Diperbaharui pada Selasa, 1 November 2016 | 12:30

Xiaomi Mi VR, Headset Virtual Reality Murah dengan Motion Controller

Beberapa waktu lalu, pemberitaan diramaikan dengan kehadiran perangkat inovatif buatan Xiaomi yaitu Mi Mix dan Mi Note 2.

Dalam kesempatan yang sama, nyatanya produsen yang berbasis di Tiongkok ini memperkenalkan headset virtual reality murah bertajuk Mi VR yang menawarkan sejumlah upgrade drastis ketimbang pendahulunya.

Meninggalkan penamaan “Play”, Xiaomi kini memproduksi headset virtual reality murah ini dengan desain yang jauh lebih berkelas. Bisa dibandingkan dengan Mi VR Play yang desainnya cenderung mirip dengan Google Cardboard, sedangkan generasi barunya ini bisa dikatakan mirip dengan Samsung Gear VR.

Selain pembuatan desain yang jauh lebih menarik, Mi VR diklaim dapat mendukung sejumlah smartphone terbaru Xiaomi, sebut saja Xiaomi Mi 5, Xiaomi Mi 5S, Xiaomi Mi 5S Plus dan Xiaomi Mi Note 2 yang peluncurannya dilakukan pada waktu yang sama.

Tak kalah menarik, Mi VR juga sudah dilengkapi dengan motion sensor internal yang tentu saja akan berpengaruh pada penggunaan. Dalam hal ini, Xiaomi mengklaim bahwa latency berkat penggunaan Mi VR hanya berkisar 16 milidetik saja, memungkinkan efek mabuk bisa diminimalisir dan lebih memberikan kenyamanan pada pengguna.

Hal menarik lain dari kehadiran Mi VR adalah disematkannya motion controller 9-axis. Memiliki bentuk yang mirip seperti controller dari Google Daydream View, pengguna pun akan dimanjakan dengan hadirnya touchpad sehingga melakukan navigasi konten bisa lebih mudah.

Keseriusan Xiaomi dalam mengembangkan headset virtual reality sangat terlihat dari adanya dukungan konten. Di sini, Xiaomi turut menginformasikan keberadaan MIUI VR Store yang menyediakan lebih dari 30 aplikasi berbasis VR dan 500 video panorama. Nantinya, toko konten VR ini akan lebih seri akan Xiaomi pun sudah mengajak lebih dari 200 developer untuk bekerjasama.

Berada di balik merek Xiaomi yang terkenal karena mengeluarkan produk dengan harga murah, hal tersebut juga bisa dirasakan pada perangkat ini. Untuk kamu yang tertarik untk membeli Mi VR, kamu hanya perlu menyiapkan budget sebesar US$ 29 atau setara Rp 380 ribuan, sangat jauh ketimbang harga jual dari Google Daydream View atau Samsung Gear VR.

Sayangnya, seperti dikutip dari mashable dan digitaltrends, informasi mengenai penjualan headset virtual reality murah di luar Tiongkok belum dikonfirmasi. Sebagai penyuka virtual reality, tentu saja keberadaan Mi VR sangat diharapkan di Indonesia!

Baca juga artikel:
Xiaomi Mi Mix, Inovasi Ponsel dengan Bezel Tertipis
Resmi Meluncur, Ini Dia Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi Note 2
Daftar Lengkap Perbandingan Harga Smartphone Xiaomi Redmi Series
Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts