Diperbaharui pada Kamis, 5 Oktober 2017 | 16:03

Duel Hp Layar 5.5 inch 2 jutaan, Vivo Y69 vs Motorola Moto M

Hp layar 5.5 inci masih menjadi perangkat yang paling banyak beredar di pasaran. Hampir semua vendor memiliki hp layar 5.5 inci dengan ragam fitur dan spesifikasi. Keuntungan layar 5.5 inci yaitu akan terasa ketika menikmati konten multimedia, karena layarnya lebih lebar. Apalagi konsumen juga masih banyak memburu hp layar 5.5 inci dengan harga yang terjangkau kantong. 

Dua diantaranya smartphone layar 5.5 inci adalah Vivo dan Motorola. Vivo menghadirkan produk Vivo Y69 yang memiliki sistem operasi update Android 7.1 Nougat hingga kamera selfie resolusi tinggi. Smartphone Vivo ini pun dilepas dengan harga yang cukup terjangkau yakni 2,9 juta saja.

Menariknya, di rentang harga yang sama, Motorola juga memiliki smartphone dengan spek yang tidak kalah canggih. Dalam varian Motorola Moto M misalnya, terdapat RAM yang lebih besar sehingga multitasking dapat  dilakukan dengan lancar. Tidak hanya itu, ponsel Android terbaru ini juga mengusung layar full HD yang lebih jelas.

Lalu, bagaimana jika kedua HP Android ini dibandingkan? Untuk kamu yang mencari ponsel harga 2 jutaan, simak komparasi antara Vivo Y69 dan Motorola Moto M berikut ini.

Spesifikasi Vivo Y69 vs Moto M

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai
Vivo Y69 RAM 3GB ROM 32GB Rp 2.335.000 5.5 inch - 7 3 GB 32 GB Mali-T860MP2 13 MP 3000 mAh
Motorola Moto M 3GB belum ada harga 5.5 inch MT6750 7 3 GB 32 GB Mali-T860MP2 16 MP 3000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Desain

Kedua ponsel kelas menengah ini hadir dengan desain yang sama berkelasnya, Baik Vivo maupun Motorola, keduanya menggunakan bodi metal yang solid. Produsen juga sudah menempatkan sensor sidik jadi pada bagian tombol home untuk Vivo Y69 serta pada bodi belakang dalam Moto M sehingga nyaman dijangkau.

Kedua HP Android terbaru ini juga memiliki dimensi yang tidak jauh berbeda. Vivo Y69 memiliki ukuran 154,6 x 75,7 x 7,7 mm dan berat 162 gram. Dimensi ini cukup ramping sehingga nyaman digunakan untuk keseharian. Sedangkan dalam Motorola Moto M memiliki ukuran 151,3 x 75,3 x 7,85 mm dan berat 163 gram. Desain ponsel Motorola terlihat lebih mewah dengan finisihing bodi metal yang lebih halus.

Layar

Kedua Hp Android ini sama-sama menggunakan layar berukuran 5,5 inci. Bedanya, Vivo Y69 hanya mendukung resolusi HD 1280 x 720 piksel. Berbeda dengan Motorola Moto M yang sanggup menampilkan video dan foto berkualitas lebih detail karena dipasangi resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel.

Kedua layar smartphone ini juga sudah menggunakan panel IPS. Vivo tampak unggul karena layar ponselnya dibekali teknologi 2.5D Glass dan Mode Eye Protection. Mode ini diklaim membuat mata penggunanya nyaman dan tidak mudah lelah kala menatap layar HP Vivo cukup lama.

Sistem Operasi

Image via AndroidingHow

Untuk tampilan antarmuka, masing-masing HP memiliki kelebihan tersendiri. Namun, Vivo Y69 tampak lebih unggul karena sudah mengusung OS Android 7.0 Nougat yang menawarkan fitur-fitur terbaru Android.

Sedangkan untuk pesaingnya, Motorola Moto M hanya menggunakan OS Android 6.0 Marshmallow. Meski termasuk sistem lama, sistem ini sudah cukup mumpuni untuk penggunaan harian saat ini. Apalagi, sistem hemat daya yang dihadirkan cukup baik dibanding sistem operasi lama.

Performa

Image via TechFrag

Menyasar pasar ponsel kelas menengah ke bawah, Vivo Y69 dibekali mesin yang berkualitas. Vivo memasang chipset Mediatek MT6750. Prosesor octa-core inii disokong RAM 3GB dan GPU Mali 860. Spesifikasi ini dirasa cukup memadai untuk penggunaan harian baik untuk multitasking maupun bermain game. Pada bagian penyimpanan data, Vivo menghadirkan memori internal 32 GB ditemani slot microSD.

Beralih ke Motorola Moto M. Smartphone 4G LTE ini mengusung mesin yang tampaknya sedikit lebih unggul. Lenovo memasang chipset Mediatek MT Helio P15. Prosesor octa-core 64-bit ini akan disokong RAM 4GB dan GPU Mali T860.

Spesifikasinya membuat ponsel bisa bekerja lebih cepat dan lancar saat bermain game. Untuk memori penyimpanan, Motorola memilih membekali smartphone dengan memori internal besar yakni 64GB ditemani slot microSD.

Penggunaan chipset yang berbeda tentu membuat performa kedua hape berbeda pula. Dari data di atas, tampak Motorola Moto M lebih handal untuk menjalankan aplikasi-aplikasi berat berkat RAM besar 4GB hingga chipset berkecepatan tinggi. Berbeda dengan Vivo Y69 yang masih menggunakan RAM 3GB.

Kamera

Pada bagian kamera, Vivo Y69 menggunakan sektor kamera khas ponsel Android kelas menengah. Vivo memasang kamera utama 13 MP LED Flash dan kamera depan 16 MP. Dengan harga yang ditawarkan, tentu hal ini terasa menarik. Apalagi kamera depan yang beresolusi tinggi cocok untuk selfie.

Sementara itu, Motorola Moto M memasang kamera yang tidak jauh berbeda. Motorola mengandalkan kamera utama 16 MP dengan LED Flash dan kamera depan 8 MP. Dengan kamera ini, kamu bisa memotret dengan lebih jelas. Untuk kamera depan pun, kamu bisa gunakan berselfie dengan baik.

Baterai

Vivo Y69 menggunakan baterai berkapasitas 3000 mAh non removable. Sedangkan Motorola moto M menggunakan baterai sebesar 3050 mAh. Walaupun memiliki baterai yang sama, Motorola unggul dengan fitur ultra power saving mode khas Android Marshmallow. Fitur ini mampu menghemat baterai smartphone dengan sangat baik.

Kesimpulan

Dilhat dari data-data di atas, masing-masing ponsel kelas menengah tersebut memilki kelebihan tersendiri. Untuk Vivo Y69 lebih menonjolkan fitur kamera depan dan sistem Android yang lebih update. Sedangkan Motorola Moto M dilengkapi layar full HD yang jelas dan dukungan chipset serta RAM untuk performa harian yang baik. Lalu mana yang hendak kamu pilih? Semua kembali ke kebutuhanmu.

Baca juga artikel:

Vivo Siapkan Ponsel Quad Camera dengan Sensor Fingerprint Baru

Hp Motorola yang Dapat Android Oreo, ini Daftar Lengkapnya!

Xiaomi Redmi Note 4 VS Wiko UPulse, Duel Hp Rp2 Jutaan Terbaik

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts