF dengan tuas berupa joystick guna mempermudah fokus ketika dibutuhkan perubahan fokus Manual atau Auto dengan cepat.

4K (UHD) video

Keunggulan kamera Fujifilm pada perekaman video adalah mampu merekam dalam format 4K pada kesepatas frame 30fps, 25fps, 24fps dan 23.97p.

Pengisian Daya Via USB

Pengisian daya Fujifilm XE3 ketika habis maka bisa dengan mudah karena port pengisian berbentuk USB sehingga bisa diisi menggunakan powerbank, laptop, atau sumber daya listrik lainnya yang bisa dihubungkan melalui kabel USB.

Seperti telah disingung sebelumnya bahwa touchscreen yang diadopsi Fujifilm X-E3 sangat canggih karena bisa hanya dengan gesekan jari secara manual menggantikan peran pengontrol empat arah yang biasa menggunakan tombol. Tak hanya itu, cubitan jari pada layar juga bisa difungsikan untuk memperbesar tampilan gambar sebagai pengganti navigasi empat arah.

Pada X-E3, Fujifilm juga telah memperbaiki algoritma Pelacakan AF sehingga dapat melacak subjek yang lebih kecil dan lebih cepat. Fujifilm mengklaim bahwa algoritma yang dimiliki XE3 telah disempurnakan. Dan dalam waktu dekat beberap tipe seperti X-T2, X-T20, X100F dan X-Pro2 akan dilengkapi update fimrware pada bulan November dan Desember 2017.

Dengan beberapa fitur utama tersebut diharapakn sederet keunggulan kamera Fujifilm X-E3 ini dapat memuaskan para penyuka kamera Fuji yang ingin merasakan navigasi layar sentuh. Untuk harga, body only dijual $899, sementara jika disertai lensa kit 18-55mm dihargai $1299.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity -
Frame Rate 14, 11, 8, 4, 3 fps
Lens Mount FUJIFILM X mount

Baca juga artikel:

Kamera Mirrorless Fujifilm dan 4 Brand Lain yang Dilengkapi Viewfinder Elektronik

5 Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik, Lihat Perbandingannya Disini

Kamera Fujifilm Instax Square SQ10 Bisa Hasilkan Gambar Analog dan Digital

Artikel Lainnya

Komentar