GM 5, Android One Pertama yang Mencicipi Nougat

Oleh Ardiansyah Hana updated Senin, 7 Nov 2016 | 13:46

Kehadiran smartphone Android One sempat meramaikan pasar gadget negara berkembang, termasuk Indonesia beberapa tahun lalu.

Sekarang, ada kabar terbaru lagi dari proyek yang dikhususkan Google untuk perangkat murah ini, karena Android One pertama dengan OS terbaru Android 7.0 Nougat akan segera meramaikan pasar Eropa.

Adalah perusahaan Turki, General Mobile, yang baru saja memperkenalkan Android One bertajuk GM 5. Mengusung keistimewaan sebagai perangkat berbasis Android one yang mencicipi Nougat, smartphone ini tidak hanya menarik di sektor software, melainkan hardware.

Hadir dengan tiga varian warna casing seperti Golden, Space gray dan Black, GM 5 tampil cukup menawan dengan memakai material plastik. Memiliki dimensi bodi berukuran  140,5 x 69.75 x 9.3 mm dan bobot seberat 160 gram, ia pun menawarkan konektivitas dual SIM 4G LTE.

Pada sektor layar, GM 5 menawarkan panel IPS seluas 5 inch beresolusi HD. Menariknya, layar tersebut telah diperkuat dengan proteksi Corning Gorilla Glass 4 dan menggunakan teknologi OnCell.

Selain OS terbaru, perangkat ini mengandalkan prosesor Quad Core berkecepatan 1,2 GHz dengan arsitektur 64-bit. Sekalipun pada website resminya tidak menampilkan tipe chipset yang digunakan, namun GSMArena menginformasikan bahwa perangkat ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon seri 410.

Menemani chipset tersebut, Android One GM 5 juga memasang konfigurasi berupa RAM berkapasitas 2GB. Tak hanya itu, memori internal berkapasitas 16GB pada smartphone ini juga dapat dieskpansi melalui ketersediaan slot microSD.

Di sektor kamera, bagian belakang smartphone ini tersedia sensor 13 MP. Menariknya, kamera tersebut dilengkapi dengan fitur LED flash, autofocus dan sejumlah fitur menarik yang disediakan Google seperti Google Photo, Photo Sphere dan Lens Turbidity. Sementara bagian depannya, pengguna bisa berfoto selfie menggunakan sensor 5 MP.

Terakhir, smartphone ini mengandalkan baterai 2.500 mAh sebagai penyuplai daya. Rencanannya, Android One GM 5 akan dijual untuk pasar negara zerbaijan, Albania, Afghanistan, Belgia, Bosnia, Kroasia, Siprus, Georgia, Ghana, Yunani , Irak, Kenya, Luksemburg, Moldova, Belanda, Pakistan, Serbia, Tunisia, Turki dan Uzbekistan.

Sejauh ini, belum ada informasi mengenai harga yang akan dipatok. Sepertinya, GM 5 akan dibandrol dengan harga setara dengan perangkat berbasis Android One lain yang dijual dengan harga dibawah Rp 2 juta.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE
Ukuran Layar 5 inch
Chipset Qualcomm
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1.2 GHz
GPU -
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Resolusi Kamera Depan 1 5 MP
Kapasitas Baterai 2500 mAh

Baca juga artikel:
Samsung Rilis Ponsel Flip Premium Seri W2017
Ini Dia Harga dan Spesifikasi dari Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, dan Redmi 4 Prime
Daftar Smartphone Android Murah Harga Dibawah 2 Juta November 2016

Artikel Terkait

Komentar