Diperbaharui pada Senin, 9 Oktober 2017 | 16:34

Instagram Stories Kini Bisa Terhubung ke Facebook Stories

Image via SocialSamosa

Saat Instagram merilis fitur Stories, banyak pengguna beranggapan bahwa fitur tersebut menjiplak Snapchat. Namun, Instagram Stories dinilai berhasil mengejar ketinggalan, hadirkan banyak fitur baru yang bahkan seringkali tidak disadari oleh penggunannya. Lewat keberhasilan Instagram Stories, lantas Facebook pun membuat fitur serupa di WhatsApp dan Facebook.

Kendati demikian, layanan serupa yang ada di Facebook masih kalah populer ketimbang Instagram Stories. Untuk mengatasi hal tersebut, Facebook pun membuat fitur migrasi dari Instagram Stories ke Facebook Stories.

Dengan adanya fitur ini, kamu bisa menggunggah Stories dari layanan Instagram ke Facebook secara otomatis, tanpa perlu save foto dan upload secara manual. Namun, layanan ini belum bisa dilakukan sebaliknya, kamu tidak bisa mengintegrasikan Facebook Stories ke Instagram Stories.

Perlu kamu ketahui, layanan baru ini pertama kali melewati pengujian di Portugal pada bulan September lalu. Saat ini, layanan tersebut rilis secara resmi, bisa digunakan untuk pengguna Instagram yang berada di Amerika Serikat.

"Kamu sekarang memiliki pilihan untuk membagikan Instagram Stories ke Facebook Stories. Saat ini, kamui selalu bekerja untuk memudahkan kamu berbagi setiap momen dengan orang-orang terdekat," ujar Facebook melalui pernyataan resmi yang dikutip Ubergizmo.

Sejak dirilis secara global pada bulan Juli 2017 lalu, Facebook Stories memulai perjalanannya dengan kurang baik. Bahkan, Facebook sampai saat ini belum membagikan jumlah pengguna aktif layanan Facebook Stories, berbeda dengan Instagram Stories yang sudah dipakai oleh lebih dari 250 juta pengguna pada bulan Juni 2017.

Kekurangan ini dikarenakan Facebook Stories yang hanya dilengkapi fitur minim dan hanya bisa dipakai oleh pengguna personal dan tokoh masyarakat saja. Hal ini sangatlah berbeda dengan Instagram Stories yang bisa dipakai oleh semua orang, termasuk sejumlah brand sebagai sarana untuk mempromosikan produk. Tidak hanya itu, kualitas kamera pada Facebook Stories juga dinilai lebih buruk ketimbang kualitas kamera Instagram Stories.

Tidak hanya terintegrasi antara Facebook Stories dan Instagram Stories, diharapkan fitur serupa juga terintegrasi dengan layanan Facebook lainnya seperti WhatsApp atau Messenger. Dengan fitur terbaru dari Instagram Stories ini, kamu pun akan lebih praktis karena tak perlu membuat ulang Stories yang sama untuk diunggah ke masing-masing akun media sosial, hanya sekali klik dan share.

Nah, untuk pengguna di Indonesia, kapan layanan ini akan mulai tersedia? So, kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Facebook, ya!

Baca juga artikel:

Update Instagram Stories Hadirkan Fitur Polling Mirip Snapchat

8 Tips Memaksimalkan Instagram Stories

6 Cara Menambahkan Lagu ke Instagram Story di Hape Android dan iOS

Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts