Diperbaharui pada Rabu, 3 Mei 2017 | 16:20

Jelly, Ponsel Android 4G Nougat Terkecil di Dunia

Desain produk phablet tampaknya masih menjadi acuan beberapa produsen kala menghadirkan produk baru ke pasaran. Hal ini nampak dari tren smartphone layar lebar yang terus berkembang, dari awalnya 5,6 inci kini menjadi 6,5 inci.

Sayangnya bagi beberapa pengguna, smartphone layar lebar justru dianggap mereportkan. Menyadari hal tersebut, sebuah produsen Amerika merilis sebuah smartphone mini bernama Jelly. Ini merupakan ponsel Android 4G Nougat terkecil yang ada di pasaran saat ini. Meskipun kecil, produsen dikabarkan membekali ponsel Android ini dengan mesin yang cukup mumpuni. Selain itu, sudah terpasang fitur 4G LTE untuk memudahkan pengguna dalam berkomunikasi.

Menyasar kelas entry level, ponsel Android bernama Jelly ini hadir dengan desain fisik yang sangat mungil. Menggunakan desain yang cukup ringkas, produsen menghadirkan bodi plastik berukuran hanya 92,3 x 43 x 13,3 mm. Selain itu, produsen juga sudah menggunakan rangka logam sehingga tetap kokoh meskipun mungil. Dengan dimensi yang tak terlalu besar, ponsel ini cukup nyaman digenggam dan disimpan. Apalagi, produsen juga menyediakan sebuah tombol home dibawah layar untuk pengoperasian.

Untuk sektor layar, ponsel Android mini ini hadir dengan layar berukuran 2,45 inci. Sayangnya meski tak terlalu lebar, layar ini hadir dengan spesifikasi yang pas – pasan seperti resolusi layar 240 x 432 piksel hingga teknologi IPS. Dengan teknologi tersebut, layar masih dapat digunakan dengan nyaman digunakan browsing.

Untuk dapur pacu, Jelly mengandalkan mesin kelas entry level yang memadai. Dalam ponsel Android 4G Nougat, produsen membekali ponsel ini dengan prosesor quad core Mediatek. Prosesor berkecepatan 1,1 Ghz ini sudah mengusung teknologi 64 bit. Menariknya, untuk menyokong performa yang lebih maksimal terpasang dua varian mesin yakni  RAM 1GB atau RAM 2GB disokong GPU Mali. Untuk sistem operasi, ponsel Android 4G ini sudah mengusung OS Android Nougat dengan balutan antarmuka yang unik.

Untuk konektivitas, ponsel ini hadir dengan fitur dual sim card yang mampu menjangkau jaringan 4G LTE. Untuk penyimpanan data, produsen sudah memasang memori 8GB untuk RAM 1GB dan 16GB untuk varian RAM 2GB. Sayangnya belum jelas mengenai ketersediaan slot micro sd.

Untuk bagian kamera, ponsel quad core ini hadir dengan kamera utama 8 MP dan kamera depan 2 MP. Untuk baterai, ponsel Android mini ini hanya dibekali baterai 950 mAh.

Kabarnya ponsel Jelly akan dijual dikisaran dibawah 1 juta saja. Ponsel Android Nougat ini pun baru akan dipasarkan pada Agustus mendatang.

Kriteria Spesifikasi
4G Network FDD-LTE: Band 1 / 2 / 3 / 4 / 5 / 7 / 8 / 12 / 17 / 19 / 20 / TD-LTE: Band 40
Ukuran Layar 2.45 inch
OS Version 7
Detail Prosesor -
Jumlah Core -
Kecepatan CPU 1.1 GHz
GPU -
RAM 1 GB
Memori Internal 8 GB
Resolusi Kamera Belakang 8 MP
Resolusi Kamera Depan 2 MP
Kapasitas Baterai 950 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga aritkel:
7 Fakta Unik Kegunaan Hape, Kamu Suka yang Mana?
Ini Dia Vphone S8, Smartphone Terkecil di Dunia
Cyclops Pocket: Action Camera 4K Terkecil dengan Interchangeable Lens
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts