Ini Lho Jenis dan Fungsi Kipas Angin Sesuai Ukuran dan Penempatannya

Oleh Ardiansyah Hana updated Kamis, 18 Mei 2017 | 14:34

Tinggal di negara dengan iklim tropis seringkali membuat kita mengeluh karena udaranya panas. Jika saat ini Anda belum memiliki budget untuk membeli AC, kipas angin menjadi alternatif yang bisa dipilih.

Sebelum membelinya, sebaiknya Anda mengetahui model kipas angin yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk membantu Anda, ini dia tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih kipas angin.

Prinsip Kerja Kipas Angin

Sebelum lebih lanjut, tidak ada salahnya untuk mengetahui prinsip kerja dari kipas angin. Perlu diketahui, kipas angin tidak dapat menurunkan suhu ruangan. Akan tetapi, alat ini dapat bekerja untuk menghembuskan angin pada Anda sehingga mempercepat penguapan keringat dan memberikan efek sejuk. 

Prinsipnya, kipas angin digerakan oleh motor listrik yang berubah menjadi energi gerak. Pada motor listrik terdapat suatu kumparan besi yang bergerak, disertai sepasang magnet U berbentuk pipih pada bagian diam. Kemudian, listrik yang mengalir pada lilitan kawat di kumparan besi akan mengubah kumparan besi menjadi magnet. Sementara magnet menghasilkan gaya berputar secara periodik di kumparan besi akibat sifat magnet yang saling tolak pada kedua kutub. Akibatnya, baling-baling kipas yang dikaitkan ke poros dapat berputar, sementara penambahan penambahan tegangan listik pada kumparan besi akan membuat hembuasan angin semakin besar.

Selain dapat diinstalasi dengan lebih mudah ketimbang AC, harga kipas angin yang lebih terjangkau membuatnya banyak digunakan di rumah. Selain dapat digunakan untuk menyejukan badan, kipas angin juga bisa dipakai untuk membersihkan udara di ruangan karena karpet lembab atau cat basah.

Jenis-jenis Kipas Angin

Kipas Angin Langit-langit

Kipas angin langit-langit memerlukan instalasi khusus sehingga penempatannya bersifat permanen. Jika Anda memilih kipas angin jenis ini, pastikan terlebih dahulu ketinggan langit di ruangan Anda memiliki jarak setidaknya antara 2,1 meter sampai 2,4 meter agar bekerja lebih optimal. Jika langit-langit di ruangan memiliki ketinggian lebih, Anda nisa menggunakan alat tambahan agar penempatannya bisa diturunkan.

Kipas Angin Duduk

Kipas angin duduk terdapat banyak pilihan, ada yang tingginya permanen dan ada yang bisa diatur. Jenis kipas angin ini dapat ditempatkan di ketinggian yang bisa disesuaikan di dalam ruangan, bisa difungsikan untuk meniup angin langsung ke wajah Anda atau di permukaan tempat tidur.

Kipas Angin Tower

Untuk jenis ini biasanya dilengkapi lubang udara berbentuk persegi panjang. Dengan kisi-kisi  udara yang bisa diarahkan ke atas atau bawah, jenis ini cocok untuk dipakai di ruangan tamu yang besar.

Kipas Angin Dinding

Jenis ini dapat dipasangkan di dinding dengan kemampuan kipas yang dapat berputar sehingga hembusan angin bisa menyebar ke seluruh ruangan.

Kipas Angin 3 in 1

Di pasaran, ada pula kipas angin 3 in 1 yang bisa dipasangkan dalam tiga mode sekaligus mengikuti kebutuhan, misalnya digantung di dinding, dalam posisi duduk dan berdiri seperti tower.

Fitur Kipas Angin

  • Material Baling-baling dan Kipas

Di pasaran, ada berbagai jenis penggunaan material baling-baling yang bisa dipilih, seperti kayu, stainless steel, aluminium, atau plastik. Penggunaan material tersebut memiliki cara kerja sama. Akan tetapi, baling-baling dari kayu dan plastik cenderung tidak bising sehingga cocok ditempatkan di kamar tidur.

  • Putaran Motor Kipas

Saat membeli kipas angin, perhatikan putaran motor kipas. Untuk semua jenis kipas angin keluaran terbaru biasanya memiliki kecepatan yang dapat diatur sesuai keinginan. Anda dapat memilih tipe produk yang memiliki banyak mode kecepatan sehingga pemakaiannya lebih fleksibel.

  • Kebisingan

Kinerja kipas angin yang lebih tenang akan lebih baik, terlebih saat dipakai pada kecepatan rendah di malah hari. Ketika melakukan pembelian, jangan lupa untuk melakukan pengecekan ini.

  • Fleksibel

Untuk Anda yang memilih kipas angin 3 in 1, perhatikan tinggi yang dapat diatur sehingga sesuai dengan kondisi ruangan. Hal ini juga berlaku pada kipas angin tower dimana semakin tinggi alat tersebut maka hembusan angin yang dikeluarkan bisa semakin luas.

  • Remote Control

Beberapa kipas angin saat ini dilengkapi dengan sebuah remote control sehingga Anda dapat melakukan pengaturan jarak jauh. Sayangnya, kipas angin dengan fitur ini biasanya dijual dengan harga mahal.

  • Timer

Fitur ini juga perlu diperhatikan karena berfungsi untuk mengatur waktu kipas angin untuk berhenti secara otomatis.

  • Sirkulasi Udara Maksimal

Saat membeli, ketahui juga aliran udara yang dikeluarkan kipas angin dengan mengamati cubic feet per minute (CFM) yang menggambarkan jumlah volume udara yang mengalir per menit.  Dengan memperhatikan hal ini, Anda dapat lebih mudah untuk mengetahui tingkat kesejukan yang diinginkan.

  • Steker dan Kabel Kipas Angin

Agar lebih awet, pilihlah steker dan kabel dengan pembungkus yang menggunakan bahan halus. Perhatikan pula kemampuan tengangan dan arus maksimum yang dialiri.

  • Periksa Semua Komponen

Saat membeli, periksa juga semua komponen kipas angin, mulai dari bodi sampai spool. Mengenai spool, pilihlah yang menggunakan kawat dengan ukuran yang sesuai dengan kipas, tidak terlalu besar atau kecil. Jika ukuran spool terlalu besar, maka mengakibatkan daya pada kipas naik dan cepat panas.

  • Perhatikan Daya dan Voltase

Masuk ke dalam produk elekronik, tentu saja penggunaannya memerlukan daya listrik. Pastikan Anda mengetahui besaran data listrik pada kipas yang akan dibeli dan hitung total kemampuan daya listrik di rumah agar kipas angin bisa digunakan dengan leluasa.

  • Perhatikan Merek dan Garansi

Ada banyak merek kipas angin yang tersedia di pasaran, dimana Anda dapat memilih produk yang dibuat oleh produsen terkenal agar kualitasnya bagus. Jangan lupa, perhatikan masa garansi yang diberikan, beberapa diantaranya memberikan garansi penggantian barang jika produk mengalami kerusakan.

Tentu saja, pemilihan kipas angin bisa Anda lakukan dengan menyesuaikannya menurut kebutuhan mengingat ada banyak jenis produk yang tersedia di pasaran. Nah, sebelum melakukan pembelian, jangan lupa untuk mengecek harga kipas angin terbaru yang dijual secara online atau offline melalui Pricebook!

Baca juga artikel:
Daftar Harga dan Tips Memilih Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan
5 Desain Vacuum Cleaner Canggih yang Bikin Kamu Berdecak Kagum!
Jangan Lakuin Kebiasan Ini Kalau Nggak Mau Vacuum Cleaner Cepat Rusak

Artikel Lainnya

Komentar