Sering Hilang AirPods? Update ke iOS 10.3.1 dan Gunakan Fitur Find My AirPods

Oleh Aris Wibowo updated Kamis, 6 Apr 2017 | 15:12

Image via MacRumors

Beberapa waktu lalu, Apple telah merilis update sistem operasi terbarunya, yakni iOS 10.3. Update ini menghadirkan sejumlah fitur dan pembaharuan baru yang cukup banyak untuk iOS 10. Apple fokus untuk memudahkan penggunaan Airpods pada perangkat iPhone dan iPad.

Sayangnya, update yang digadang-gadang memberikan performa lebih baik ini juga memiliki beberapa bug yang cukup mengganggu. Salah satu bug kecil yang menggangu ialah terganggunya sistem iCloud.

Apple sendiri telah mengetahui permasalah ini dan mengirim email resmi ke beberapa pengguna. Dalam isi email tersebut, Apple menerangkan, bahwa pihaknya telah menemukan adanya bug dalam iOS 10.3 yang mengenai beberapa pengguna iCloud. Bug ini membuat beberapa pengguna dan perangkat iOS tidak bisa mengakses iCloud sama sekali. Sayangnya belum ada penjelasan sejauh mana bug ini menyebar di pengguna iPhone dan iPad. Walaupun demikian, Apple mengklaim hal ini bukanlah masalah yang besar.

Bila kamu merupakan pengguna iOS yang sering melakukan backup foto dan file dalam iCloud. Maka kamu wajib melakukan settings pada layanan iCloud agar iCloud tetap bisa diakses. Yang pasti, bug ini hanya menginfeksi smartphone iOS yang menggunakan iOS 10.3. Menariknya, beberapa hari lalu, Apple juga sudah merilis update baru yakni iOS 10.3.1.

Update iOS 10.3.1 ini sudah bisa diunduh secara OTA dan hanya berkisar 30MB saja. Kabarnya, bug iCloud ini tidak akan menghinggapi iOS 10.3.1 ini.

iOS 10.3 sendiri sudah dikembangkan sejak beberapa bulan lalu dan mulai diujicoba pada 24 Januari lalu. Apple menghadirkan sejumlah fitur baru yang cukup penting. Salah satunya, untuk pengguna Apple AirPods kini bisa menggunakan fitur Find My AirPods untuk mencari aksesoris Apple ini dengan lebih mudah.

Seperti yang diketahui earphone baru Apple ini memang menarik minat banyak pengguna iPhone maupun iPad. Sayang, bentuknya yang mungil dan berteknologi wireless membuat benda kecil ini terkadang sulit ditemukan.

Tidak hanya itu, Apple juga memperkenalkan Apple File System yang akan mengoptimalkan memori penyimpanan hingga peningkatan sistem keamanan. Dan yang terpenting, update iOS terbaru ini diklaim lebih effisien dalam hal konsumsi daya baterai.

Apple juga membenahi bagian  Siri agar lebih pintar dengan peningkatan dan pengembangan SiriKit, pembayaran terintegrasi, jadwal perjalanan hingga pengecekan lainnya menggunakan perintah suara. Pengguna Siri juga bisa mendapat hasil pertandingan olahraga dengan lebih jelas dan akurat. Selain itu, iOS terbaru juga hadir dengan sejumlah tweaks yang membuat animasi hingga Apple ID yang lebih baik dan perubahan minor lainnya.

Baca juga artikel:
Apple Rilis Update iOS 10.3 dan WatchOS 3.2, Apa Saja Fitur Barunya?
Apple Rilis iPad 9,7 Terbaru, Harganya Paling Murah di Tahun 2017 Ini
5 Tips Mempersiapkan iPhone dan iPad Untuk Update iOS 10

Artikel Lainnya

Komentar

Halaman Terkait