Mencegah Smartphone Meledak atau Terbakar

Oleh Imam Ali updated Selasa, 28 Apr 2020 | 20:47

Via DigitalTrend

Beberapa minggu ini dunia gadget dihebohkan dengan kabar meledaknya Samsung Galaxy Note 7. Ledakan terjadi diduga pada komponen baterai Note 7 saat ponsel dicharge. Masalah ini sebetulnya bukan hal baru.

Pasalnya beberapa ponsel seperti iPhone dan Sony Xperia series juga sempat mengalami kasus terbakar saat diisi daya. Lalu mengapa ponsel bisa meledak? Dan bagaimana mencegahnya?

Apa penyebab perangkat smartphone meledak?

Seiring berkembangnya teknologi, beberapa produsen telah menghadirkan sistem keamanan dan keselamatan pada produknya. Beberapa ponsel saat ini hadir dengan baterai berjenis Lithium-ion.

Baterai tipe ini hadir dengan kekuatan daya yang lebih stabil. Sayangnya, baterai tipe ini memiliki zat yang mudah bereaksi. Setidaknya ada dua alasan utama yang menyebabkan baterai smartphone meledak.

Alasan pertama ialah kebocoran baterai. Bila perangkat terjatuh, bisa jadi baterai yang hadir dalam perangkat tersebut mengalami kerusakan atau kebocoran zat. Baterai yang bocor dapat menyebabkan hubungan arus pendek.

Disamping itu, baterai murahan atau baterai non original juga hadir dengan paket pembungkus yang kurang rapi. Hal ini membuat sel-sel didalam baterai bisa bercampur dan menimbulkan reaksi arus pendek hingga ledakan.

Alasan kedua ialah terlalu panas atau overheating. Seperti yang diketahui smartphone yang diisi daya menghasilkan panas. Sayangnya, beberapa ponsel tidak memiliki sistem pendingin yang baik. Panas yang berlebih membuat baterai bisa mengalami reaksi sehingga meledak. Hal ini bertambah parah jika ponsel sering terlalu lama dicharge.

Mencegah smartphone meledak atau terbakar

mencegah hp terbakar

1. Selalu gunakan Charger asli

Charger original hadir dengan sistem keamanan yang didesain khusus oleh pabrikan. Charger ini hadir dengan performa yang lebih optimal saat melakukan pengecasan. Tidak hanya itu, voltase dan komponen lainnya seperti port USB juga hadir dengan standar tinggi sehingga ponsel akan aman saat diisi daya.

2. Jangan charge berlebih

Smartphone saat ini memang boros baterai. Untuk mencegah ponsel meledak maka jangan pernah biarkan untuk charge ponsel dalam waktu lama. Memang ponsel saat ini hadir dengan sistem keamanan pintar yang akan menghentikan pengisian daya saat baterai ponsel sudah penuh.

Namun, kenyataannya baterai tetap saja terus terisi dan hal ini bisa menyebabkan baterai kepanasan hingga menyebabkan reaksi dan ledakan. Maka pastikan untuk charge smartphone maksimal 3-4 jam saja. yang pasti, bila ponsel sudah panas, itu pertanda kamu segera menghentikan pengisian baterai.

Terakhir, saat melakukan pengisian baterai smartphone, sebaiknya letakkan smartphone ditempat yang pas. Jangan letakkan smartphone diatas kasur atau tempat yang tertutup sehingga ponsel tidak mendapat udara.

Artikel Terkait

Komentar

Samyang Kamis, 15 Sep 2016 | 17:22
simpel sih jangan sering pakai hp lagi dicharger sambil internetan lama :D
Jonathan Gunawan Jumat, 16 Sep 2016 | 05:23
kadang charger bisa smpe 6 jam lebih gara" ketiduran -_- ternyata bisa mengakibatkan ledakan gara" kelamaan di charger juga toh ._. ty infonya gan xD