Diperbaharui pada Selasa, 25 Mei 2021 | 13:50

Pilihan Lensa Samyang Untuk DSLR dan Mirrorless Sony

Produsen lensa kamera DSLR asal Korea, Samyang, kembali menghadirkan lensa lanjutan ketiganya dalam varian Samyang 35mm f/2.8 dengan cakupan bidik full-frame.

Sayangnya, lensa kamera Samyang mode full frame dimunculkan pertama kali pada pertengahan tahun 2017 silam dan hanya khusus untuk para pengguna kamera Sony E series mount.

Meski memiliki postur mini, namun kemampuan yang dimiliki dari lensa kamera Samyang ini cukup luar biasa untuk mendukung performa bidik yang cemerlang.

Bobot yang ringan tentu cocok untuk Anda yang ingin mengabadikan momen traveling atau sekedar mengabadikan momen aksidensial.

Kemampuan Besar di Lensa Kecil Samyang 35mm f/2.8


Merunut konstruksi lensa kamera Samyang 35mm f/2.8 ini terdiri dari tujuh elemen dalam enam kelompok bilah lensa, dua lensa aspherical dan satu lensa refraktori tinggi plus Ultra Multi Coating untuk meminimalkan penyimpangan dan dispersi cahaya yang tidak perlu.

Alhasil, lensa ini mampu memberikan resolusi tinggi dari pusat objek. Jika di lihat secara fisik maka Anda akan ragu bahwa kemampuan yang dimiliki akan cukup baik, dari sisi bobot saja hanya 85gram dengan panjang 3,3cm.

Hal itu terlihat bahwa lensa pabrikan Korea ini tak serius, padahal, konstruksi yang dimiliki setara dan mumpuni untuk mendukung kinerja E series kamera Sony mirrorless

Seperti Anda ketahui, bahwa tipe FE merupakan jenis kedua setelah tipe E dimana Sony membagi jenis lensa menjadi dua, untuk membedakannya E memiliki lingkaran gambar lebih kecil sementara FE memiliki lingkaran gambar lebih besar dan kerap digunakan untuk sensor fullframe seperti Sony A7.

Nah, lensa Samyang 35mm f/2.8 sengaja digulirkan sebagai alternatif pilihan perangkat yang mana ingin harga lebih murah namun memiliki kualitas yang setara dengan Sony FE series seperti pada Sony Zeiss FE 35mm f/2.8, harga Zeiss lens Sony trentu lebih mahal meskipun peruntukan relatif sama yakni untuk street photography dan hman interest.

Seperti diketahui jika pengguna lensa kamera Sony atau anthusiast biasanya kerap berkeluh soal sistem lensa yang tidak bagus.

Dengan hadirnya lensa kamera Samyang 35mm f/2.8 tentu sebagai salah satu solusi dimana harga yang dibanderol jauh lebih murah namun memiliki teknologi yang bisa mengeliminir keluhan tersebut.

Padahal, jika dilihat dari kegunaan maka bukan tidak bagus, tetapi memang sistem yang dimiliki Sony belum lengkap seperti kamera lainnya khususnya kamera mirrorless.

Jika berbanding harga maka lensa kamera  Samyang yang memang untuk Sony series maka boleh jadi merupakan pemecah kebuntuan dari para penyuka kamera Sony karena bisa lebih efisien ketika melengkapi kamera kesayangan.

Pada lansiran lensa kamera Samyang ketiga ini memang sengaja memberikan focal length menyerupai mata manusia dan lensa yang sepadan dengan Sony Alpha A6000 dan Alpha A5000 yang telah menggunakan tipe sensor APS-C. Lensa ini juga setara dengan 52mm, yang juga merupakan salah satu focal length paling populer di kalangan fotografer.

Portabilitas dengan performa dan focal length 35mm menjadikan lensa ini bisa dipertanggung jawabkan bahwa lensa ini merupakan pilihan terbaik bagi fotografer harian yang ingin menangkap setiap momen sebagai gambar berkualitas tinggi.

Tak hanya itu, layanan autofocus cepat dan akurat dari lensa Samyang 35mm f/2.8 cukup ideal untuk jika juru foto menggunakan untuk pemotretan luar ruang seperti mendaki gunung dan bukit, dan fotografi landscape.

Lensa Korea ini juga memiliki jarak fokus minimal 0,35 m dan sangat ideal untuk street photography atau potrait. Untuk Anda yang ingin memiliki lensa ini sepertinya harus agak bersabar karena baru akan disebar mulai akhir Juli 2017 dengan harga 280 euro atau setara dengan Rp 4 jutaan.

Lensa Kamera Samyang Untuk DSLR Sony

Sebelum kehadiran lensa kamera Samyang 35mm f/2.8, maka ada dua lensa kamera yang sebelumnya ikut meramaikan pasar khususnya untuk pabrikan Sony, yaitu Lensa Samyang AF 50mm f/1.4 dan Lensa Samyang 14mm f/2.8 FE.

Pasalnya, lensa yang dibuat di Korea ini mengekor pada Sony yang mana memiliki keterbatasan dalam sistem kamera yang mana belum disempurnakan yakni pada kinerja.

Kedua lensa ini menjadi punggawa terbaik untuk cakupan bidik lebar dan paling cemerlang yang mengkhususkan diri untuk mirrorless, keduanya juga memilki mekanisme ienternal yang cukup baik yakni pada deteksi AF dan Kontras AF, keduanya dibenamkan untuk memberikan hasil jepretan terbaik ketika menggunakan lensa Samyang.

Nama Harga di Pasaran
Samyang 50mm for Sony Rp 6.999.000
Samyang 14mm T2.8 for Sony Rp 5.036.000

Lensa Samyang Lainnya

Like us!
Imam Ali

Content Writter

972 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.