Kamera Video Canon EOS C200 Dirilis dengan Fitur Videografi Terbaik

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 27 Okt 2017 | 11:54

canon eos c200
image via cinema5d.com

Setelah cukup lama mengembangkan seri EOS untuk fotografi, menjelang akhir tahun 2017 ini, Canon akhirnya merilis sebuah kamera video baru bernama Canon EOS C200 ke pasar indonesia. Tentu ini merupakan kabar gembira bagi pecinta kamera kelas premium khusus merekam video.

Pasalnya kamera ini digadang-gadang hadir dengan teknologi terkini untuk membuat film pendek hingga film kelas layar lebar. Kamera ini merupakan versi pengembangan dari varian EOS Cinema yang merupakan kamera profesional untuk pada videographer.

Tidak heran, pengguna bisa menemukan berbagai fitur videografi baru dalam kamera ini. Canon bahkan sudah menghadirkan sensor baru dan teknologi Dual Pixel RAW yang memungkinkan pengolahan video yang kian cepat dan presisi.

Selain itu, kamera terbaru Canon ini juga hadir dengan fitur rekam video 4K yang kian detail. Dari sisi desain, kamera Canon EOS C200 ini mengusung desain yang cukup besar namun tetap nyaman digenggam.

Canon menghadirkan berbagai tombol untuk memudahkan pengaturan kamera. Di bagian atas, Canon menghadirkan monitor teknologi intelligent viewfinder II yang membuat bidikan lebih jelas. Selain itu, kamera ini sudah dibekali tahan air dan tahan debu berkat sokongan bodi material premium.

Menariknya, dalam seri terdapat dua versi yakni versi standar dengan LM V1 LCD monitor, LA-VI LCD Attacment, GR-V1 Camera grip dan HDU 2 Handle. Sedangkan untuk versi C200B hanya menghadirkan bodi kamera saja tanpa aksesoris apapun.

Pada bagian dapur pacu, Canon EOS C200 menggunakan sensor CMOS Full Frame dengan resolusi 8,85 MP. Sensor ini akan disokong prosesor gambar Dual DIGIC DV6 dan dilengkapi teknologi Digital Lens Optimizer. Teknologi ini membuat gambar lebih optimal dan hasil foto semakin lebih baik karena akan dikoreksi secara otomatis.

Kamera ini juga memiliki rentang ISO yang tinggi hingga 32000. Rentang ISO ini bisa dimaksimalkan hingga 102400. Dengan ISO yang tinggi kamera bisa menangkap gambar meski dalam keadaan minim cahaya.

Kamera DSLR premium ini dibekali bula teknologi Dual Pixel CMOS AF yang menghadirkan deteksi autofocus yang sangat cepat. Kamera ini bisa mengambil video dalam berbagai format dan telah didukung oleh sistem penyimpanan memori berjenis CompactFlash Type 1 yang cepat.

Kamera ini juga bisa digunakan untuk merekam video 4K. Kamera ini hanya mampu merekam dengan framerate 30fps. Meski demikian, kamera canon terbaru ini juga bisa merekam video full HD pada 60 fps. Bahkan kamera ini bisa merekam video HD pada 120 fps. Tentu fitur rekam kamera ini cukup baik untuk membuat video slow motion.

Tidak hanya merilis Seri EOS C200, Canon juga menghadirkan kamera Cinema Canon EOS C700. Ini merupakan kamera pertama dari seri EOS yang mendukung lensa anamorphic. Lensa ini memungkinkan perekaman dengan kompresi dan efek blur yang unik.

Alhasil, gambar yang dihasilkan bisa mencapai aspek ratio 2.39 : 1 yang menjadi ciri khas produksi sinema. Kabarnya kamera video Canon EOS C200 akan dipasarkan dengan harga 130 jutaan. Sedangkan untuk EOS C700 dipasarkan seharga 480 jutaan.

Artikel baca juga:

Canon EOS 200D, Kamera DSLR Mini Resmi Masuk Indonesia

Berbagai Pilihan Lensa Terbaik untuk Canon

Canon 1300D vs Nikon D3300, Dua Kamera DSLR Untuk Pemula

Artikel Lainnya

Komentar