Baterai iPhone 7 Matte Black 32GB Meledak Saat Dicharge di Cina

Oleh Aris Wibowo updated Senin, 10 Apr 2017 | 10:04

Para penggemar produk Apple sepertinya harus mulai memperhatikan baterai perangkat miliknya. Setelah beberapa penggemar laptop MacBook Pro terbaru mengalami boros baterai, kini giliran penggemar iPhone 7 harus waspada.

Pasalnya baru-baru ini sebuah perangkat iPhone 7 varian Matte Black 32GB meledak dan terbakar saat sedang diisi daya di meja samping tempat tidur. Perangkat milik wanita bernama Yin yang tinggal di Cina Timur, Suqian City, ini pun hancur seketika. Hal ini kembali mengingatkan kita akan kasus meledaknya Samsung Galaxy Note 7 tahun 2016 lalu. Kasus ini bahkan cukup fenomenal dan membuat Samsung harus menarik produk premium ini dari pasaran.

Yin sang pemilik iPhone 7 mengatakan bahwa saat itu baterai iPhone 7 dalam kondisi hampir habis. Alhasil, ia segera mengisi daya baterai smartphone iOS itu diatas meja dan meninggalkannya untuk berjalan-jalan sejenak keluar ruamh. Ketika ia kembali, Yin mendengar adanya ledakan dan melihat iPhone 7 matte black 32GB miliknya telah gosong.

Yin segera membawa ponsel iOS miliknya ke toko Apple Store terdekat untuk mendapatkan kepastian. Dalam hasil penyelidikan, pegawai Apple yang memeriksa iPhone 7 milik Yin mendapati kondisi layar yang menghitam. Hal ini mengindikasikan adanya ledakkan dari dalam, yang kemungkinan besar dari baterai. Sayangnya belum jelas mengapa baterai dalam iPhone ini bisa meledak. Pasalnya, Apple menggunakan charger dan kabel orisinal Apple. Namun, yang perlu dicatat, ledakan terjadi saat ponsel masih dalam keadaan di isi daya.

Ledakan iPhone 7 milik Yin ini kian menambah daftar panjang produk iPhone yang meledak beberapa tahun terakhir ini.

Sebelumnya dalam sebuah video yang diunggah di Twitter oleh pengguna akun Bree akhir Februari lalu, tampak jelas sebuah iPhone 7 plus yang mulai terbakar. Tampak dalam video bagian belakang iPhone 7 Plus sedikit terbuka dan mengeluarkan asap. Bahkan dalam laporan foto terbaru, tampak jelas beberapa bagian bodi iPhone terbaru ini meleleh akibat insiden ini.

Sebelumnya, sehari sebelum meledak, pemilik iPhone yang terbakar membawa smartphone ke salah satu service center tempat ia membeli iPhone pada Januari lalu. Pasalnya, smartphone premium ini tidak mau menyala setelah di isi daya. Pegawai toko pun melakukan pengecekan karena iPhone tidak mau menyala. Dalam hasil pengecekan, ternyata tidak ditemukan hal aneh, dan iPhone bisa menyala kembali.

Keesokan paginya, pacar dari pemilik iPhone 7 Plus ini mencabut ponsel dari charger resmi Apple. Ia pun menaruh smartphone ke atas meja, sebelum ia masuk ke kamar mandi. Namun, dari celah pintu kamar mandi, tampak iPhone tersebut mulai mengeluarkan asap. Ia pun langsung membawa smartphone ke dalam kamar mandi dan benar saja beberapa detik kemudian, iPhone 7 Plus meledak.

Nama Harga di Pasaran
Apple iPhone 7 32GB Rp 3.450.000
Apple iPhone 7 128GB Rp 3.699.000
Apple iPhone 7 256GB Rp 4.005.000
Apple iPhone 7 Plus 32GB Rp 4.800.000
Apple iPhone 7 Plus 128GB Rp 4.299.000
Apple iPhone 7 Plus 256GB Rp 5.849.000

Baca juga artikel:
Usai Kasus Hape Meledak, Muncul Masalah Garis Pink Pada Layar Samsung Galaxy S7 Edge
Awal 2017, Xiaomi Redmi Note 4 Meledak di Saku Celana
Sebuah Apple iPhone 6s Meledak setelah Diisi Daya Baterai

Artikel Lainnya

Komentar