Diperbaharui pada Rabu, 14 April 2021 | 10:23

8 Manfaat Lain Smartphone Saat Pandemi di Bulan Puasa

Oleh Imam Ali

Pandemi mengajarkan banyak hal, terlebih saat harus belajar dan bekerja dari rumah, belum lagi hadirnya bulan ramadan dengan keharusan berpuasa sebulan penuh dengan segala keterbatasan dan protokol kesehatan.

Masa-masa seperti ini membuat banyak orang berkreasi mencari solusi dan alternatif lain untuk menunjang semua kegiatan sehari-hari. Hal ini tak lepas dari penggunaan smartphone yang sedianya hanya terbiasa digunakan untuk video call, chatting ataupun bermain game, kini mulai dapat dimanfaatkan pada hal lain yang lebih membantu keseharian.

Smartphone bukan lagi menjadi hal yang mewah, melainkan adalah kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan. Bahkan smartphonemu adalah segalanya yang harus selalu di genggam. Buat kamu anak kos, smartphone juga sangatlah berarti.

Hanya dengan menggunakan smartphone dan jaringan internet atau wifi (bagi yang fakir kuota) kamu bisa memenuhi semua kebutuhanmu.

Manfaat Tersembunyi Smartphone untuk Keseharian

Saat ini tidak ada hal yang tidak mampu dilakukan dengan smartphone. Berikut hal penting yang harus kamu ketahui tentang smartphone Kamu.

1. Pengganti TV

Kenyataan bahwa anak kos memang butuh hiburan. Akan tetapi saat ini tidak butuh TV, cukup dengan smartphone, kamu bisa mengakses semua informasi terhangat yang kamu butuhkan.

Banyak juga smartphone yang dilengkapi dengan aplikasi TV sehingga dapat dengan mudah menonton chanel yang disediakan TV. Pilihan aplikasi Viu bisa digunakan bagi kamu pecinta drama Korea yang tak mau ketinggalan episode terbaru.

Ada juga aplikasi Netfix buat kamu penggemar film, dapat dengan mudah memilih dan mengakses film yang kamu inginkan. Nah lebih lengkap dari TV bukan, selamat mencoba.

2. Music Player Gratis

Cukup memiliki smartphone hobi ngedengerin musik kamu tetap bisa tersalurkan. Tidak perlu membeli MP3 player loh, bisa berhemat kan.

Saat berada di kos kamu bisa mendengarkan musik yang kamu sukai sesuka hatimu. Bahkan sekarang banyak aplikasi yang menawarkan fasilitas mendengarkan musik dengan berbagai judul lagu.

Lagu terbaru juga pasti ada loh. Aplikasi tersebut diantaranya yaitu Spotify dan JOOX. Keren kan?!

3. Pengganti Cermin

Pemakaian smartphone pasti tidak lepas dari pemakaian kamera, bahkan beberapa remaja wanita mulai menggunakan hp sebagai pengganti cermin dimanapun mereka berada.

Hal ini yang membuat kamera pada smartphone sudah menjadi fungsi wajib untuk dimiliki. Dilihat dari kepraktisannya, kamera smartphone bisa jadi andalan pengganti kamera digital dan juga kaca cermin saat berselfie dengan kamera depan.

Kamu bisa berselfie di tempat yang kamu kunjungi. Aplikasi yang wajib dimiliki yaitu aplikasi edit foto yang menunjang hasil foto supaya lebih terlihat bagus. Hasilnya tidak kalah bagus kok dari kamera DSLR atau SLR.

4. Update Berita Terbaru

Smartphone yang Kamu miliki membuat kamu tetap menjadi anak kos yang kekinian dan tidak tertinggal informasi atau berita terkini.

Saat ini berita yang biasa dilihat atau didengar melalui TV, radio, atau koran sudah bisa diakses dengan satu alat canggih bernama smartphone.

Syaratnya, cukup instal aplikasi news atau aplikasi lain yang memuat berita yang terkini seperti Detik.com, Liputan6. Jangan takut tertinggal berita terhangat dan terupdate dengan konten yang lebih menarik.

5. Terhubung dengan Ojek Online

Buat kalian yang mager atau males masak dan males keluar buat beli makan, sekarang udah banyak aplikasi yang dapat mengatasinya. Cukup gunakan smartphone dan install aplikasi Grab ato Gojek.

Di Aplikasi ini bisa digunain buat pesen makanan, kamu tinggal nunggu smpai makanan yang bakal nyamperin kamu. Cukup praktis bukan.

Dalam aplikasi Go-Life bahkan terdapat fitur Go-Glam buat nyalon atau Go-Massage yang bisa kamu gunain tanpa harus beranjak dari kosan.

6. Alat Belanja dari Rumah

Smartphone juga dapat dimanfaatkan untuk belanja online. Buat kamu yang tidak memiliki banyak waktu keluar kosan atau ingin belanja ke mall tapi mikir males macet dijalannya, udah capek duluan.

Kalau bisa belanja online lewat smartphone kenapa harus menikmati macetnya jalanan. Tinggal buka aplikasi Lazada, Tokopedia atau online shop lainnya pada smartphone.

Kamu bakal ngerasa di mall dengan berbagai macam produk yang ditawarkan online shop ini. Kamu bahkan bisa lebih hemat karna ada beberapa online shop yang menyediakan gratis biaya pengiriman.

7. Mencari Refensi Tugas Kuliah

manfaat smartphone

Anak kosan pastilah selalu disibukkan dengan tugas kuliah. Dalam pencarian referensi tugas smartphone tentu sangat berguna.

Bagi pekerja yang melakukan kerja dari rumah, biasanya hp sangat berguna untuk selalu terhubung dengan rekan kerja dan juga client.

Akses internet dalam smartphone dapat digunakan sebagai sumber referensinya. Cukup unduh aplikasi browser seperti Google atau Opera Mini.

Mudah kan cukup di kosan saja tugas dapat dikerjakan dengan mudah dan cepat. Smartphone memiliki segi kepraktisan apabila dibandingkan dengan menggunakan laptop atau komputer.

Setelah menemukan referensi yang diinginkan cukup pindahkan saja file unduhan ke laptop atau komputer

8. Modem Internet

Kini smartphone sudah dilengkapi spesifikasi yang canggih. Fitur keren yang disediakan yaitu dengan tethering atau hotspot seluler yang memiliki fungsi sama seperti modem.

Saat ini penggunaan modem dipandang tidak praktis dan ribet. Lebih praktisnya yaitu dengan menggunakan smartphone. Menjelajahi dunia maya di komputer atau laptop dengan memanfaatkan hotspot seluler yang ada di smartphone Kamu.

Nah itulah arti penting smartphone bagi kamu anak kosan gaya hidup yang serba pas-pasan bahkan kalau ada yang gratis pasti lebih dipilih.

Untuk memenuhi hal tersebut saat ini banyak smartphone yang diciptakan sesuai dengan perkembangan zaman. Apa yang sedang ngetrend, apa yang dibutuhkan, dan kejadian apa yang terbaru merupakan parameter orang zaman sekarang.

Dengan demikian berlaku bijaklah dalam menggunakan smartphone. 

Like us!

Komentar