CES 2017 SanDisk Rilis MicroSD dan Flash Drive 256GB Teknologi Tinggi

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 6 Jan 2017 | 11:12

Ajang pameran CES 2017 tidak hanya dimanfaatkan para produsen gadget untuk memperkenalkan produk terbarunya. Ajang tahunan ini juga dimanfaatkan beberapa produsen aksesoris gadget untuk memperkenalkan atau merilis produk terbarunya.

Salah satu produsen aksesoris yang menghadirkan produk-produk terbarunya ialah SanDisk. Produsen memori eksternal ini menghadirkan sejumlah produk penyimpanan data terbaru dengan teknologi baca super cepat. Dua buah produk terbaru yang coba diunggulkan oleh SanDisk ialah MicroSD dan Flash Drive berteknologi premium. Diharapkan kedua aksesoris memori tambahan ini membantu pengguna menyimpan data lebih aman dan lebih cepat terbaca saat dibutuhkan.

SanDisk Ultra MicroSDXCTM UHS-I Card

Seperti yang diketahui salah satu keuntungan perangkat Android dibandingkan oleh iPhone ialah hadirnya support memori eksternal berupa microSD. Produsen dapat memilih untuk menambahkan slot memori tambahan berupa microSD untuk memberikan kapasitas penyimpanan yang lebih banyak. Hal ini sangat membantu untuk smartphone yang memiliki memori internal kecil. Dengan tambahan microSD, pengguna bisa menyimpan file lagu, video, foto dan banyak hal lainnya dengan mudah.

Menariknya pada tahun 2015 lalu, Google merilis sistem Android Marshmallow dengan sistem microSD baru. Dalam Android 6.0, pengguna kini bisa menginstal aplikasi langsung di kartu memori. Tentu hal ini sangat tidak ideal. Pasalnya, kartu microSD memiliki kecepatan baca dan tulis yang kecil. Untungnya di tahun 2017 ini, produsen SanDisk menyadari hal tersebut dengan merilis microSD SanDisk Premium yakni SanDisk Ultra MicroSDXCTM UHS-I Card.

MicroSD terbaru ini merupakan sebuah microSD yang memiliki standar performa A1. Biasanya standar A1 memungkinkan sebuah perangkat memori eksternal untuk memiliki kecepatan baca dan tulis dengan lebih cepat. Menurut keterangan resminya, MicroSD terbaru SanDisk ini memiliki kecepatan memindahkan data 95 MB/s dan kecepatan baca IOPS (Input Output Access per Second) 1500 dan kecepatan tulis IOPS 500. Kecepatan baca tulis yang lebih cepat membuat pengguna bisa membuka dan menjalankan aplikasi dengan lebih halus dan cepat. Bahkan saat pengguna secara bersamaan mengakses file foto, video atau musik secara bersamaan, microSD tidak akan bermasalah.

Mungkin hal diatas merupakan sebuah hal baik untuk pengguna smartphone. Kabar buruknya, microSD SanDisk premium ini tidak akan murah. Pasalnya, microSD ini memiliki kapasitas super besar 256GB yang kemungkinan dihargai 2,7 juta rupiah. Namun, dengan spesifikasi diatas, harga tersebut dirasa cukup memadai.

SanDisk Extreme Pro USB 3.1 Solid State Flash Drive

Selain MicroSD Premium, SanDisk juga menghadirkan Flash Drive baru dengan teknologi baca dan tulis super cepat. Seperti yang diketahui, Flash Drive merupakan aksesoris memori penyimpanan sangat kecil sehingga mudah dibawa dan disimpan. Aksesoris ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan file dari perangkat komputer satu ke perangkat lainnya dengan mudah. Namun, semua tergantung dari type flash Drive serta kecepatan baca dan tulis dari perangkat tersebut.

Menyadari kebutuhan pengguna saat ini, SanDisk mengumumkan perangkat baru Flash Drive dalam ajang CES 2017. Dalam acara tersebut, SanDisk memperkenalkan SanDisk Extreme Pro USB 3.1 Solid State Flash Drive. Menurut perusahaan , ini merupakan flash Drive tercepat dengan kapasitas penyimpanan terbesar yang pernah dibuat selama ini. Tidak hanya itu, SanDisk juga menghadirkan desain bodi yang lebih kompak dan lebih portable.  Perangkat ini menggunakan desain sophisticated dengan bodi metal aluminium dan konektor baru yang diklaim tidak mudah rusak.

SanDisk ingin menghadirkan perangkat yang memiliki performa SSD dan desain ringkas USB dalam flash drive terbaru ini. Hal ini diperlukan mengingat file-file saat ini sudah memiliki kapasitas besar. Sehingga dibutuhkan perangkat yang memiliki kecepatan baca tulis mumpuni untuk memindahkan secara mudah dan cepat.

Seperti yang diungkap diatas, SanDisk tidak hanya menghadirkan desain baru, tetapi juga melakukan peningkatan performa yang cukup tinggi. Perangkat Flash Drive SanDisk ini memiliki kecepatan membaca hingga 420 MB/s dan kecepatan tulis hingga 380 MB/s. Artinya dengan flash drive ini, pengguna bisa memindahkan sebuah film resolusi 4K ke dalam Flash Drive dalam waktu 15 detik saja. Dengan ukuran yang kompak dan kecepatan yang meningkat, Flash Drive ini memiliki kapasitas penyimpanan 256GB. Tentu hal ini membuat Extreme Pro USB 3.1 tidak akan dipasarkan murah.

Untuk sistem keamanan, SanDisk Extreme Pro Solid State akan dibekali pula SanDisk SecureAccess Software yang menawarkan 128 bit file encryption dan password protection. Kabarnya, perangkat memori tambahan ini akan dipasarkan akhir januari dengan harga 2 jutaan. Dengan harga dan spesifikasi tersebut, Flash Drive ini cocok untuk para pengguna professional atau pengguna kantoran yang membutuhkan perangkat memori ekstra berkapasitas besar.

Baca juga artikel:
Tiga Perangkat yang Diperkenalkan Xiaomi di CES 2017
CES 2017, ASUS Zenfone AR Diumumkan dengan RAM 8GB
CES 2017 Chipset Snapdragon 835 Dirilis dengan CPU Octa-Core Hingga GPU Adreno 540

 

Artikel Lainnya

Komentar