Benarkah Update Terakhir Android Nougat 7.1.2 Sudah Disebar Ke Tablet Pixel C?

Oleh Aris Wibowo updated Selasa, 4 Apr 2017 | 11:16

Kabar menarik disuguhkan Google beberapa hari ini. Menurut sebuah gambar di jagat maya, tablet Android Pixel C sudah mendapatkan update terbaru dan mungkin terakhir dari Android Nougat.

Dalam bocoran tersebut, tampak sebuah tablet Google yang sudah dioperasikan menggunakan Android Nougat versi 7.1.2. Ini tentu menarik karena Google telah mengumumkan pula sistem operasi terbaru bernama Android O atau yang kemungkinan disebut sebagai Android Oreo Sandwich Cookie. Dalam update Android 7.1.2 yang sudah disebar via OTA ke beberapa perangkat, Google membenamkan sejumlah fitur baru yang menarik. Salah satu fitur tersebut ialah fingerprint gesture Nexus 6p dan Nexus 5x. Gesture ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol notifikasi dengan menswipe bagian fingerprint scanner.

Dalam versi Beta Android 7.1.2, Google juga memudahkan pengguna untuk melihat daftar aplikasi apa saja yang memakan energi terlalu banyak sehingga baterai ponsel boros. Update sistem Android Nougat ini juga memungkinkan pengguna mengatur live wallpaper ke Home Screen hingga ke Lock Screen. Launcer Pixel terbaru juga sudah bisa digunakan pada tablet Pixel C. Tidak hanya itu, user interface multitasking baru juga memudahkan pengguna melihat banyak aplikasi yang terbuka dengan mudah.

Hingga saat ini memang belum ada keterangan resmi mengenai kapan sistem update Nougat ini dirilis secara resmi dan global. Apalagi dalam gambar bocoran tersebut tidak ada nama Android 7.1.2. Namun, dalam update terbaru Google Pixel C ini cukup besar yakni 340 MB sehingga jelas update ini membawa banyak perubahan. Spekulasi terkini menyebutkan bahwa update Android 7.1.2 ini baru akan dirilis pada 3 April waktu Amerika ke perangkat Pixel dan Nexus. Sayangnya untuk Nexus 6 dan nexus 9 sudah tidak bisa merasakan update terbaru ini.

Sebelumnya, akhir tahun 2016, Google telah merilis update Android 7.1.1. Dalam keterangan resmi Google, “Perangkat Nexus 6, Nexus 5x, Nexus 6p, Nexus 9, Google Pixel, Google Pixel XL, Nexus Player, Pixel C dan Android One akan mendapatkan update Over The Air (OTA) perangkat lunak untuk Android 7.1.1 Nougat. Perangkat yang terdaftar dalam program Beta Android Juga akan menerima update ini.

Google sendiri telah menambahkan beberapa fitur baru yang membedakan dengan Android 7.0. Dalam update ini terdapat fitur untuk fitur image keyboard, memungkinkan pengguna menemukan dan mengirimkan gambar dan GIF lebih cepat tanpa meninggalkan aplikasi pesan. Google menyebut fitur ini bisa digunakan pada Hangouts, Allo dan aplikasi messaging bawaan.

Dalam update Android 7.1.1 ini Google juga membekali lebh banyak emoji baru, berisi lebih banyak pilihan untuk perempuan. Update  ini juga dibekali dengan kemampuan menampilkan shortcut aplikasi yang meluncur di perangkat, memungkinkan shortcut sub menu muncul jika pengguna menekan ikon aplikasi selama beberapa saat. Pengguna Android Nougat juga bisa mengirim pesan ke kontak tertentu atau menavigasikannya ke lokasi tertentu, dengan memanfaatkan shortcut tersebut. Fitur ini memang sempat disebut mirip dengan fitur shortcut Force Touch yang ada pada ponsel Apple.

Berikut ini daftar fitur dalam Android Nougat 7.0 ini

  • Android Nougat memungkinkan pengguna menjalankan sebuah aplikasi tanpa harus menginstal aplikasi tersebut dalam perangkat. Fitur ini juga akan bisa digunakan pada perangkat Jelly Bean dan dibawahnya. Selain itu, fitur multitasking terbaru memungkinkan pengguna membuka dua aplikasi secara bersamaan.
  • Google menghadirkan sistem keamanan yang baru. Android Nougat hadir dengan spesifik enkripsi yang lebih baik.
  • Google juga menghadirkan fitur baru split screen yang memudahkan pengguna untuk berpindah aplikasi dengan mudah. Fitur ini memang tidak sepenuhnya baru karena beberapa produsen seperti Samsung sudah menghadirkan fitur ini.
  • Dengan fitur baru Google Android Nougat ini, pengguna kini dapat langsung membalas pesan dari notifikasi. Selain itu, juga terdapat ‘bundled notification’ yang akan mengelompokkan notifikasi dari aplikasi yang sama. Notifikasi untuk Android wear pun kian sempurna.
  • Shortcuts dalam launcher juga memudahkan pengguna untuk membuat shortcuts custom berbagai aplikasi.
  • Google juga menjanjikan baterai yang lebih hemat dan performa grafis yang lebih baik dalam Android Nougat. Akan ada pilihan untuk mengatur kualitas gambar dan video.
  • Fitur baru Android yang dikembangkan Google lainnya ialah fitur night mode. Dengan fitur ini, secara otomatis layar akan menjadi redup ketika malam. Night mode dapat berguna bagi kesehatan mata pengguna dan membuat baterai lebih hemat.
  • Android Nougat akan support Emoji Unicode 0. Emoji akan nampak lebih baik dan mirip wajah manusia dengan berbagai pilihan warna kulit.
  • Fitur baru Android Nougat lainnya ialah fitur Virtual Reality. Dengan fitur ini, pengguna bisa menjalankan teknologi VR dalam smartphone.
Baca juga artikel:
Google Assistant Resmi Hadir Untuk Android Marshmallow dan Nougat
Cara Update Android Nougat di ASUS Zenfone 3 dan Fitur yang Dibawanya
Android O, OS Terbaru Google! Apa saja Fitur Terbarunya?

Artikel Lainnya

Komentar