Diperbaharui pada Rabu, 31 Mei 2017 | 14:32

Essential Phone, Ponsel Premium Terbaru Buatan Kreator Android

Setelah dirumorkan cukup lama, ponsel premium terbaru buatan pencipta Android pun resmi diperkenalkan. Mengusung nama Essential Phone, smartphone ini hadir dengan sejumlah fitur terbaik buatan Andy Rubin. Andy Rubin yang merupakan pencipta Android ini berharap ponsel ini bisa menjadi ponsel Android masa depan.

Menariknya dalam smartphone terbaru ini, Andy Rubin mengusung desain bezel less terbaik. Tidak hanya itu, ponsel Android ini juga mengusung spesifikasi khas ponsel premium saat ini termasuk hadirnya fitur modular.

Yang berbeda dari ponsel premium lainnya, Essential Phone ini hadir tanpa bloatware sama dan logo. Pengguna pun bisa mengupdate sesuka ponsel ini karena ponsel ini mengusung konsep modular. Hal ini juga dimaksudkan agar pengguna benar-benar merasa ponsel ini sebagai cerminan diri dan tidak pernah tertinggal dengan ponsel Android lainnya meski tahun berganti.

Lalu seperti apa spesifikasi dari smartphone buatan pencipta Android ini?

Untuk tampilan luar, ponsel Essential Phone ini memang tampil cukup mewah. Produsen menyuguhkan body berlapis material titanium dengan tekstur diamond cut. Alhasil Bodi kotak dengan sudut melengkung ini nampak elegan bahkan kuat dan kokoh. Menariknya, bodi titanium pada sisi belakang dilapisi material keramik pula agar nyaman digunakan dan tidak mudah tergores. Untuk dimensi, ponsel Android ini juga cukup ramping hanya 7,9 mm dan berat 185 gram sehingga mudah digenggam dan disimpan.

Untuk bagian layar, Produsen mengusung layar sentuh berukuran 5,7 inci. Layarnya yang lebar kabarnya mengusung teknologi LTPS LCD kaca tempered 2.5 D. Dengan teknologi ini, layar akan semakin elegan dan anti gores. Tak lupa produsen menyematkan resolusi Quad HD 2560 x 1313 piksel sehingga tampilan gambar dan video lebih tajam dan jernih.

Untuk bagian mesin, Essential Phone mengusung mesin yang terbilang tinggi untuk kelas ponsel baru. Produsen menggunakan prosesor quad – core Qualcomm Snapdragon 835. Prosesor ini sudah mengusung teknologi 64 – bit sehingga kinerja yang diusung cukup tinggi. Prosesor ini bahkan semakin optimal dengan sokongan RAM 4 GB dan GPU Adreno terbaru. Untuk sistem operasi, vendor menggunakan OS paling baru yakni OS Android Nougat 7.1.

Untuk fitur konektivitas, ponsel Android premium ini hadir dengan fitur dual sim card untuk menjangkau jaringan 4G. Untuk penyimpanan, produsen menyediakan memori 128 GB dan slot micro sd. Untuk sektor kamera, ponsel dual sim ini hadir dengan kamera belakang dual 13 MP dan kamera depan 8 MP. Kamera depannya diklaim bisa merekam video 4K dengan jelas. Untuk baterai terpasang 3040 mAh yang diklaim awet untuk penggunaan harian. Guna mendukung menelpon yang jelas, Andy Rubin menyertakan fitur 4x microphone with noise cancellation.

Untuk harga diperkirakan Essential Phone akan dilepas dengan harga 9-10 juta bersaing dengan harga Samsung Galaxy S8.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.7 inch
OS Version 7
Detail Prosesor MSM8998 Snapdragon 835
Jumlah Core -
Kecepatan CPU -
GPU -
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
Kapasitas Baterai 3040 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Hape Lenovo Vibe K6 Note Sudah di Jual Seharga Rp2,8 Juta Bonus VR
Beli Hape ASUS Zenfone Zoom S, Cicilan 0% dan Gratis SanDisk Wireless USB 32GB
ASUS Segera Hadirkan ASUS Zenfone Go 2 dengan Dual Kamera
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts