Diperbaharui pada Rabu, 26 Oktober 2016 | 12:18

Ini Dia Vphone S8, Smartphone Terkecil di Dunia

Saat ini, kebanyakan smartphone yang dikeluarkan produsen dunia memiliki bentang layar yang luas antara 5 sampai 6 inch.

Melalui tren tersebut, pengguna cenderung menganggap smartphone dengan layar 5 atau 6 inci adalah yang paling ideal, mulai meninggalkan smartphone dengan layar kecil karena dinilai kurang nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Nyatanya, hal ini tidak berlaku bagi produsen asal Tiongkok, Vphone. Perusahaan yang sudah didirikan sejak tahun 2010 ini memilih untuk merilis smartphone dengan layar paling kecil di dunia bertajuk Vphone S8.

Lain hanya dengan smartphone lain di pasaran, Vphone S8 hanya mengusung layar dengan bentang seluas 1,54 inch saja. Hal ini menjadikannya sebagai smartphone dengan layar terkecil di dunia, tentu saja sangat anti mainstream.

Meskipun ukuran Vphone S8 sama dengan ukuran smartwatch, namun nyatanya perangkat dengan dimensi bodi berukuran 46.7 mm x 37.3 mm x 9.9 mm dan bobot seberat 30 grams ini tetap masuk ke dalam jajaran smartphone. Hal ini dibuktikan dengan dukungan spesifikasi teknis pada smartphone ini  yang memang berbeda dengan smartwatch.

Dilengkapi dengan fitur menyerupai smartwatch seperti fitur monitor denyut jantung, motion chip dan kompatibel dengan smartphone berbasis Android atau iOS (via Bluetooth), Vphone tidak memiliki strap sehingga menepis penyebutan sebagai jam tangan.

Sementara itu, fitur inti yang membuat perangkat ini dikategorikan sebagai smartphone adalah disematkannya dukungan slot kartu SIM yang tentu saja bisa digunakan untuk melakukan panggilan, mengirimkan SMS dan terhubung dengan internet. Selain itu, dukungan konektivitas pun tergolong lengkap berkat adanya fitur Bluetooth v4.0, 5 PIN USB, USB 2.0 dan FM radio. 

Lebih menarik lagi, smartphone yang dibuat menggunakan material aluminium magnesium alloy ini mengusung layar 2.5D curved glass dan memiliki tiga tombol kapasitif untuk memudahkan navigasi. Sementara soal performa, ia mengandalkan chipset MediaTek MT2502 dengan dukungan RAM 64MB dan memori internal 128MB.

Mengandalkan baterai berkapasitas 380 mAh sebagai penyuplai daya, smartphone terkecil di dunia ini dijual dengan harga terjangkau. Untuk membelinya, kamu hanya perlu menyiapkan budget sebesar US$ 30 atau setara Rp 380 ribuan saja.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 1.54 inch
Internal 128 MB
Kamera Utama -
Kamera Depan -
Tipe -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Xiaomi Mi Mix, Inovasi Ponsel dengan Bezel Tertipis
Resmi Meluncur, Ini Dia Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi Note 2
Kamera Hape Terbaik dengan Resolusi 16 Megapiksel
Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts