Diperbaharui pada Rabu, 18 Januari 2017 | 10:14

Hape Moto G5 dan G5 Plus Dirilis 26 Februari? Berikut Gambaran Spesifikasinya

Baru-baru ini, Lenovo telah mengirimkan undangan untuk sebuah event pada tanggal 26 Februari mendatang. Meski tidak menginformasikan perangkat apa yang akan diperkenalkan, namun penggunaan tagline "hellomoto" sedikit membuka bocoran bahwa Lenovo akan merilis Moto seri baru, yang diperkirakan hape Moto G5 dan Moto G5 Plus.

Hal ini memiliki alasan yang cukup kuat, karena belum lama ini ada kebocoran gambar dari hape Moto G5 Plus. Dimana telah mengungkap Moto G5 Plus yang akan menggunakan desain metal unibody, sehingga menjadi yang pertama untuk hape Moto G series. Perangkat ini juga menempatkan tombol home fisik, yang kabarnya juga mengintegrasikan sensor sidik jari di bawahnya.

Image via Pocket-lint.com

Diluar itu memang belum ada banyak informasi lebih lanjut mengenai fitur dari Moto G5 saat ini. Meskipun belum ada kepastian sampai saat peluncurannya, namun berikut sedikit gambaran mengenai kedua hape Moto anyar ini

Desain

Berdasarkan beberapa kebocaran gambar di dunia maya, hape Moto G5 dan Moto G5 Plus nampaknya tidak memiliki kontak pin sperti Moto Z series. Sehingga keduanya tidak akan mendukung fitur Moto Mods, yaitu sebuah perangkat aksesori dan cover yang akan menempel pada bagian belakang hape secara magnetik untuk menambahkan fitur khusus dan fungsi.

Dalam kebocoran foto yang muncul menunjukkan bahwa hape Moto G5 dan Moto G5 Plus  dibuat menggunakan material logam. Hanya saja tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai panel bagian belakang, apakah terbuat plastik atau bukan. Yang jelas terbingkai dalam list metal dengan penggunaan warna yang sama.

Display

Di generasi sebelumnya yaitu Moto G4 hadir dengan layar berukuran 5.5 inci yang beresolusi FullHD 1080 piksel. Dan berdasarkan penyataan Lenovo yang sebelumnya mengatakan bahwa mereka tidak akan membuat perangkat yang lebih kecil dari 5,5 inci. Jadi ukuran layar ini cukup masuk akal. Dalam prototipe yang terdaftar sebagai hape Moto G5 Plus diklaim memiliki layar 5,5 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel serta kerapatan piksel 401ppi. Bahkan ada juga yang menyebut bahwa generasi kelima dari Moto G series akan hadir dengan layar berukuran 5,7 inci dengan resolusi 1200 piksel.

Layar di kedua hape Moto G series ini juga nampaknya akan diproteksi oleh panel Corning Gorilla Glass 4. Tampilannya terlihat datar sehingga kemungkinan tidak hadir dengan layar 2.5D kaca atau dengan tepi yang melengkung.

Fitur

Rumor yang bereda menyebut jika kedua hape ini turut menanam teknologi pemindai sidik jari yang ada di bagian depan. Ada juga soket headphone 3.5mm, serta menggunakan micro USB sebagai port pengisian baterai dan transfer data. Jika benar demikian tentu saja sangat disayangkan, karena teknologi ini sudah mulai bergerak ke penggunaan USB Type-C yang menawarkan proses yang lebih cepat, baik untuk mengisi ulang baterai maupun transfer data.

Di generasi terbaru ini, hape Moto G series memang masih berjalan dengan OS Android 6.0 Marshmallow yang masih menjadi OS terbaru. Meski demikian, tetap dijanjikan dengan proses pembaharuan ke Android versi yang terbaru dalam OS Android N, O dan P.

Kamera

Di sektor imaging, kamera dari hape Moto G5 akan menggunakan teknologi Dual Image Signal Processor yang dapat mengambil foto dalam resolusi 16 megapiksel. Kecepatannya mencapai 30fps yang menawarkan menangkap gambar lebih cepat. Sedangkan rumor lain menyebutkan bahwa kamera belakang pada hape Moto G5 Plus juga akan dilengkapi dengan kapasitas resolusi 16 megapiksel lengkap bersama fitur-fitur seperti aperture f/2.0, autofocus, dual-LED flash dan kamera depan 5 megapiksel dengan aperture f/2.2 dan auto-HDR.

Audio

Penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon di hape Moto G5 Plus akan menawarkan beragam kelebihan. Sebut saja seperti penggunaan teknologi Fluence yang akan memberikan audio yang jernih kepada pengguna. Tidak hanya itu, ada juga teknologi Noise Cancellation dan efek Echo Cancellation serta output suara 5.1 dengan Dolby Digital dan teknologi DTS. Qualcomm juga menawarkan kualitas panggilan suara berkualitas Crystal clear. Dengan demikian, panggilan suara dan output audio dari Moto G generasi kelima ini diklaim lebih baik dibanding hape Moto G generasi sebelumnya, termasuk Moto G4 dan Moto G4 Plus

Performa

Bicara kinerja, kabarnya hape Moto G5 Plus akan diotaki oleh chipset Qualcomm Snapdragon 625 yang berkombinasi dengan pengolah grafis Adreno 506. Chipset ini juga akan didukung oleh kapasitas memori RAM sebesar 3GB atau 4GB. Versi yang ditawarkan juga memiliki ruang penyimpanan internal sebesar 16GB atau 32GB, serta sudah mendukung kartu microSD. Hanya saja, belum ada informasi lebih lanjut mengenai prosesor yang akan ditanam pada hape Moto G5, yang pasti sedikit lebih rendah dari versi Moto G5 Plus.

Untuk kemampuan baterai, hape Moto G5 Plus kabarnya akan dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3080mAh yang tidak dapat dilepas pasang. Untuk pengisian ulang baterai, Moto G5 Plus sudah menggunakan teknologi Quick Charge 3.0 yang dapat mengisi baterai hingga 80% hanya dalam waktu 30 - 40 menit saja.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5 inch
Detail Prosesor MSM8937 Snapdragon 430
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.4 GHz
GPU Adreno 505
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai 2800 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Smartphone RAM 4GB Lenovo Moto M Cuma Dihargai Rp 3 Jutaan
Review Moto E3 Power: Punya Baterai yang Tahan Seharian
Motorola Moto E3 Power Siap Dirilis, Bukti Kembalinya Motorola di Indonesia
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2434 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.