Diperbaharui pada Selasa, 6 Desember 2016 | 15:29

OS Android 7.1.1 Nougat Resmi Digulirkan untuk Nexus, Pixel dan Android One

Setelah dinantikan cukup lama, Google akhirnya mengumumkan sistem Android 7.1.1 Nougat. Perangkat Android yang mendapatkan update OS ini ialah smartphone seri Nexus, Pixel dan Android One General Mobile 4G.

Ketiga perangkat ini memang mendapatkan perlakukan khusus dari Google, dimana perusahaan menjanjikan update sistem lebih dulu pada perangkat tersebut. Dengan update ini diharapkan makin banyak pengguna Android yang bisa merasakan fitur yang ditawarkan dalam OS Android terbaru ini.

Dalam keterangan resmi Google, “Terhitung hari ini (6 Desember) dan selama beberapa minggu ke depan, perangkat Nexus 6, Nexus 5x, Nexus 6p, Nexus 9, Google Pixel, Google Pixel XL, Nexus Player, Pixel C dan Android One akan mendapatkan update Over The Air (OTA) perangkat lunak untuk OS terbaru Android 7.1.1 Nougat. Perangkat yang terdaftar dalam program Beta Android Juga akan menerima update ini.

Google sendiri telah menambahkan beberapa fitur baru yang membedakan dengan OS Android 7.0. Dalam update ini terdapat fitur untuk fitur image keyboard, memungkinkan pengguna menemukan dan mengirimkan gambar dan GIF lebih cepat tanpa meninggalkan aplikasi pesan. Google menyebut fitur ini bisa digunakan pada Hangouts, Allo dan aplikasi messaging bawaan.

Dalam update OS Android 7.1.1 ini Google juga membekali lebih banyak emoji baru, berisi lebih banyak pilihan untuk perempuan. Update  ini juga dibekali dengan kemampuan menampilkan shortcut aplikasi yang meluncur di perangkat, memungkinkan shortcut sub menu muncul jika pengguna menekan ikon aplikasi selama beberapa saat. Pengguna Android Nougat juga bisa mengirim pesan ke kontak tertentu atau menavigasikannya ke lokasi tertentu, dengan memanfaatkan shortcut tersebut. Fitur ini memang sempat disebut mirip dengan fitur shortcut Force Touch yang ada pada ponsel Apple.

Ingat update akan berlangsung selama beberapa minggu ke depan, jadi jika kamu tidak melihat update yang tersedia pada perangkat Nexus atau Android One kamu, kamu tidak perlu khawatir karena bisa jadi kamu mendapat update lain hari. Ingat update ini akan berlangsung secara bertahap Over the Air.  

Daftar perangkat siap update OTA Android 7.1.1

Nama Harga di Pasaran
Google Pixel 32GB belum ada harga
Google Pixel 128GB belum ada harga
Google Pixel XL 32GB belum ada harga
Google Pixel XL 128GB belum ada harga
LG Nexus 5X RAM 2GB ROM 16GB belum ada harga
Huawei Nexus 6P 32GB belum ada harga
Huawei Nexus 6P 64GB belum ada harga
Huawei Nexus 6P 128GB belum ada harga
Google Chromebook Pixel C belum ada harga
HTC Nexus 9 16GB belum ada harga
HTC Nexus 9 32GB belum ada harga
General Mobile GM 4G RAM 2GB ROM 16GB belum ada harga
 

Baca juga artikel:
Di Akhir 2016, Android Nougat Sudah Digunakan 4% Perangkat Android Dunia
GM 5, Android One Pertama yang Mencicipi Nougat
Android One Segera Cicipi Sistem Android Nougat
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts