Diperbaharui pada Senin, 16 Januari 2017 | 09:45

Honda Odyssey 2018, MPV Mewah Pertama dengan Transmisi 10-Speed

Oleh Adam Rizal

Pabrikan mobil Honda memamerkan multi purpose vehicle (MPV) Honda Odyssey 2018 generasi kelima dalam ajang Detroit Auto Show 2017. Keunikannya adalah, Honda Odyssey 2018 menawarkan sistem transmisi otomatis 10-Speed dan menjadi satu-satunya MPV di pasar yang menawarkan transmisi tersebut.

Honda Odyssey 2018 mengusung mesin enam silinder berkapasitas 3.5L i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga 280 hp dengan tenaga 32 hp lebih besar dari versi sebelumnya. Honda menghadirkan MPV Odyssey 2018 ke dalam dua pilihan transmisi yaitu sembilan percepatan otomatis dan versi teratas sudah menggunakan transmisi 10 percepatan.

"Debut global All New Odyssey versi AS menandai produksi kumulatif ke-100 juta unit sejak 1963. Lebih dari 65 persen mobil Honda di dunia terjual di AS," ujar President dan CEO Honda Motor Co.Ltd. Takahiro Hachigo seperti dikutip Motor1.

Desain eksterior Honda Odyssey 2018 tidak jauh berbeda dengan model yang saat ini tetapi Honda memberikan sentuhan mewah melalui LED pada bagian depan dan belakang.

Lampu utama Honda Odyssey 2018 dibuat menyatu dengan gril depan. Lampu depannya menggunakan LED lengkap dengan daytime running lights (DRL) LED. Bumper depan terintegrasi dengan lampu kabut bertingkat.

Desain Fascia depan Odyssey 2018 mengadopsi desain Honda terbaru yang tampil modern. Identitas baru dapat terlihat dari desain sayap yang membentang dari gril dan menyatu dengan headlamp LED.

Honda memasang teknologi Active Shutter Grille yang akan membuka dan menutup bilah gril untuk memperlancar aliran udara dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Sementara di belakang, lagi-lagi buritan juga terinspirasi Mobilio dengan rearlamp LED dan terdapat fitur power tailgate yang diaktifkan dengan kaki.

Masuk ke sektor interior, Anda akan melihat lapisan material berbahan lembut yang terletak pada dasbor dan door trim serta monitor layar sentuh berdimensi 8 inci beresolusi tinggi.

Sistem audio layar sentuhnya sudah kompatibel dengan aplikasi Apple CarPlay dan Android Auto untuk pertama kalinya. Dengan fitur tersebut, Anda bisa men-download data melalui jaringan 4G LTE, Wi-Fi, atau USB.

Honda juga memasang layar 10,2 inci dibangku penumpang sebagai sarana hiburan. Honda pun memasang fitur CabinWatch dan CabinTalk yang membuat pengendara tetap bisa berkomunikasi dengan penumpang menggunakan kamera serta speaker.

Hebatnya, jok baris pertama dan kedua dibalut dengan kulit anti noda. Honda pun memasang sistem konfigurasi ruang kabin dengan fitur "magic slide" yang mempu mengatur tingkat kelapangan dengan empat mode yaitu Easy Access Mode, Super Mode, Wide Mode dan Buddy Mode.

Fitur Magic Slide dapat mengoptimalkan kenyamanan penumpang baris kedua dan ketiga. Sistem itu memudahkan konfigurasi kursi baris kedua dan juga akses ke baris ketiga walaupun sedang terpasang kursi anak-anak di baris kedua.

"Di Odyssey teranyar ini, kami meningkatkan lagi pentingnya keluarga dan teman, performa, serta teknologi di segmen minivan," kata Executive Vice Presiden American Honda Motor Corporation seperti dilansir Carscoops.

Dalam ajang itu, Honda juga menampilkan model-model andalan lainnya, seperti All New Honda Civic, All New Honda CR-V, Honda HR-V, All New Honda Pilot, All New Honda Fit, All New Honda Accord, All New Odyssey, Honda Crosstour, serta All New Honda Clarity Fuel Cell. Sementara untuk line up dari merk premium Honda-ACURA, menampilkan ACURA ILX, ACURA TLX, ACURA RLX, ACURA RDX, ACURA MDX, serta ACURA NSX.

"Odyssey terbaru ini menaikkan derajat teknologi, performa dan mobil ramah keluarga di segmen minivan," kata John Mendel, Executive VP of American Honda Motor Co.

Baca juga artikel:
Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda HR-V Paling Laris di 2016
All-New Toyota Camry Lebih Sporty dan Canggih
Toyota Pamerkan Mobil Masa Depan Concept-i Berteknologi AI
Like us!

Komentar