Diperbaharui pada Selasa, 13 Juni 2017 | 17:47

Kamera Mirrorless Sony A9, Sensor Fullframe Beresolusi 24,2 MP

Inilah kamera mirrorless Sony a9 yang dilengkapi sensor fullframe beresolusi 24.2MP pertama di dunia.

Pasar kamera mirrorless Indonesia kembali disuguhkan dengan kamera canggih dari Sony. Kamera digital revolusioner terbaru Sony A9 (model ILCE-9) diharapkan bisa memberikan pengalaman baru lewat kamera digital inovatif dengan teknologi termutakhir yang pernah diciptakan Sony. Kamera mirrorless Sony terbaru menawarkan kemampuan menakjubkan yang tidak mungkin didapatkan dengan kamera DSLR modern termasuk pengambilan gambar terus-menerus tanpa-blackout sampai pada 20 fps, kalkulasi perekaman 60 AF/AE per detik, dan kecepatan shutter maksimal sampai 1/32,000 detik.

Semua dimungkinkan berkat penanaman sensor Exmor RS CMOS fullframe yang dimiliki dapat memproses data dengan kecepatan 20x lipat dibandingkan dengan kamera mirrorless fullframe Sony sebelumnya. Dalam kamera mirrorless Sony A9, sensor yang unik ini juga berpadu dengan mesin prosesor BIONZ X dan LSI front end yang dapat memaksimalkan performa kamera secara keseluruhan ketika melakukan perekaman gambar baik video ataupun foto.


Belum lagi dengan fitur pengambilan gambar inovatif tanpa gangguan dan kecepatan yang dimiliki kamera mirrorless Sony A9, sepertinya pantas jika kamera ini akan menjadi pemimpin di kelasnya untuk kategori kecepatan rekam. Pasalnya, kamera ini juga dilengkapi sistem fokus yang memiliki fitur 693 titik eteksi AF, meliputi 93% dari frame, sementara sistem fokus bisa memastikan bahkan untuk subjek yang bergerak cepat sekali pun dapat menangkap dan melacak di sepanjang frame.  

Hal yang juga tak ketinggalan dan bisa dirasakan lansgung dari kamera mirrorless Sony A9 ketika Anda menjajalnya nanti adalah fitur tanpa getaran. Sony A9 melakukan perubahan dengan menggunakan sepenuhnya elektronik seperti pada shutter anti-distorsi karena tanpa adanya bunyi cermin mekanik atau shutter sehingga kinerja lebih hening dan cepat.

Sedangkan untuk memastikan bahwa kekuatan daya yang dimiliki mampu mendorong kinerja yang sepenuhnya menggunakan elektronik, maka Sony tak ingin kedodoran untuk kekuatan baterai. Kamera mirroless Sony A9 menggunakan baterai Z dengan kapasitas baterai 2,2x lebih tinggi dari baterai W.

Kekuatan pengolahan yang menakjubkan dari kamera mirrorless Sony A9 memungkinkan kalkulasi AF/AE yang lebih cepat dan juga mengurangi hambatan pada EVF tampilan, sehingga prosesor dan LSI front end juga berkontribusi terhadap pengambilan gambar terus-menerus dalam jumlah yang lebih banyak, alhasil, dukungan ini semakin memungkinkan fotografer untuk mengambil gambar pada 20 fps4 dengan perekaman AF/AE secara terus-menerus sampai 362 JPEG atau 241 RAW.

Handling Baru Dan Ringkas


Untuk gaya pengoperasian sendiri, Sony A9 memiliki fitur Tru-Finder Quad-VGA OLED terbaru dengan resolusi dan penerangan tinggi, kurang lebih 3.686 ribu titik untuk menghasilkan detail akurat dan sama dengan kenyataan. Fitur Tru-Finder terbaru ini merupakan viewfinder dengan resolusi tertinggi yang pernah kamera Sony alpha series integrasikan.

Kamera mirrorless Sony A9 juga menawarkan port Ethernet (terminal LAN kabel), guna transfer file gambar secara mudah ke server FTP yang dituju dengan kecepatan tinggi, hal ini tentu membuat layanan ini menjadi pilihan ideal untuk studio fotografi, juru foto, dan masih banyak lagi. Sebagai tambahan, terdapat terminal sync, memungkinkan unit flash eksternal dan kabel untuk dapat terhubung secara langsung untuk sync flash secara mudah.

Kamera mirrorless Sony A9 terbaru ini ternyata memiliki beberapa fungsi fokus terbaru yang mendukung fokus lebih cepat dan mudah pada situasi beragam, joystick multi-selektor di belakang kamera misalnya, fungsi ini memungkinkan fotografer untuk dapat memindahkan fokus secara mudah pada frame dengan menekan multi-selektor dengan arah ke atas, bawah, kiri dan kanan ketika mengambil gambar pada pengaturan fokus Zone, Flexible Spot atau Expanded Flexible Spot.

Tak ayal, bagian belakang kamera juga menawarkan pengoperasian cepat dengan layar LCD untuk dapat dengan mudah memilih, dan mengatur fokus ke titik fokus atau subjek yang diinginkan. Begitu juga untuk layanan lensa, kamera mirrorless Sony A9 telah dilengkapi dengan tombol pilihan penggunaan dan fokus yang terpisah, ditambah dengan tombol “AF ON” terbaru yang dapat ditekan untuk mengaktifkan autofocus secara langsung ketika mengambil foto atau video.

Sementara untuk perekaman video 4K, kamera mirrorless Sony A9 menawarkan perekaman video 4K (3840x2160p) di sepanjang sensor gambar full-frame. Ketika melakukan perekaman dalam format ini, kamera menggunakan pembacaan piksel secara penuh tanpa adanya penggandaan piksel untuk memperoleh informasi 6K, menghasilkan perekaman 4K berkualitas tinggi dengan detail dan ketajaman yang menakjubkan. Perekaman juga tersedia dengan ukuran Super 35mm yang terkenal.  

Sebagai tambahan, kamera mirrorless Sony A9 dapat merekam Full HD dengan 120 fps pada 100 Mbps, yang memungkinkan rekaman untuk dapat diperiksa dan disunting menjadi 4x atau 5x lebih lambat (slow motion video files) pada resolusi Full HD dengan pendeteksi AF. Berminat? Rencana banderol yang dipasang untuk kamera ini adalah US$4.500 atau nyaris mencapai Rp60 juta.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 32000 s
Max. Light Sensitivity ISO 51200
Frame Rate 20, 10, 5 fps
Lens Mount Sony E-Mount
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :
Kamera Mirrorless Canon EOS M6 Dirilis, Harganya?
Kamera Mirrorless Panasonic Lumix GF9 Mirip Kamera Saku
Olympus PEN E-PL8, Kamera Mirrorless Terbaik Untuk Foto Selfie

 

Like us!
Wiro

Contributor

41 Posts