BlackBerry KEYone Dirilis Masih Menggunakan QWERTY Lho!

Oleh Aris Wibowo updated Senin, 27 Feb 2017 | 12:11


BlackBerry resmi meluncurkan perangkat Android terbarunya. Tadinya akan diberi nama Mercury, tapi nyatanya smartphone Android ini diluncurkan dengan nama BlackBerry KEYone. 

BlackBerry akhirnya memperkenalkan varian smartphone terbarunya bernama BlackBerry KEYone. Sebelumnya, perangkat yang mengusung spesifikasi berkelas premium ini akan dirilis menggunakan nama Mercury. Namun, Blackberry ternyata menggunakan nama yang berbeda. Nama ini dianggap lebih mewakili produk terbaru BlackBerry.

Apalagi smartphone ini diklaim sebagai ponsel blackberry dengan fitur dan teknologi yang canggih. Walaupun demikian, Blackberry tetap menghadirkan keyboard full QWERTY beserta baterai berkapasitas besar yang bisa digunakan seharian penuh. Selain itu, ponsel terbaru BlackBerry ini juga sudah dibuat oleh TCL Communications dan sistem Android terbaru, Android 7.1 Nougat.

Dari sisi desain, BlackBerry KEYone  hadir dengan desain yang elegan. TCL bahkan menggunakan desain bodi belakang dari material yang cukup lembut. Hal ini membuat smartphone mudah digenggam dan dioperasikan. Smartphone ini hanya setebal 9,4 mm dan berat 180 gram. Beranjak ke bagian layar, Blackberry menggunakan layar berukuran 4,5 inci. Layar ini akan disokong panel IPS 1620 x 1080 pixels.

Menengok bagian dapur pacu, Blackberry KEYone menggunakan chipset kelas menengah yang cukup tangguh. Ponsel Android terbaru ini sudah dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 625. Prosesor ini akan disokong RAM 3GB sehingga memberikan performa mesin yang cukup tangguh. Untuk memori penyimpanan, ponsel Android Nougat ini menggunakan memori internal 32GB dan slot microSD. Terakhir, Blackberry menggunakan kamera 12 MP dengan sensor SONY IMX378 dan kamera depan 8 MP.

Menariknya, BlackBerry KEYone ini dibekali baterai 3505 mAh. Ini menjadi baterai berkapasitas besar yang digunakan pada perangkat berlayar 4,5 inci. Produsen bahkan mengklaim smartphone ini bisa diisi daya 50% selama 36 menit dengan Qualcomm Quick Charge 3.0.

Selain desain dan spesifikasi yang menarik, ternyata Blackberry KEYone dibekali sejumlah fitur unik yang membuatnya berbeda dengan smartphone premium pada umumnya. Lalu, apa saja fitur unik yang hadir pada ponsel BlackBerry KEYone (Mercury) ini?

Keyboard QWERTY Baru

Salah satu perbedaan mendasar antara smartphone Blackberry ini dengan smartphone premium lainnya ialah hadirnya Keyboard fisik QWERTY baru. Keyboard ini mengalami pengembangan cukup serius dibanding keyboard pada seri Blackberry Priv yang dirilis pada 2015 lalu. Keyboard ini diklaim lebih nyaman dan lebih baik digunakan untuk mengetik dengan cepat, Pengguna pun bisa meletakkan smartphone ini dengan nyaman tanpa takut keyboard rusak karena setiap tombol keyboard didesain lebih kokoh.

Touch Gesture dan Swipe Typing

Keyboard pada BlackBerry KEYone tidak hanya menawarkan kenyamanan dalam mengetik. Keyboard ini bahkan bisa digunakan untuk capacitive touchpad. Hal ini memungkinkan pengguna mengontrol berbagai hal dalam interface ponsel. Pengguna cukup menggeser jemari di atas keyboard.

Keyboard ini juga dibekali contextual auto correction, word predictions hingga mesin pintar yang mampu mempelajari kebiasaan pengguna sehingga bisa menghadirkan saran saat mengetik. Blackberry juga sudah menggunakan tombol sensor sidik jari yang terletak di tombol space. Hal ini cukup pintar karena pengguna bisa men-scan jari dengan mudah layaknya men-scan di tombol home.

Sistem Keamanan Tangguh

Blackberry menjadi salah satu produsen yang peduli akan masalah keamanan. Untuk itu, dalam KEYone, Blackberry menghadirkan sistem keamanan baru yang kian tangguh. Seperti yang diketahui smartphone Blackberry terbaru ini menggunakan sistem operasi Android 7.1 Nougat. Sistem ini sudah dibekali sistem keamanan built in yang cukup baik termasuk keamanan akses root. Tidak hanya itu, Blackberry dan Google juga menjalin kerjasama agar nanti setiap bulannya pengguna ponsel Blackberry terbaru ini mendapat update patch keamanan.

Baterai berkapasitas besar

Seperti yang sudah diungkapkan diatas, BlackBerry KEYone hadir dengan baterai berkapasitas 3505 mAh. Ini menjadi kapasitas baterai terbesar yang pernah terpasang di perangkat Blackberry. Smartphone pun sudah dibekali Qualcomm Quick Charge 3.0. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengisi daya 50% dalam waktu 36 menit saja melalyi USB C port. Terdapat juga mode Boost yang memungkinkan smartphone di charge lebih cepak.

Layar Resolusi Tinggi

Blackberry KEYone memang mengusung layar yang tidak terlalu lebar. Layar 4,5 inci memang terlalu kecil untuk ukuran sebuah smartphone premium, apalagi layar ini dibawahnya terdapat Keyboard QWERTY yang membuat layar tampak mungil. Walaupun demikian, layar ini cukup berkualitas. BlackBerry menggunakan panel layar IPS dengan resolusi tinggi 1080 x 1620 pixels. Hal ini membuat pengguna bisa leluasa menikmati gambar atau video dengan lebih detail.

Kabar terakhir, BlackBerry KEYone akan dipasarkan mulai April mendapat dibeberapa negara. Namun, dipastikan harga ponsel Android terbaru ini akan bersaing dengan Apple iPhone atau Samsung Galaxy.

BlackBerry Keyone
Harga termurah

Rp 3,900,000

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 4(1700 / 2100), 5(850), 7(2600), 12(700), 13(700), 20(800), 25(1900), 26(850), 28(700), 29(700), 30(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 4.5 inch
Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
GPU Adreno 506
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 12 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
Kapasitas Baterai 3505 mAh

Baca juga artikel:
Belum Rilis, BlackBerry DTEK60 Sudah Bisa Dipesan
Inilah Bocoran Harga BlackBerry Neon
LG G6 Resmi Diperkenalkan, Layar Mewah dan Bisa Diajak Main Air

Artikel Lainnya

Komentar