Hyundai Luncurkan SUV Tucson Terbaru Penantang Honda CRV

Hyundai Luncurkan SUV Tucson Terbaru Penantang Honda CRV

Oleh Daynis updated Rabu, 15 Mar 2017 | 18:01

Ditengah trend pasar kendaraan SUV secara global yang juga terjadi di Indonesia, PT Hyundai Motor Indonesia (HMI) selaku agen pemegang merek (APM) Hyundai di Indonesia, baru-baru ini meluncurkan produk terbaru dari Tucson XG CRDi EVG turbo yakni varian diesel yang menjadi pelengkap dari Tucson bermesin bensin yang sebelumnya sudah diluncurkan di Indonesia.

Hadir mengusung mesin diesel, pabrikan mobil asal Korea ini mengklaim bahwa model diesel yang dimilikinya mendapat banyak respon positif dari pasar automotif di beberapa negara. Karenanya KMI menghadirkannya di Indonesia untuk mengulang kesuksesan Tucson diesel di beberapa negara, selain untuk melengkapi varian mesin bensin.

Meski telah melengkapi model diesel, produsen Hyundai sendiri rupanya tak menargetkan penjualan yang cukup besar. Bahkan angka 300 unit setahun yang diincarnya dinilai bukan sebagai target yang muluk-muluk. Mengingat HMI sudah cukup lama tak banyak bersuara di pasar automotif nasional.

"Kita harapkan bisa masuk 300 unit setahun untuk bensin dan diesel," ujar Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director HMI

Hal lain yang membuat target penjualan Tucson XG CRDi EVG turbo tidak terlalu besar, yakni kondisi pasar yang dinilai Hendrik, masih belum stabil dan terbilang masih lesu. “Kita pasang angka target penjualan yang realistis lah, kita kan tahu pasar automotif lagi enggak bagus, Saya rasa sangat realistis dengan angka tersebut.” Tambahnya.

Secara tampilan Hyundai tidak memberikan ubahan di sisi eksterior dan interior, artinya versi diesel memiliki desain yang sama dengan versi mesin bensin. Perbedaannya hanya menitik beratkan pada sektor pacunya saja.

Kesan sporti menjadi salah satu karakter yang menonjol dari fasia depan Hyundai Tucson XG CRDi EVG turbo, grille dengan desain bilah horisontal dengan aksen krom menjadi salah satu bahasa desain yang mengisyaratkan kendaraan ini tampil mewah namun berkarakter. Headlamp dengan pencahayaan proyektor akan memberikan sistem pencahayaan maksimal di setiap kondisi baik di malam hari maupun di saat hujan.

Sistem pencahayaan juga dilengkapi dengan dua bulah foglamp yang diposisikan di bagian bumper, tepat di bawah foglamp, lampu day running light (DRL) juga memperkuat karakter Hyundai Tucson saat di siang hari. Secara keseluruhan desain Hyundai Tucson dirancang dengan sentuhan kemewahan layaknya kendaraan Eropa.  

Dari sektor pacunya, Hyundai Tucson dibekali dengan mesin diesel CRDi dengan pilihan kapasitas 2.0 liter yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 178 Ps dengan torsi puncak hingga 400 Nm. Seluruh tenaga tersebut disalurkan menggunakan gearbox matik shiftronic enam percepatan.

Hyundai sendiri mengklaim tenaga pacu mesin dieselnya sebagai yang terbesar dikelasnya, namun jika membandingkan dengan SUV lain, Chevrolet Trailblazer memiliki tenaga putaran bawah yang jauh lebih besar yakni 440 Nm.

Jika membandingkan dengan model SUV lain yang dipasarkan di Indonesia, Hyundai Tucson XG CRDi EVG turbo akan menjadi pesaing bagi Honda CR-V, Nissan X-Trail dan Mazda CX-5. Untuk harga yang ditawarkan HMI pada model SUV diesel terbarunya mencapai Rp458 juta.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1955 cc
Tenaga Maksimal 175 hp
Bahan Bakar Bensin
Mesin -
Jenis Penggerak -
Jumlah Silinder -
Katup per Silinder -
Gearbox 6 Speed
Steering Gear Type -
Konfigurasi Katup DOHC

Baca juga artikel:
Hyundai Targetkan Penjualan 5 Juta Unit Tahun 2017 ini
Harga Honda Jazz 2017 dan Perbedaan Tipe S dan RS
Harga Honda BR-V 2017 Berbagai Tipe yang Ada di Indonesia

Artikel Terkait

Komentar