Daftar Harga SUV Honda Akhir Tahun Ini

Daftar Harga SUV Honda Akhir Tahun Ini

Oleh Adam Rizal updated Jumat, 16 Des 2016 | 14:02

Saat ini model sport utility vehicle (SUV) menjadi trend masyarakat Indonesia karena bodinya yang besar dan macho, performanya yang dahsyat serta desain yang menawan. Masyarakat sangat menyukai SUV karena kemampuannya yang mampu melibas pelbagai medan, mengingat jalanan di Indonesia tidak semuanya mulus.

Pelan tapi pasti, penjualan SUV meningkat dan menunjukan tren positif. Saat ini fungsi SUV mengalami pergeseran, SUV yang mengandalkan ketangguhan kini beralih ke mobil keluarga yang memiliki daya angkut penumpang yang sama dengan MPV serta irit bahan bakar.

Survei Marketeers menyebutkan segmen SUV menjadi magnet tersendiri di tengah lesunya daya beli masyarakat. Honda sebagai salah satu pabrikan mobil terpenting di Indonesia memiliki tiga varian model SUV yaitu Honda BR-V, Honda HR-V dan Honda CR-V.

Di pasar, Honda mengandalkan Honda BR-V menyasar pasar menengah ke bawah. Kemudian, Honda HR-V menawarkan ketangguhan dan kemewahan untuk pasar menengah. Di segmen premium, Honda memiliki CR-V yang menyasar pasar premium dan sudah lama melekat di hati sanubari masyarakat Indonesia.

Honda BR-V dan Honda HR-V

Berbicara SUV Honda, tidak bisa terlepas kesuksesan SUV Honda BR-V dan Honda HR-V yang menjadi primadona baru di pasar SUV Indonesia. Datang sebagai pendatang baru, kedua SUV mendapatkan respon positif dari masyarakat Indonesia bahkan Honda BR-V memimpin pasar SUV kelas murah.

Hebatnya, Honda Prospect Motor (HPM) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Honda di Indonesia sukses merakit Honda BR-V dan Honda HR-V di pabriknya di Karawang, Bekasi sehingga Honda dapat menekan biaya operasional dan produksinya serta membuat produk yang sesuai dengan selera pelanggan di Indonesia.

Berikut spesifikasi singkat kedua model tersebut seperti dikutip laman resmi Honda Indonesia.

Honda BR-V

SUV Honda BR-V mengambil platform Honda Mobilio dan All New Honda Jazz hanya saja dengan ukuran ground clearance-nya lebih tinggi serta bodinya yang lebih bongsor. SUV Honda BR-V mengusung mesin i-VTEC 1.500 cc 4-silinder model segaris DOHC 16 katup yang menyemburkan tenaga 120 HP pada 6.600 rpm dan torsi maksimal mencapai 145 Nm pada 4.600 rpm.

Untuk variannya, spesifikasi Honda BRV terdiri 3 tipe, yaitu S (M/T), E (M/T, CVT) serta Prestige (CVT). Untuk varian paling tinggi adalah Prestige (CVT), Honda sudah membenamkan fitur spesial, seperti fitur Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, Nano E-ionizer serta Aero Kit.

Desain Honda BR-V tampil kalem dengan lekuk body stylish serta memancarkan aura elegan nan sempurna. Selain itu, lampu depan Honda BR-V mengusung model long shape dengan garis tegas ke samping dengan teknologi projector headlamp. Pada grill depan, Honda BRV memiliki frame bertingkat dengan aksen krom mengkilat dan emblem merk Honda tepat di bagian tengah.

Desain Honda BR-V makin terlihat sporty dengan tambahan aksesoris fender hitam berbahan fiber pada sisi bawah yang melingkar dari depan mengikuti alur ke belakang bodi mobil. Honda memasang spion retractable mirror yang membuat spion bergerak secara otomatis.

Untuk interior, Honda BR-V memiliki dashboard yang berwarna hitam, fitur audio player Double DIN dengan layar sentuh 6.1 inci, desain speedometer-nya yang minimalis dan seatbelt Honda BR-V dengan fitur potensioner. Pada bagian kabin belakang, Anda bisa melipat jok penumpang dengan teknologi 50:50 folding row 3 sehingga membuat ruang bagasi lebih luas. Untuk menambah kenyamanan, Honda BRV mempunyai fitur AC Double Blower untuk menunjang kenyamanan penumpang.

Honda BR-V memiliki ukuran panjang 4.455 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.650 mm serta wheelbase 2.660 mm serta ground clearance yang lebih dari 200 mm. Untuk kenyamanan pada penumpangnya, Honda BRV didukung oleh sistem suspensi MacPherson Strut untuk bagian depan, dan H-Shape Torsion Beam untuk bagian belakang.

Honda HR-V

SUV Honda HR-V atau Honda Vezel pertama kali hadir pada ajang Tokyo Motor Show 2013. Honda lebih senang menyebut HR-V adalah mobil jenis crossover utility vehicle. Sejak hadir pada 2014 di Indonesia, SUV Honda HR-V sukses menjadi pemimpin pasar SUV kelas menengah dan mengalahkan kompetitornya seperti Mitsubishi Outlander dan Nissan Juke.

Honda HR-V mengusung konsep desain body "Dynamic Cross Solid" yang menampilkan desain mobil yang sporty, solid, kokoh dan berkarakter modern. Honda HR-V mengusung mesin 1.5 L SOHC I-VTEC+DBW dan 1.8L SOHC I-VTEC+DBW yang masing-masing menawarkan performa handal dan tetap irit bahan bakar.

Kedua mesin itu merupakan jenis mesin SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW yang mampu memuntahkan tenaga maksimal sebesar 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi sebesar 145 Nm pada 4.600 rpm. Mesin kedua yaitu mesin 1.8L SOHC i-VTEC menyemburkan tenaga maksimum sebesar 139 PS pada 6.500 rpm dan torsi sebesar 169 Nm pada 4.300 rpm.

Honda HR-V juga memiliki segudang fitur berkualitas dan pastinya ekstra lengkap seperti fitur dual SRS Airbags, teknologi pengereman ABS+EBD, Electric Parking Brake dan Auto Brake Hold, Vehicle Stability Assist (VSA) serta Hill Start Assist (HAS) yang memberikan kestabilan dan kenyamanan pada saat menanjak.

Pada bagian dashboard, ada panel instrumen seperti MID LED display, Eco Asssit, Audio-Video System, Auto AC, tombol One Touch Turning Signal, Audio Steering Switch, dan juga One Push Ignition System. Honda HR-V 1.8L Prestige dan juga HR-V 1.8L CVT Special Edition JBL Audio sudah memiliki full leather berkualitas tinggi.

Daftar Harga SUV Honda Akhir Tahun ini

Nama Harga di Pasaran
Honda BR-V E 6MT belum ada harga
Honda BR-V S 6MT belum ada harga
Honda BR-V Prestige CVT belum ada harga
Honda HR-V 1.5L E CVT belum ada harga
Honda HR-V 1.5L S CVT belum ada harga
Honda HR-V 1.8L Mugen CVT belum ada harga
Honda HR-V 1.8L Prestige CVT belum ada harga
Honda CR-V 2.4L Prestige AT belum ada harga
Honda CR-V 2.0 i-VTEC MT belum ada harga
Honda CR-V 2.4 I-VTEC AT belum ada harga

Baca juga artikel:
Daftar Harga Mobil Murah Toyota Akhir Tahun
Harga Camry dan Sedan Toyota Lainnya di Penghujung Tahun 2016
Selama 10 Bulan Terakhir, Penjualan Toyota Didominasi Segmen MPV dan SUV

Artikel Lainnya

Komentar