4 Aplikasi Mudik Lebaran Agar Perjalanan Lancar dan Nyaman

Oleh Restu Aji Siswanto updated Kamis, 19 Mar 2020 | 10:21

Aplikasi Mudik

Musim mudik lebaran akan segera dimulai. Momen bertemu keluarga di kampung halaman sudah lama menjadi tradisi di Indonesia. Namun perjalanan panjang dan kondisi jalan yang terkadang rusak, bisa menjadi kendala. Bahkan kejadian tidak menyenangkan seperti kerusakan pada kendaraan dapat menghambat perjalanan mudik.

Untungnya mudik lebaran dapat dilakukan dengan lebih aman dan nyaman dengan bantuan berbagai aplikasi yang bisa diunduh di smartphone. Berikut ini 4 aplikasi yang akan sangat bermanfaat untuk menemani kita selama melakukan perjalanan mudik lebaran.

1. Aplikasi Peta Mudik (Maps)

aplikasi petaImage via Pixabay

Aplikasi jenis ini wajib ada untuk mudik khususnya bagi kamu pengguna kendaraan pribadi. Aplikasi ini akan sangat berguna untuk mengetahui jalur-jalur alternatif mana saja yang bisa dilalui. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengetahui tempat istirahat mana saja yang bisa disinggahi. Terdapat dua jenis aplikasi peta yang bisa kamu pakai, online dan offline.

Aplikasi Peta Online (Real Time)

Google Maps

Aplikasi dari Google ini bisa jadi panduan kamu saat mudik. Pada aplikasi Google Maps kamu dapat melihat kemacetan yang ada pada jalur mudik sehingga kamu bisa memilih rute lain agar terhindar dari kemacetan.

Pada saat menggunakan aplikasi tersebut kamu juga akan mendapatkan estimasi sampai ke tempat tujuan kamu. Aplikasi google maps juga memungkinkan kamu memilih jalur sesuai jenis kendaraan.

Waze

Aplikasi peta mudik yang kedua adalah Waze. Pada aplikasi ini kamu dapat melihat kondisi rute yang kamu ambil saat mudik jika terindikasi warna merah pekat berarti jalur yang kamu lalui sangat macet.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena aplikasi ini akan memberi tahu jalur alternatif yang bisa menghindarkan kamu dari kemacetan. Waze juga akan memberikan notifikasi jika terdapat tempat pengisian bahan bakar ( pom bensin ) terdekat.

Aplikasi Peta Offline

MAPS.ME

Selain menawarkan peta offline yang menggunakan GPS, aplikasi MAPS.ME juga memberikan panduan selama diperjalanan seperti tempat-tempat wisata, tempat makan, dan tentunya navigasi yang menjadi fitur utamanya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kita jadi bisa menghemat kuota data internet, yang bisa kita gunakan untuk keperluan lainnya selama perjalanan mudik Lebaran. Pencarian lokasi secara offline pada aplikasi ini juga cukup cepat, dan kita bisa bookmark lokasi-lokasi pilihan.

Map of Indonesia Offline

Aplikasi Map of Indonesia Offline adalah peta offline dengan berbagai fitur yang sangat membantu kita selama dalam perjalanan. Pencarian lokasi secara offline juga bisa dilakukan dengan cepat. Aplikasi ini menggunakan OpenStreetMap sebagai basis mapping-nya, sehingga hasilnya sangat akurat.

2. Aplikasi Pemantau Jalan (CCTV)

aplikasi cctvImage via Google Play

Pemilihan rute mudik juga bisa dilakukan sedari awal, dengan memantau terlebih dulu jalur-jalur mana saja yang ada. Ini bisa dilakukan dengan menonton update berita mudik di TV. Tapi kalau tidak punya cukup waktu untuk menonton TV, hal ini bisa dilakukan melalui aplikasi pemantau jalan (CCTV).

NTMC TV

NTMC TV memang khusus disediakan oleh Korps Lalu Lintas Polri. Aplikasi ini dapat membuat pemudik memantau CCTV secara realtime dalam smartphone. Selain memantau secara online, kamu akan mendapatkan berita seputar lalu lintas arus mudik hingga arus balik. Informasi tersebut bisa digunakan untuk menentukan jalur yang akan dipilih agar terhindar dari kemacetan.

JMCARe

Aplikasi JMCARe adalah aplikasi resmi yang diluncurkan oleh Jasa Marga untuk membantu pengendara selama melakukan perjalanan mudik Lebaran. Salah satu keunggulannya adalah fitur notifikasi yang memberikan informasi terkini tentang situasi di jalan secara real time. Selain CCTV untuk memantau jalan, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengakses pelayanan darurat 24 jam.

LM - Info Traffic Lalu Lintas

Seperti namanya, aplikasi LM - Info Traffic Lalu Lintas menyediakan akses untuk melihat CCTV yang tersebar di beberapa titik di Indonesia. Cangkupan LM memang belum ada di seluruh Indonesia, dan baru ada di kota-kota besar saja, namun bagi masyarakat di pulau Jawa, aplikasi ini sangat membantu dan cukup update.

CCTV Arus Mudik

Aplikasi ini khusus didedikasikan untuk pemudik selama menjelang dan setelah Lebaran. Informasi yang dikumpulkan pada aplikasi CCTV Arus Mudik ini diambil dari aplikasi-aplikasi lainnya seperti LM, Jasa Marga, Bitek, IBS, dan lainnya. Jadi bisa dibilang, aplikasi ini adalah paket hemat dengan tampilan live CCTV dari berbagai sumber.

