Diperbaharui pada Kamis, 22 Desember 2016 | 11:18

Samsung Rilis Notebook 9 Terbaru dengan Peningkatan Performa dan Efisiensi

Dalam rangka menyambut gelaran CES yang akan diadakan di Las Vegas pada bulan Januari mendatang, pabrikan Samsung melakukan pemanasan dengan merilis versi terbaru dari lini Notebook 9.

Notebook 9 generasi anyar ini hadir dengan sentuhan baru yang hadir dalam dua varian layar berukuran 13 inch dan 15 inch, mengadopsi garis tepi membulat yang sedikit berbeda dengan pendahulunya, dilengkapi dengan keyboard backlit serta dua buah slot USB 3.0, satu buah port USB Type-C, satu port HDMI dan slot microSD.

Kedua varian terbaru dari lini Notebook 9 Samsung ini menggunakan prosesor Intel Kaby Lake generasi ke-7 Core i5 dan i7 yang peluncurannya dilakukan pada bulan Agustus lalu. Chipset Kaby Lake sendiri difokuskan untuk perangkat kelas bawah dengan penggunaan daya sebesar 4,5 dan 15 watt.

Prosesor Intel Kaby Lake sendiri diklaim memiliki keunggulan di segi efisiensi daya yang meningkat sebanyak 25% jika dibandingkan dengan prosesor Intel Skylake. Sementara di sektor performa, prosesor yang digunakan pada Notebook 9 Samsung ini memiliki kinerja lebih baik hingga 12% dan 19% saat dipakai browsing.

Untuk Notebook 9 Samsung varian 13 inch, ia hadir dengan dua konfigurasi prosesor, yakni Core i5 dan Core i7. Sementara itu, varian dengan layar seluas 15 inch hanya menawarkan konfigurasi prosesor Intel Core i7 saja.

Sama seperti Notebook 9 Samsung generasi lama, varian baru ini mengandalkan SSD SATA Samsung MZNLN256HCHP-000 dengan kapasitas 256GB. Selain itu, ia pun di lengkapi dengan teknologi audio canggih berkat penggunaan 1.5W X 2 Speakers, fitur Video HDR pada layar, kamera yang sudah terintegrasi dan fitur fast charging berkat penggunaan dari port USB Type-C.

Tambahan fitur lainnya, notebook Samsung yang dijalankan pada OS Windows 10 Home ini sudah dilengkapi dengan dukungan fitur sensor sidik jari yang terintegrasi langsung dengan Windows Hello, memungkinkan pemakai dapat mengakses notebook dengan lebih praktis tanpa harus memasukan password.

Soal ketahanan, notebook ini pun dilengkapi fitur pengisian cepat adaptiv yang diklaim dapat memberikan daya tambahan selama 2,1 jam hanya dengan mengisi baterai selama 20 menit, sementara daya baterai akan seluruhnya penuh dalam waktu 80 menit saja.

Saat ini, Samsung sendiri belum menginformasikan terkait jadwal penjualan dan harga yang akan dipatok. So, mari kita tunggu saja kehadirannya pada gelaran CES di awal tahun 2017 mendatang.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 15 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
Tipe Prosesor Core i7
RAM 4 GB
Kapasitas HDD -
Kartu Grafis -
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 2 Port(s)
OS Windows 10
Tipe Kartu Grafis -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Laptop Premium Acer Swift 7 dan Spin 7 Dipasarkan di Indonesia, Berapa Harganya?
Asus Perkenalkan Laptop Pelajar dengan Teknologi Eye Care, Asus VivoBook Max X441
HP ProBook X360 11, Laptop Tahan Air dan Tahan Banting untuk Pelajar
Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts