Layar Blackberry KeyOne Mudah Rusak, Nggak Percaya? Berikut Tesnya

Oleh Aris Wibowo updated Senin, 12 Jun 2017 | 14:47

Setelah dinantikan cukup lama, BlackBerry akhirnya mulai memasarkan produk smartphone Android terbarunya, BlackBerry KeyOne ke berbagai negara. Smartphone yang diklaim memiliki sistem keamanan terbaik di dunia ini pun langsung menjadi sasaran empuk para pecinta gadget dunia.

Tak terkeculi YouTuber JerryRigEverything yang terkenal sering menguji coba smartphone secara ekstrim mulai dari digores kaca kameranya, dibakar layarnya hingga dibengkokkan hingga patah.

JerryRigEverything pun tidak ingin melewatkan ketangguhan dari Blackberry KeyOne. Ia pun langsung memboyong sebuah ponsel Blackberry KeyOne baru untuk diobrak-abrik. Seperti yang tampak dalam video, setelah selesai mengeluarkan ponsel dari kardus, YouTuber ini menggores layar dengan alat gores khusus.

Hasilnya ketika menggunakan alat gores no 7, layar smartphone Blackberry ini mulai tergores parah. Tes ini menunjukkan layar ponsel telah terlindungi dengan baik sehingga ketika digunakan harian layar cukup kuat menerima goresan yang tidak disengaja.

Setelah puas menggores layar, JerryRigEverything kemudian menggores bagian keyboard QWERTY hingga tombol space yang berfungsi sebagai sensor sidik jari. Hasilnya, meski cat pada keyboard terkelupas, keyboard dan sensor sidik jari masih bisa digunakan dengan nyaman. Goresan pun berlanjut pada seluruh sisi bodi ponsel Android Blackberry ini. Kamera depan, kamera belakang hingga kaca led Flash tak luput dari goresan. Menariknya, pada bagian bodi belakang yang bertekstur, goresan dilakukan dengan berbagai alat seperti koin hingga kunci motor. Hasilnya bodi belakang Blackberry KeyOne tidak rusak parah.

Setelah puas menggores, layar blackberry KeyOne pun dibakar menggunakan korek gas. Hasilnya setelah 16 detik dipanaskan, layar BlackBerry KeyNote ini menghitam. Untungnya layar ini kembali normal dalam waktu beberapa detik kemudian.

Dalam tes terakhir, JerryRigEverything mencoba membengkokkan ponsel BlackBerry terbaru ini. Hasilnya saat percobaan pertama membengkokkan bodi ponsel, layar blackberry langsung keluar dari rangka. Hal ini terbilang tidak mengejutkan pasalnya, Blackberry mendesain layar kurang kuat. Pada percobaan kedua dengan tenaga penuh, ponsel blackberry KeyOne dibengkokkan. Hasilnya, layar terlepas dan ponsel tidak bisa digunakan.

Meski tampak ringkih dibandingkan ponsel premium lainnya, Spesifikasi mesin Blackberry KeyOne tidak bisa dipandang sebelah mata. Ponsel Android terbaru ini sudah dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 625. Prosesor ini akan disokong RAM 3GB sehingga memberikan performa mesin yang cukup tangguh. Untuk memori penyimpanan, ponsel Android Nougat ini menggunakan memori internal 32GB dan slot microSD. Terakhir, BlackBerry menggunakan kamera 12 MP dengan sensor SONY IMX378 dan kamera depan 8 MP.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 4(1700 / 2100), 5(850), 7(2600), 12(700), 13(700), 20(800), 25(1900), 26(850), 28(700), 29(700), 30(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 4.5 inch
OS Version 6
Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
GPU Adreno 506
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 12 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
Kapasitas Baterai 3505 mAh

Baca juga artikel:
Tes Jatuh Samsung Galaxy S8 Buktikan Sudut Layar Ponsel Ringkih
Seperti Apa Samsung Galaxy S8 Ketika Dibakar, Digores dan Dibengkokkan? Berikut Tesnya
Video Tes Kekuatan LG V20 Saat Digores, Dibakar dan Dibengkokkan

Artikel Lainnya

Komentar