Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge Boros Baterai Usai Update Android 7.0 Nougat

Oleh Aris Wibowo updated Senin, 13 Feb 2017 | 11:09

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge menjadi salah satu smartphone premium terbaik saat ini. Kedua hape Samsung itu hadir dengan desain mewah, mesin tangguh dan kamera bagus. Hal ini membuat Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge nyaman digunakan untuk harian maupun multitasking.

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge pun mendapat jatah update sistem operasi ke Android Nougat. Update Android 7.0 Nougat ini pun menghadirkan sejumlah peningkatan termasuk kamera yang kian bagus dan user interface yang kian cepat. Sayangnya, update ini membawa masalah pada bagian baterai yang boros.

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge hadir dengan daya baterai yang cukup baik. Mengusung kapasitas 3600 mAh, smartphone ini bisa bertahan seharian lebih. Namun, dengan update Android 7.0 Nougat, bagaimana daya tahan baterai ponsel premium Samsung ini?

Laman phonearena pun menghadirkan tes baterai untuk mengetahui perubahan setelah update sistem operasi. Sayangnya dalam tes tersebut, tampak jelas Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge mengalami penurunan daya baterai sebanyak 10% dibanding sebelum update sistem. Tes pun sudah dilakukan beberapa kali untuk memastikan hasil yang konsisten. Sayangnya, hasil tetap sama.

Image via PhoneArena.com

Dalam tes tersebut, dua ponsel premium ini diatur kecerahan layarnya ke level 200 nits. Kecerahan layar ini cocok untuk penggunaan dalam ruangan. Ponsel pun dites untuk membuka banyak aplikasi seperti umumnya penggunaan harian. Memang kapasitas baterai ponsel ini tidak terlalu besar, namun cukup andal untuk penggunaan harian dan gaming. Sayangnya, hasil tes ini memang membuat performa baterai menurun.

Samsung Galaxy S7 versi Nougat tampak jelas, ponsel hanya bertahan selama 6 jam saja. Sedangkan saat menggunakan Android Marhsmallow mampu bertahan 6 jam lebih 37 menit. Terdapat perbedaan penurunan performa hingga 9,4%.

Sementara itu, untuk Samsung Galaxy S7 Edge versi Nougat hanya bertahan 6 jam 35 menit. Sedangkan saat menggunakan Android Marhsmallow mampu bertahan 7 jam 10 menit. Terjadi penurunan performa sebesar 8,1%.

Memang update Android 7.0 Nougat menghadirkan fitur yang kian lengkap dan user interface yang cepat saat multitasking. Namun, sayangnya performa baterai ponsel menurun. 

Baca juga artikel:
5 Fitur Kamera Baru Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge Versi Android Nougat
Update Android Nougat Turunkan Resolusi Layar Samsung Galaxy S7
Lensa Samsung Galaxy S7 Tiba-Tiba Pecah Secara Misterius

Artikel Terkait

Komentar