Diperbaharui pada Sabtu, 7 Januari 2023 | 11:51

Harga Daihatsu Terios 2023 dari Semua Varian

Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen tunggal pemegang merek Daihatsu di Indonesia mengandalkan sport utility vehicle (SUV) Daihatsu Terios untuk memuaskan dahaga pelanggan Daihatsu yang menginginkan mobil yang mampu melibas segala medan. 

Mobil ini menawarkan desain yang sporty, kabin yang luas dan modern lengkap dengan segudang fitur-fitur canggih. Termasuk interior Daihatsu Terios yang menawarkan beberapa perubahan. Model terbaru juga menawarkan performa mesin yang ganas dan siap menemani ke manapun yang Anda suka. Semua perubahan tersebut tentu mempengaruhi harga Daihatsu Terios.

Daihatsu Terios memiliki segudang fitur yang akan membuat 7 penumpang yang berada di dalamnya merasa nyaman dan lega. Apa saja saja spesifikasi Daihatsu Terios, berikut ulasannya.

Desain Terios

Dari segi desain, All New Terios tidak memiliki banyak perubahan dari tahun sebelumnya dan memiliki desain yang sama dengan model Toyota Rush terbaru. Secara mereka berada di bawah payung Astra yang sama, desainnya pun juga senada. Selayaknya Rush , model desain Terios bisa dibilang lebih jantan dan lebih macho dibanding seri sebelumnya. Modelnya menyerupai Toyota Fortuner dan kesan awal melihatnya hampir salah menyebut nama mobil.

Yang paling kentara mencolok perbedaannya dengan seri sebelumnya adalah letak ban serep yang sebelumnya berada di pintu bagasi, kini berada di bawah kolong bagasi. Hal ini cukup baik untuk mengurangi beban pada pintu dan mengurangi dimensi mobil sehingga lebih muat masuk ke dalam garasi yang kecil.

Untuk dimensinya sendiri, Terios memiliki panjang 4.435 m, lebar 1.695 m, dan tinggi 1.705 m. Sementara untuk jarak sumbu roda mencapai 2.685 m dengan ground clearing 220 mm.

Fitur Daihatsu Terios

Untuk fiturnya, dari segi keselamatan model terbaru ini memiliki dua air bags yang terdapat di bagian kemudi dan penumpang depan, ABS dan EBD (Electronic Brace Force Distribution), VSC (Vehicle Stability Control), HAS (Hill Start Assist), 7 pasang seat belt, ESS (Emergency Stop Signal), serta fitur immobilizer dan alarm.

Selanjutnya dari segi kenyamanan mobil model terbaru ini menggunakan tilt steering, AC double blower, speedometer dengan MID, AC digital, Tombol Start-Stop (untuk semua tipe R), Kamera All Round View (untuk tipe R deluxe), internal dual tone dengan sentuhan kulit pada stir dan persneling, steering switch, dan audio.

Mesin Daihatsu Terios

Dari segi mesin, mobil ini telah dilengkapi dengan mesin 2NR-VE bersilinder 4, 16 valves, DOHC, dan Dual VVT-i. Kapasitas mesinnya adalah 1.496cc. Dengan mesin tersebut, Daihatsu Terios dapat menghasilkan daya maksimal 102,577 /6.000 HP/Rpm dan torsi maksimum di 13.9/4.200 Kgm/Rpm.

Selanjutnya, untuk transmisi yang tersedia ada matik dan manual dengan 4 penambahan kecepatan untuk matik dan 5 untuk tipe manual. Sementara itu, suspense depan menggunakan MacPherson Strut dengan Coil Spring dan Stabilizer, dan suspense belakang yang dilengkapi dengan 5 Link Lateral Rod dengan Coil Spring dan Stabilizer.

Kekurangan dan Kelebihan Daihatsu Terios

Untuk kelebihannya sendiri, All New Terios memiliki desain baru yang lebih segar dengan varian yang lumayan banyak, harganya yang lebih murah, lalu mesin baru yang lebih canggih, dan AC double power, dimensi besar, serta system multimedia yang cukup lengkap.

Di samping itu, ada juga kelemahan yang dinilai oleh para ahli. Apa saja itu? Mobil Terios ini masih menggunakan ladder frame, yang meskipun tangguh tapi ini tidak berubah dari generasi sebelumnya. Dan terakhir, transmisi otomatisnya masih konvensional 4 percepatan.

Varian Daihatsu Terios

Untuk variannya, Daihatsu Terios terbaru ini terdiri dari X, X Deluxe, R, dan R Deluxe yang masing-masing memiliki versi matik dan manual. Perbedaan dari keempat varian tersebut terletak pada fitur dan desain interiornya. Untuk Terios tipe X, kelengkapannya paling mnim dibanding yang lain. Dari sisi eksterior dapat dicirikan dari penggunaan grille, skid plate, dan velg hitam.

Keempat rodanya berukuran 215/65-R16. Sementara bagian interiornya, dashboard menggunakan kombinasi dua warna. AC sudah digital, multi instrument display (MID), jok masih kain, dan bangku yang terdiri dari tiga baris. Lalu untuk system keselamatannya sendiri All New Terios varian X ini dimulai dari anti-lock braking system (ABS) dan electronic brake distribution (EBD) untuk mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak. Serta dual SRS Airbag.

Selanjutnya untuk Terios tipe R punya perbedaan yang sangat mencolok dari eksterior. Selain tampilan yang elegan dari penggunaan grille dan velg krom, Daihatsu juga menambahkan lampu kabut dengan cover krom untuk penerangan lebih baik. Ukuran rodanya lebih besar dibanding varian X, yaitu 215/60-R17.

Berikutnya, interior juga dibuat dengan berbagai penambahan aksen krom supaya kesan mewah lebih berasa. Lingkar kemudi yang dibalut kulit dan jok dengan kualitas kain yang diklaim lebih baik dari tipe X, serta tersedia penerangan baris kedua dan bagasi.

Yang terakhir, tipe R Deluxe memiliki semua perangkat di varian R. Namun ditambah aero kit bagian depan, side stone guard ornament, dan stiker bertuliskan Deluxe. Perbedaan bagian interiornya, semua pintu mendapat ornament scuff plate atau door sill. Fitur lainnya yang istimewa dari varian tertinggi ini, adanya kamera parkir 360.

Harga Daihatsu Terios

Untuk harganya sendiri memang dinilai lebih murah dari Toyota Rush , namun sesuai dengan fitur yang ditawarkan. Berikut adalah harga OTR dari Daihatsu Terios untuk masing-masing varian :

Varian Harga Spesifikasi
X M/T Rp195.2 Juta 7 kursi, 1,496 cc, 103 hp
X M/T DELUXE Rp205.5 Juta 7 kursi, 1,496 cc, 103 hp
X A/T DELUXE Rp. 215.2 Juta 7 kursi, 1,496 cc, 103 hp
R M/T Rp. 227.9 Juta 7 kursi, 1,496 cc, 103 hp
R A/T Rp. 237.9 Juta 7 kursi, 1,496 cc, 103 hp
R M/T DELUXE Rp. 237.9 Juta 7 kursi, 1,496 cc, 103 hp
R A/T DELUXE Rp. 247.9 Juta 7 kursi, 1,496 cc, 103 hp
Like us!
Imam Ali

Content Writer

1645 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.