Diperbaharui pada Jumat, 6 Januari 2017 | 13:03

CES 2017 Samsung Rilis Notebook Gaming Dan Chromebook Terbaru

Samsung bukanlah produsen yang terkenal akan produk laptopnya. Walaupun demikian, Samsung memiliki jajaran laptop dan notebook dengan spesifikasi unggulan. Dalam ajang CES 2017 kali ini, Samsung mencoba menghadirkan sesuatu yang berbeda dalam varian laptop dan notebooknya. Pasalnya, Samsung merilis Laptop gaming pertamanya, Samsung Odyssey.

Tidak hanya itu, Samsung juga menghadirkan dua buah Chromebook terbaru yakni Chromebook Plus dan ChromeBook Pro. Kedua laptop Samsung terbaru ini hadir dengan dimensi yang sama. Bedanya, laptop ini mengusung mesin yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Lalu, bagaimana detail ketiga laptop terbaru Samsung yang diperkenalkan dalam ajang CES 2017?

Samsung Odyssey

Samsung akhirnya merilis laptop gaming pertama miliknya yakni Samsung Odyssey. Notebook gaming Samsung ini hadir dengan pilihan bodi warna hitam dan putih dengan bodi yang kokoh. Sekilas desainnya cukup ramping dan modis tidak mencerminkas sebuah laptop gaming. Sayangnya, pada bagian keyboard, laptop ini sekilas menggunakan desain yang mirip dengan desain Alienware. Hal ini memang sedikit mengecewakan. Pasalnya Acer dengan seri Predator atau ASUS dengan seri ROG memiliki desain yang khas dan berbeda dengan laptop gaming lainnya.

Pada bagian layar, Samsung akan menghadirkan dua varian yakni layar 15,6 inci dan layar 17,3 inci. Kedua layar akan mengusung panel IPS dan resolusi layar full HD. Pemain game akan bisa menikmati setiap detail grafis dengan layar laptop ini. Kabarnya, varian 15 inci ini akan dirilis pada Februari, sedangkan layar 17 inci pada bulan April.

Hampir sama seperti Lenovo, Samsung juga menggunakan teknologi Red-Backlit dalam model terendah dan teknologi multicolored pada keyboard model premium. Samsung menggunakan bahan plastik yang nyaman ditangan. Satu hal yang menggangung dalam Notebook Gaming ini ialah hadirnya plastic glossy yang mengganggu pada sekitar touchpad. Selain itu, untuk varian layar 17 inci, Samsung menghadirkan tombol mode beast dibawah keyboard. Tombol ini berguna untuk meningkatkan performa laptop.

Untuk bagian dapur pacu, Samsung menggunakan prosesor Intel core i7 generasi terbaru. Samsung menghadirkan RAM 32GB pada layar 15,6 inci dan RAM 64GB untuk varian layar 17,3 inci. Pada bagian memori penyimpanan, Samsung menghadirkan memori internal 1TB. Bedanya, varian layar 17,3 inci menggunakan tambahan SSD 512GB dan varian layar 15,6 inci menggunakan tambahan SSD 256GB. Pada bagian VGA, Notebook Odyssey 15,3 inci menggunakan VGA NVIDIA GeForce GTX 1050. Sayangnya, untuk varian layar 17,3 inci, Samsung belum mengumumkan VGA yang digunakan.

Untuk waktu peluncuran, hingga saat ini Samsung masih bungkam. Namun, dipastikan harga dari laptop gaming ini tidak akanlah murah.

Samsung Chromebook Plus dan Chromebook Pro

Dalam CES 2017, Samsung juga menghadirkan laptop yang terjangkau dengan spesifikasi tangguh. Jika kamu mencari laptop hanya untuk menulis laporan atau sekadar browsing, Samsung memiliki laptop Chromebooks terbaru, yakni Samsung Chromebook Plus dan ChromeBook Pro. Kedua laptop hadir dengan dimensi yang sama yakni kompak dan solid, khas seri chromebook. Laptop ini juga tidak terlalu berat sehingga nyaman digunakan diberbagai kesempatan dan tempat. Terdapat juga versi hybrid yang fleksibel. Perangkat Chromebook terbaru ini dapat dengan mudah diubah dari sebuah laptop menjadi tablet. Tidak hanya itu, Samsung menghadirkan support Stylus dan layar sentuh sehingga pengoperasian kian nyaman.

Pada bagian layar, kedua Chromebook Samsung ini menggunakan layar yang terbilang kecil untuk laptop saat ini yakni 12,3 inci. Layar ini akan disokong panel LED dan resolusi layar 2400 x 1600 pixels. Layar ini membuat pengguna bisa browsing gambar dan video dengan jelas. Untuk menyaksikan video, layar laptop ini juga cukup nyaman dimata penggunanya. Meski sudah mengusung layar sentuh, Samsung tetap menghadirkan keyboard dan touchpad yang nyaman digunakan.

Meskipun desain yang diusung hampir sama, Samsung menghadirkan perbedaan pada bagian mesin. Untuk varian Plus, Samsung menggunakan prosesor Hexa-core ARM OP1, sedangkan pada varian Plus terpasang prosesor Intel core M3. Untuk urusan performa, laptop Crhomebook terbaru Samsung ini menggunakan RAM pilihan 2 atau 4GB. Untuk bagian grafis, Samsung menggunakan VGA Intel HD Graphics pada seri Pro. Sedangkan pada seri Plus akan menggunakan grafis internal. Dengan spek ini, laptop Chromebook memadai untuk kegiatan kantoran sederhana atau untuk kegiatan hiburan lainnya.

Untuk memori penyimpanan, laptop Chromebook Samsung ini akan menggunakan memori SSD dengan pilihan 128GB atau 256GB. Spesifikasi yang sederhana ini sesuai untuk kebutuhan pengguna dari kalangan pelajar hingga kantoran. Tidak hanya itu, spesifikasi yang sedarhana membuat laptop bisa berharga lebih terjangkau.

Hingga saat ini belum ada harga resmi dari kedua perangkat.

Baca juga artikel:
Tiga Perangkat yang Diperkenalkan Xiaomi di CES 2017
CES 2017 AMD Pamer PC dan Motherboard AM4 untuk Ryzen
CES 2017 ASUS Perkenalkan Laptop Terbaru ASUS Zenbook 3 Deluve Version
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts