Penjualan Honda Beat dan New Vario 125 eSP Paling Laris

Oleh Adam Rizal updated Kamis, 15 Des 2016 | 04:02

Saat ini Honda menguasai pasar motor matik nasional sekaligus mengalahkan penjualan Yamaha Mio Series di Indonesia. Padahal, pabrikan sepeda motor Yamaha lah yang pertama kali memperkenalkan sepeda motor matik di Indonesia dengan Yamaha Nouvo dan Mio sejak 2003.

Pelan tapi pasti, Honda berhasil merebut hati konsumen Indonesia dengan deretan motor matik yang elegan dan canggih. Bahkan, motor matik Honda memberikan kontribusi penjualan terbesar bagi Honda sekitar 75 persen, disamping motor sport dan bebeknya.

Motor matik memang memberikan kenyamanan dan kemudahan operasional untuk para pengendaranya. Selain nyaman, harga motor matik pun sangat terjangkau dan teknologi motor matik saat ini sudah canggih yang mampu menghemat menghemat bahan bakar minyak mirip dengan keiritan BBM motor bebek.

Data Penjualan

Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan matik sejak Januari - Oktober 2016 mencapai 3.866.765 unit. Margono Tanuwijaya (Marketing Director PT Astra Honda Motor) mengatakan model skutik masih jadi varian terlaris hingga saat ini dengan Honda BeAT menjadi pemimpin penjualan Honda.

"Ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan. Salah satunya adalah harga jualnya. Harga motor matic biasanya menjadi salah satu aspek yang dipertimbangkan calon konsumen ketika hendak membeli motor baru," katanya.

Honda BeAT berhasil terjual sebesar 181.499 unit, ditambah 4.960 unit tipe Street. Total penjualan skuter matik Honda BeAT ini mencapai 186.459 unit pada Oktober 2016 sekaligus menjadi sepeda motor terlaris di Indonesia.

Peringkat kedua motor terlaris di Indonesia, ada New Vario 125 eSP dengan penjualan 59.864 unit. Peringkat ketiga, ada Scoopy eSP dengan angka penjualan 52.266 unit dan New Vario 150 eSP yang mengantongi 40.272 unit.

Teknologi Motor Matik Honda

Saat ini Honda sudah menyematkan beberapa teknologi mutakhir kepada sepeda motor matiknya yaitu teknolgi eSP atau "Enhanced Smart Power" yang berfungsi meningkatkan efisiensi pembakaran dan membuat sepeda motor matik Honda irit bahan bakar minyak (BBM).

Selain ESP, ada fitur ACG Starter (Alternating Current Generator) yang berfungsi mengurangi gesekan sehingga dapat menghidupkan mesin dengan halus tanpa suara sekaligus mendukung fungsi fitur ISS (Idling Stop System). Teknologi PGM-FI yaitu sistem suplai bahan bakar dengan menggunakan sistem semprot sehingga pemakaian bahan bakar lebih efisien dan ramah lingkungan.

Kemudian ada, teknologi CBS yang dapat mengoptimalkan sistem pengereman secara bersamaan dan meningkatkan keamanan pengendara.

Harga terbaru sepeda motor matik Honda akhir tahun ini

Nama Harga di Pasaran
Honda Beat Pop eSP CBS Tidak ada harga
Honda Beat eSP CBS Rp 15,000,000
Honda Vario 150 eSP Standard Tidak ada harga
Honda Spacy Helm in PGM-FI Standard Rp 14,450,000
Honda Beat eSP CBS ISS Rp 16,700,000
Honda Vario 125 eSP CBS ISS Tidak ada harga
Honda Scoopy eSP Sporty Tidak ada harga
Honda Scoopy eSP Stylish Tidak ada harga

Baca juga artikel:
Yamaha Matic Mio Paling Laku, NMAX Jadi Idola Baru di Kalangan Rider
Motor Sport Honda Paling Laris, All New Honda CB150R StreetFire
Motor Matic Paling Laris di Penghujung Tahun 2016

Artikel Lainnya

Komentar