Paling Laris di 2016, Ini Harga Honda Mobilio Terbaru di 2017

Oleh Adam Rizal updated Jumat, 3 Feb 2017 | 03:02 PM

New Honda Mobilio mencatat penjualan total sebanyak 39.482 unit sepanjang tahun 2016 dan menjadi yang terlaris di jajaran mobil Honda. Harga Honda Mobilio pun makin terjangkau sehingga makin diminati konsumen Tanah Air.

PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek Honda di Indonesia sangat jeli melihat pasar dan kebutuhan pelanggan Indonesia yang menyukai mobil multi-purpose vehicle (MPV). Mobil tipe MPV menawarkan ruang kabin yang luas, mesin irit dan ramah kantong sehingga sangat cocok dengan karakter orang Indonesia yang sering bepergian dengan keluarga.

Honda pun mencoba peruntungannya dengan meluncurkan MPV pertamanya di Indonesia yaitu Honda Mobilio pada 2014. Kala itu, hanya ada dua MPV yang menjadi adikuasa yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Hasilnya, Honda Mobilio mendapatkan respon yang luar biasa dari masyarakat Indonesia bahkan menopang penjualan Honda di Indonesia dan menjadi mobil Honda yang paling laris di Indonesia. Varian yang beragam dan harga Honda Mobilio yang terjangkau menjadi alasan tingkat penjualan Honda Mobilio.

Honda pun merakit MPV Honda Mobilio di pabrik kedua Honda di Karawang Indonesia dengan target produksi sebanyak 80 ribu unit pertahun sekaligus menjawab permintaan domestik yang sangat besar. Honda Indonesia telah mempermak wajah New Honda Mobilio baik dari sisi eksterior dan interior serta penambahan beragam fitur terbaru.

Selain itu, New Honda Mobilio mengusung konsep outstanding style, high utility, advanced feature dan value for money. Bahkan, desain New Honda Mobilio yang elegan sukses menyabet penghargaan Best Low MPV of The Year 2015.

Spesifikasi Honda Mobilio 2017

Eksterior Honda Mobilio 2017

Kini New Honda Mobilio memiliki bentuk gril terbaru, kap mesin, head lamp yang sudah berteknologi LED Light Guide sehingga memberikan pencahayaan yang lebih maksimal kepada pengemudi New Honda Mobilio terutama ketika berkendara di malam hari.

Honda masih mempertahankan desain samping New Honda Mobilio dengan garis-garis tegas nan aerodinamis dan kaca spionya sudah bisa terlipat otomatis berkat fitur Power Retractable Door Mirror.

Dari bagian buritan, New Honda Mobilio hadir dengan sentuhan yang minimalis dan Rear License Garnish sehingga terlihat lebih sporty. Belum lagi, dudukan plat nomor yang terletak di antara kedua stop lamp.

Dari luar, bodi New Honda Mobilio terlihat lebih panjang dari kebanyakan MPV lainnya. New Honda Mobilio memiliki panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, dan tinggi 1.603 mm dengan jarak sumbu roda mencapai 2.650 mm.

Honda juga merubah desain pelek New Honda Mobilio dengan dimensi 15 inci terlihat lebih sporty. New Honda Mobilio memiliki ground clearance tinggi yaitu 189 mm dan memiliki radius putar hingga 5,2 m sehingga ketika menghadapi belokan tajam mobil ini masih tetap stabil.

Interior Honda Mobilio 2017

Desain interior New Honda Mobilio tidak mau kalah dengan desain eksteriornya. Kini New Honda Mobilio memiliki desain interior yang lebih mewah dan luas, ruang kabin dengan beberapa pembaruan fitur yang lebih canggih.

Honda pun sudah memasang jok kursi semi-bucket ergonomis dengan bentuk semi bucket yang dapat menopang badan secara proporsional dengan sayap kursi yang tebal sehingga mampu menjaga posisi tubuh pada saat mengemudi.


Ruang leg room di baris ke dua dan ke tiga sangat lapang. Honda pun memasang teknologi One Touch Tumble untuk melipat kursi pada baris kedua hanya dengan satu sentuhan yang akan menambah kenyamanan.

Uniknya, Honda pun merancang jok depan dengan desain terpisah (Separated & Adjustable Headrest) sehingga akan membuat pengemudi dan penumpang depan Honda Mobilio merasa lebih nyaman. Selain itu, bahan material jok pada baris lebih tebal untuk membuat penumpangnya betah berlama-lama di dalam Low MPV.

Mesin Honda Mobilio 2017

Setelah Pricebook mengulas spesifikasi New Honda Mobilio bagian eksterior, interior dan teknologi, kini kita beralilh ke jantung mekanisnya. New Honda Mobilio masih menggunakan mesin 1.5 Liter SOHC 4 Silinder Tunggal Segaris berteknologi i-VTEC+DBW untuk Honda Mobilio ini.

Mesinnya sanggup menyemburkan tenaga hingga 88 Kw pada putaran 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada putaran mesin 4.600 rpm. New Honda Mobilio memiliki dua varian transmisi yaitu transmisi otomatis CVT dan varian 5-Speed bertransmisi manual.

Mobil itu juga telah mengaplikasikan sistem injektor bahan bakar berteknologi PGM-FI yang memaksimalkan proses pembakaran BBM menjadi lebih sempurna.

Selain itu, teknologi Torque Boost Resonator sanggup meningkatkan torsi New Honda Mobilio pada putaran bawah dan power maksimal pada putaran atas tetapi tetap hemat bahan bakar.

Honda pun telah memasang fitur ECO Indicator yang memandu pengemudi untuk berkendara hemat bahan bakar. Terbukti, New Honda Mobilio menghabiskan bahan bakar minyak (BBM) 26,7 km/liter. Cukup irit untuk ukuran MPV.

Sayangnya, Honda Indonesia tidak memiliki keinginan untuk memasukan New Honda Mobilio bermesin diesel ke Indonesia karena akan meningkatkan harga jualnya.

Untuk mendukung stabilitas di jalanan, New Honda Mobilio menggunakan suspensi Mac Pherson Strurt untuk suspensi depan dan H-Shape Torsion Beam untuk suspensi belakangnya. Selain itu, New Honda Mobilio sudah mengusung teknologi ABS plus EBD untuk sistem pengeremannya (untuk tipe Tipe E dan RS) yang mempermudah pengemudi mengontrol laju New Honda Mobilio.

Teknologi dan Fitur di Honda Mobilio 2017

Dashboard New Honda Mobilio mengusung fitur audio visual canggih dengan layar sentuh yang interaktif. Bahkan, pada tipe Honda Mobilio RS pun kini juga dilengkapi New Advanced 6.8 inchi Touchscreen A/V System dengan enam Premium Speakers, New Auto AIC, New Meter Cluster Design, dan desain interior hitam dengan kombinasi jahitan oranye yang lebih sporty.

Untuk memberikan kesan mewah, Honda membuat sistem pengatur suhu pendingin ruangan New Honda Mobilio berbentuk digital seperti mobil premium. Sistem audio itu mempunyai enam speaker premium dengan sistem K2 Technology dan membuat suara di dalam kabin lebih berkarakter berkat jangkauan frekuensi yang lebih luas.

Tak hanya itu, New Honda Mobilio memiliki fitur USB Connection dan Quick Charging (1.5A) yang akan memberikan kemudahan kepada penggunanya yang ingin mencharge smartphone.

Honda pun memasang fitur keselamatan meliputi Dual Front SRS Airbags untuk melindungi penumpang depan dan pengemudi ketika terjadi benturan keras dari depan.
Untuk fitur keamanan lainnya, New Honda Mobilio memiliki seatbelt di masing-masing kursi. Seatbelt itu juga memiliki fitur Pretensioner with Load Limiter untuk mengindari tubuh cedera saat kecelakaan.

Masih fitur keamanan, New Honda Mobilio menawark fitur Wave Key, Keyless Entry (tipe E), Immobilizer, dan Security Alarm (tipe E).

Tak ketinggalan, New Honda Mobilio memiliki kamera parkir yang memudahkan parkir dan adanya tombol pengaturan pada lingkar kemudi (untuk tipe E CVT). Tidak kalah penting, jok New Honda Mobilio memiliki ISOFIX dan Tether yang ditempatkan pada bagian kedua untuk kursi bayi.

New Honda Mobilio menunjang segala kebutuhan hiburan dan multimedia seperti sistem audio single DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA + AUX Input (tipe S), Double DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA + AUX Input + USB Port + Made for iPod dan iPhone khusus untuk Honda Mobilio tipe E. Selain itu ada juga fitur-fitur seperti Power Door Mirror, Power Window, Power Outlet, Green Glass, Footrest, Eco Indicaor, serta AC Double Blower yang kesemuanya tersedia di semua tipe Mobilio.

Perbedaan Tipe Honda Mobilio

Honda Indonesia sadar setiap pelanggan memiliki selera dan kebutuhan yang berbeda-beda. Karena itu, Honda Indonesia menghadirkan New Honda Mobilio dalam empat varian yang berbeda yaitu tipe S M/T, E M/T, E CVT, dan tipe E CVT Prestige.

Mari kita bahas dengan varian yang paling mewah terlebih dahulu yaitu Honda Mobilio Tipe E CVT Prestige (Automatic). Model itu memiliki monitor layar sentuh pada head unit-nya, sensor kamera untuk parkir, garnish dan chrome pada berbagai bagian seperti pada foglamp, desain knalpot mewah dan pelekalloy 15 inci serta semua fitur pada tipe S dan E.

Honda Mobilio Tipe E M/T menawarkan fitur yaitu 2 DIN audio + USB + iPod, RR speakers, fitur sliding pada kursi tengah, AC double blower, sistem sekurity alarm keyless entry, Garnish diberbagai bagian mobil, fog lamp, pelek 15″ Alloy, power door lock, seatback poket dan avnity mirror.

Sedangkan, Honda Mobilio Tipe E CVT (Automatic) menawarkan fitur dan kelengkapan yang sama pada pada tipe E dan penambahan fitur unggulan yaitu transmisi automatic (CVT), chrome di beberapa bagian mobil dan fitur ABS + EBD pada sistem pengereman.

Honda Mobilio Tipe S M/T menawarkan fitur yaitu 1 din audio + USB, 2 speakers, power windows, power door mirror, ACC socket, recline dan tumble pada kursi tengah, AC single blower, keamanan kunci immobilizer, dual SRS Airbag, power steering, titl steering dan seat bealt.

Harga Mobil Honda Mobilio

Nama Harga di Pasaran
Honda Mobilio 2017 S MT belum ada harga
Honda Mobilio 2017 E MT belum ada harga
Honda Mobilio 2017 E CVT belum ada harga
Honda Mobilio 2017 RS MT belum ada harga
Honda Mobilio E CVT belum ada harga
Honda Mobilio E CVT Prestige belum ada harga
Honda Mobilio E MT belum ada harga
Honda Mobilio RS CVT belum ada harga
Honda Mobilio RS MT belum ada harga
Honda Mobilio S MT belum ada harga

Harga Honda Mobilio yang bersahabat menjadi salah satu alasan mobil ini laris manis di pasar Tanah air. Dari data yang kami miliki, harga Honda Mobilio murah jatuh pada Mobilio tipe s 1.5 MT yang harganya dibanderol kisaran Rp183 jutaan. Sedangkan harga Honda Mobilio tertinggi, tahtanya dipegang oleh Mobilio RS CVT dengan harga Rp236 juta. Dengan harga Honda Mobilio yang terjangkau dari berbagai varian yang dimilikinya, diharapkan konsumen dapat lebih bijak untuk memilih mobil sesuai dengan daya beli dan kebutuhannya. 

Penjualan Honda Mobilio

Honda Prospect Motor (HPM) sukses mencetak sejarah dalam penjualan mobilnya di Indonesia dengan menjual sebanyak 199.364 unit pada tahun lalu, naik sebesar 25,18 persen dibanding tahun sebelumnya sebanyak 159.253 unit. Mobil Honda yang paling laris adalah New Honda Mobilio, Honda BR-V, New Honda Brio Satya, Honda HR-V 1.5L dan All New Honda Jazz. Di urutan pertama, New Honda Mobilio mencatat penjualan total sebanyak 39.482 unit sepanjang tahun 2016 dan berhasil meraih penjualan bulanan pada Desember 2016 sebanyak 2.016 unit. Honda Indonesia menargetkan penjualan New Honda Mobilio sebanyak 47.500 unit di tahun 2017 ini.

Baca juga artikel:
New Honda Mobilio 2017 Terbaru dengan Harga Rp189 Juta
Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda HR-V Paling Laris di 2016
Mau Beli Mobil Honda? Kenali Tipe dan Harga Mobil Honda Terbaru 2017

Artikel Lainnya

Komentar