3. Aplikasi Pesan Tiket Online

aplikasi pesan tiketImage via Pixabay

Untuk kamu yang berencana mudik menggunakan kendaraan umum. Kamu bisa mengunduh aplikasi pemesanan tiket di smartphone kamu. Saat ini cukup banyak aplikasi pemesanan tiket terpercaya yang bisa kamu gunakan untuk membeli tiket pesawat maupun kereta api untuk mudik.

Aplikasi Pesan Tiket Transportasi

KAI Access

KAI Access adalah aplikasi resmi yang diluncurkan oleh PT Kereta Api Indonesia. Melalui aplikasi ini, pemudik bisa membeli tiket tanpa perlu datang dan mengantri di loket stasiun. Bahkah untuk mempermudah lagi, pembatalan dan penggantian jadwal keberangkatan juga bisa dilakukan melalui aplikasi ini. Pemudik juga tidak perlu mencetak tiket dan boarding pass karena sudah ada secara digital pada aplikasi.

Padiciti

Aplikasi Padiciti menyediakan pelayanan pemesanan tiket transportasi lengkap, mulai dari kereta, bus, sampai pesawat terbang. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah harga yang bisa sangat murah bila dibandingkan dengan aplikasi lainnya berkat promo dan paket deal yang ditawarkan. Metode pembayarannya tersedia dalam berbagai opsi seperti ATM, mobile banking, kartu kredit, transfer bank, dll.

TiketKAI

Beli tiket kereta dan dapat cashback, adalah salah satu keunggulan dari aplikasi TiketKAI, yang menawarkan layanan pesan tiket hingga 90 hari sebelum hari keberangkatan. Untuk kebutuhan mendesak, aplikasi ini juga masih bisa digunakan untuk membeli tiket pada satu jam sebelum keberangkatan. Aplikasi ini dilengkapi juga dengan informasi seputar rute perjalanan.

Aplikasi Pesan Tiket dan Akomodasi

Traveloka

Aplikasi dengan logo burung ini menyediakan layanan pemesanan tiket transportasi, sekaligus akomodasi. Selain itu, aplikasi Traveloka juga menawarkan pelayanan menyewa mobil dan transfer antar airport. Jenis akomodasi yang ditawarkan juga bukan hanya hotel saja, tapi meliputi hostel, villa, dan apartemen.

Pegipegi

Pegipegi menawarkan hingga 2,800 rute kereta api di seluruh Indonesia, dan lebih dari 25,000 hotel baik domestik maupun internasional. Aplikasi ini telah bekerja sama dengan berbagai hotel seperti Best Western, Amaris, Santika, Zen Rooms, dll. Ini adalah salah satu aplikasi traveling all-in-one yang kami rekomendasikan.

Tiket.com

Sesuai namanya, aplikasi Tiket.com fokus pada jasa pemesanan tiket, mulai dari tiket kereta api, bus, pesawat, hingga tiket ke berbagai acara dan tempat wisata. Namun saat ini, Tiket.com sudah lebih dari itu. Melalui aplikasi ini, kita juga bisa melakukan pemesanan kamar hotel, bahkan penyewaan mobil juga. Cukup bermanfaat.

4. Aplikasi Bengkel dan Posko Mudik

aplikasi benkel 24 jamImage via Pexels

Jika sesuatu terjadi pada kendaraan, baik itu motor ataupun mobil pada saat mudik Lebaran, tentunya akan menyulitkan. Terlebih lagi, belum tentu kita tahu letak bengkel atau service center terdekat.

Namun berkat kemajuan teknologi, kita tidak perlu khawatir untuk menemukan bengkel terdekat, atau bahkan memanggil montir sekalipun, berkat adanya aplikasi-aplikasi pelayanan service kendaraan. Aplikasi seperti ini tentunya sangat dibutuhkan selama mudik Lebaran.

Obeng (Online Bengkel)

Aplikasi Obeng (Online Bengkel) merupakan aplikasi yang memungkinkan kamu menemukan bengkel terdekat dari posisi kamu. Pada aplikasi ini pula kamu bisa mendapatkan rute tercepat untuk menuju bengkel tersebut, jika keadaan kendaraan masih memungkinkan untuk berjalan.

Namun Jika kendaraan benar-benar mati, kamu bisa melihat profile bengkel terdekat tersebut dan menghubungi teknisi untuk datang dan memperbaiki kerusakan pada kendaraan.

Pitstop (Bengkel Online)

Pitstop (Bengkel Online) memanfaatkan teknologi GPS dan Google Maps untuk membantu menemukan lokasi dan informasi seputar bengkel terdekat dan jenis layanan apa saja yang tersedia. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita tidak perlu khawatir lagi bila motor atau mobil mengalami kerusakan selama melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Mudik Lebih Aman dan Nyaman

Dengan memiliki 4 aplikasi di atas, kita tentu akan sangat terbantu jika mengalami kendala saat mudik Lebaran. Jadi sebagai persiapan, tidak ada salahnya mengunduh terlebih dahulu aplikasi-aplikasi tersebut, bila belum ada di hp Android maupun hp iOS kita. Semoga perjalanan mudik Lebaran tahun ini aman dan lancar ya.

Artikel Terkait

Komentar