Diperbaharui pada Jumat, 14 Juli 2017 | 15:00

Kamera Mirrorless Terbaik Leica TL2, Ini Harga dan Spesifikasinya

Oleh Wiro


Leica kembali menghadirkan lineup terbaru kamera mirrorless terbaik dari TL series yang diberi label Leica TL2. 

Sebagai pembaharu dari Leica T dan TL series tentu saja ada beberapa hal yang menjadi kelebihan, diantaranya adalah kualitas gambar yang mampu lebioh baik di kelasnya, kemudian material kamera yang kebanyakan dibuat menggunakan logam alumunium agar lebih ringan, memiliki layar agak lebih besar yakni 3,7 inci, serta penelusuran menu yang ternyata bisa diatur layaknya ragam aplikasi pada smartphone.

Sebelum menyentuh masalah harga dari kamera Leica TL2, agaknya ranah dari spesifikasi kamera ini sengaja diulas pada bagian awal, dimana sensor yang dimiliki Leica TL2 adalah 24MP dengan rentang ISO hingga 50.000, artinya dengan angka seperti ini bisa dipastikan bahwa ketika mengambil gambar minim cahaya maka kualitas yang dihasilkan akan lebih baik.

Terlebih lagi soal kinerja AF yang menurut catatan spesifikasi teknis dari kamera Leica TL2 ini memiliki kecepatan luar biasa yakni 0,165 detik, kecepatan inipun telah lulus uji standarisasi CIPA dan untuk kecepetan shutter foto continuous 7,5fps menggunakan shutter mekanik dan 20 gambar per detik jika menggunakan shutter elektronik.

Dengan dua shutter yang mumpuni tanpa mengurangi hasil ini maka dipastikan kamera Leica TL2 ini sangat memungkinkan memotret dengan kecepatan tinggi dan sangat membantu untuk sport photographer atau ketika memotret fauna yang kerap bergerak dengan cepat sehingga terkadang shutter release dari kamera tak bisa mengimbangi gerakan fauna tersebut.


Sepertinya harga yang dibanderol Leica TL2 cukup mahal melihat kemampuan kinerja serta material dan spesifikasi yang dimiliki, belum lagi untuk ranah pengambilan gambar video, Leica TL2 juga telah memperbaharui kemampuan dengan bisa merekam dengan format 4K dengan kecepatan 30fps, kemudian format HD dengan kecepatan 60fps dan tersedia pula fitur slow motion, sehingga membuat kamera ini memiliki fitur yang tergolong lengkap.

Sementara untuk membandingkan kamera Leica TL2 dengan Leica TL sebagai pendahulunya, dari sisi desain, maka kualitas yang dimiliki TL2 lebih halus, terutama di bagian sudut, sehingga terasa lebih nyaman ketika menggenggam. Meski begitu secara keseluruhan, kemiripan desain antar kamera yang dihadirkan Leica memiliki kemiripan, terutama pada sisi material desain.

Dua fitur dari spesifikasi yang menarik perhatian dan boleh jadi akan mempengaruhi harga dari kamera Leica TL2 adalah mampu melakukan charge kamera dengan menggunakan power bank dan memiliki memori internal dengan kapasitas 32MB. Ini tentu berbeda dengan para pendahulunya dan tentu saja menjadikan kamera ini lebih mobile ketika digunakan untuk traveling.

Terlebih lagi ketika mengoperasikan menu dan fitur yang ada di Leica TL2 juga sangat mudah, hampir keseluruhan setting dari menu yang diinginkan bisa dilakukan mengunakan layar sentuh. Artinya, kamera ini memang sengaja diperuntukkan para traveler photographer yang ingin kualitas hasil rekam baik foto atau video dengan maksimal.

Ketersediaan Lensa Kamera Leica TL2


Tak lengkap jika sebuah kamera tak memiliki lensa, nah, untuk memberikan keleluasaan pengguna dalam memilih, Leica sengaja memberikan 6 jenis lensa dengan panjang fokal dan bukaan diafragma yang berbeda, sebenarnya memang tak harus semua lensa dimiliki, selain tak semuanya digunakan, harga yang dibanderol juga mahal, meskipun spesifikasi lensa yang dimiliki juga cukup baik seperti kamera. 6 pilihan lensa tersebut adalah;

Leica TL 11-23mm f/3.5-4.5

Lensa ini jika dipadankan dengan kamera Leica TL2 tentu akan sangat eksentris, selain memiliki sudut lebar yang cocok untuk lansekap, ukuran desain panjang lensa juga sesuai dengan dimensi kamera.

Leica TL 18-55mm f/3.5-5.6

Terlepas dari spesifikasi dan harga Kamera Leica TL2, maka panjang fokal lensa ini juga menjadi perhatian karena dengan lensa inilah cakupan bidik objek jauh ataupun dekat bisa terekam karena fokal lensa yang dimiliki berada di tengah hingga 55mm.

Leica TL 55-135mm f/3.5-4.5

Untuk saat ini, 55-135mm merupakan tele terpanjang yang dilansir pada bulan juli 2017, untuk Anda penyuka foto candid maka lensa ini bisa Anda jadikan sebagai partner.

Leica TL 23mm f/2 dan Leica TL 35mm f/1.4

Ini adalah dua lensa yang cukup legendaris dari Leica, tak banyak yang berminat memilikinya memang karena terbatas fasilitas zoom, meski begitu untuk kalangan tertentu seperti foto produk dan food photography lensa ini menjadi yang terbaik apalagi aperture yang ditawarkan cukup besar yakni f/2 untuk 23mm dan f/1.4 untuk 35mm.

Leica TL 60mm f/2.8 Macro

Tak lengkap jika ulasan harga dan spesifikasi kamera Leica TL2 tidak dilengkapi dengan lensa yang banyak digemari para pemotret jarak dekat ini, bokeh yang tercipta dari lensa 60mm macro Leica TL series cukup mempesona.

Sebagai ulasan paling akhir, yakni harga, untuk banderol yang dipatok Leica untuk TL2 ini adalah sekitar U$1.950 atau ada pada kisaran Rp26.000.000. Meskipun harga kamera Leica TL2 cukup mahal, namun fitur serta kapabilitas yang ditawarkan juga tak murah, komponen penunjang seperti kinerja sensor serta beberapa fitur dan menu serta lensa menjadikan kamera ini memiliki hasil yang menjanjikan.

Sebagai kesmipulan singkat, spesifikasi dan harga dari kamera Leica TL2 boleh dikatakan istimewa untuk para traveler yang ingin memberikan yang terbaik untuk hasil foto atau rekaman video, dan yang menarik adalah pengaturan sendiri fitur dan menu sesuai dengan keinginan, artinya, menu dan fitur apa saja yang ingin digunakan bisa diatur sehingga kamera ini nyaris seperti pendamping digital, hanya saja khusus untuk perekam gambar baik foto atau video.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Resolusi Kamera 24 MP
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 50000
Frame Rate 30, 60, 120 fps
Lens Mount Leica L
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :
Inilah Kamera Digital Leica M10 Terbaru Yang Paling Tipis 
Leica TL, Kamera Mirrorless Penerus Leica T Khusus Kelas Entry 
Leica Rilis Kamera Terbaru dengan Sensor 24 MP CMOS 
Like us!

Komentar