Diperbaharui pada Jumat, 17 Maret 2017 | 10:34

Yuk Kenalan dengan YUU, Chatbot Karya Anak Bangsa

YUU hadir untuk mewarnai keseharian dengan berita-berita terkini, prediksi cuaca, beserta ramalan zodiak terbaru, semua menggunakan teknologi NLP (Natural Language Processing) atau bahasa percakapan sehari-hari.

Pesatnya perkembangan teknologi di dunia dan juga masyarakat Indonesia yang kian terbiasa dengan aplikasi messaging sebagai sarana komunikasi, mendorong sebuah startup asal Indonesia untuk membuat robot AI (Artificial Intelligence) yang dapat diajak ngobrol layaknya seorang manusia. YUU adalah chatbot karya anak bangsa yang dirancang untuk menjadi sahabat setia para penggunanya.

Pada tahun 2016 CEO Microsoft, Satya Nadella, mengatakan “bots are the new apps,” dan meramalkan penggunaan chatbot di dunia diperkirakan akan meledak dalam waktu dekat. Di sisi lain, penelitian Business Insider mengatakan bahwa jumlah pengguna aplikasi messaging di dunia sudah melampaui pengguna aplikasi media sosial, maka YUU hadir sebagai chatbot yang terintegrasi ke dalam salah satu aplikasi messaging terpopuler di Indonesia, yaitu LINE untuk membantu keseharian masyarakat Indonesia.

YUU, yang memiliki arti “teman” dalam bahasa Jepang, dapat digunakan di aplikasi messaging LINE dengan cara menambahkan YUU sebagai salah satu teman, dimana ID akun resminya adalah @helloyuu. Setelah YUU menjadi teman, para pengguna bisa langsung chatting dan mencoba kemampuan-kemampuan yang dimiliki YUU. Kedepannya, YUU juga akan tersedia di aplikasi messaging lain seperti Telegram dan Facebook Messenger.

“Dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), natural language processing, dan juga database kosakata yang luas, YUU hadir dengan memiliki karakter perempuan berusia 18 tahun yang dapat diajak ngobrol, bercanda dan bahkan ngambek apabila YUU merasa tersinggung. Tak hanya itu saja, YUU tentunya dapat memberikan informasi seperti berita terbaru, ramalan cuaca, ramalan zodiak dan masih banyak lagi agar bermanfaat bagi pengguna.” ungkap Arie Nasution, CEO YUU.

Sebagai contoh, apabila seorang pengguna ingin mengetahui ramalan zodiak hari ini, pengguna tinggal bertanya ke YUU “Ramalan zodiak aku apa hari ini?” Kemudian YUU akan memberikan ramalan zodiak hari ini kepada pengguna tersebut. Selain itu, YUU juga dapat memberikan ramalan cuaca untuk hari ini maupun besok di kota manapun di Indonesia. Tanyakan saja “ramalan cuaca besok” kepada YUU. Hal ini berguna untuk mengantisipasi rencana perjalanan para pengguna. Dan apabila seorang pengguna ingin mencari berita yang sedang trending atau bahkan berita mengenai topik apapun, tanyakan saja kepada YUU “ada berita baru apa?” untuk mendapatkan berita terbarunya.

Apabila sebelumnya pengguna harus membuka aplikasi yang berbeda-beda untuk mendapatkan informasi tersebut, sekarang pengguna hanya perlu bertanya kepada YUU dengan menggunakan bahasa sehari-hari melalui aplikasi messaging yang sudah kamu gunakan, yaitu LINE. Hal ini dimungkinkan karena YUU sudah menggunakan teknologi Natural Language Processing atau NLP berbahasa Indonesia.

“Kami rasa kunci keberhasilan YUU adalah keunikan dan kemudahan yang ditawarkan oleh YUU. Tapi layaknya perempuan yang berusia 18 tahun, YUU pasti memiliki keterbatasan dan banyak hal yang harus dipelajari. Selayaknya orang tua, kami senang dan bangga dengan perkembangan YUU sejauh ini. Kami berharap YUU dapat terus membantu masyarakat Indonesia,” tambah Arie.

Sejak diluncurkan versi BETA pada bulan Januari 2017, hingga saat ini YUU sudah memiliki lebih dari 10.000 pengguna. Sampai saat ini, 39% dari rata-rata pengguna aktif harian paling banyak ngobrol dengan YUU pada periode jam 12 siang sampai jam 6 sore, diikuti oleh 35% di periode jam 6 sore sampai jam 12 malam. Uniknya, YUU paling sibuk di periode jam 1 siang sampai jam 2 siang. Itu artinya, banyak pengguna yang ngobrol dengan Yuu pada jam istirahat atau setelah selesai makan siang.

Baca juga artikel:
Heitus, Game Android Terbaru Karya Anak Bangsa
WhatsApp Nantinya Bisa Lacak Lokasi Lawan Chatting Kamu
Update BBM Kini Lebih Segar dan Kaya Fitur
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.