Diperbaharui pada Rabu, 24 Juni 2020 | 23:32

Cegah Baterai Smartphone Bocor Pakai Cara Ini

Image via DigitalTrends

Baterai smartphone menjadi bagian yang penting dalam gadget saat ini. Tak heran beberapa produsen smartphone dan tablet mulai menggunakan baterai berteknologi baru dan berkapasitas besar agar smartphone bisa digunakan lebih lama.

Sayangnya, dikarenakan penggunaan dan cara merawat yang salah, membuat beberapa baterai smartphone sudah harus diganti karena rusak.

Makin banyak ditemui baterai smartphone yang menggelembung hingga bocor sehingga smartphone tidak tahan lama bahkan performa smartphone berkurang.

Biar kamu tidak harus selalu mengganti baterai smartphone, berikut Pricebook sajikan tips untuk cegah baterai smartphone bocor.

1. Jangan sampai overheat

Smartphone saat ini menjadi sebuah kebutuhan utama manusia. Bahkan smartphone sudah melekat dalam berbagai kegiatan sehingga sering sekali digunakan.

Bila Smartphone digunakan secara terus menerus bahkan tidak diberikan waktu untuk beristirahat, akan membuat smartphone bekerja berat hingga menyebabkan overheat.

Bahkan dibeberapa smartphone tertentu, penggunaan kamera yang terlalu lama juga bisa membuat baterai boros dan mesin overheat.

Pasalnya sensor pada kamera, akan memaksa prosesor bekerja dengan cepat. Kondisi mesin yang panas, akana mempengaruhi cairan baterai. Jadi jangan sampai mesin smartphone kamu overheat.

2. Hindari menggunakan smartphone saat sedang dicharge

Image via TheNextWeb

Saat dicharge, sebaiknya smartphone selalu dimatikan atau tidak digunakan sama sekali. Hal ini perlu agar baterai terisi dengan maksimal.

Jika kamu masih sering memainkan smartphone saat dicharge, tak heran baterai smartphone mudah bocor hingga rusaknya komponen ponsel pintar lainnya.

3. Jangan tunggu sampai baterai smartphone kosong baru dicharge

Image via ExtremeTech

Untuk mencegah baterai smartphone bocor, kamu sebaiknya tidak membiarkan baterai ponsel hingga habis sama sekali. Ingat, kamu memang bisa mengosongkan baterai smartphone sesekali untuk melakukan kalibrasi.

Pasalnya, jika terlalu sering kosong akan menbuat sel atau cairan dalam baterai berkurang kualitasnya sehingga bisa menyebabkan panas berlebih hingga baterai smartphone bocor.

4. Jangan mecharge terlalu lama

Bila baterai smartphone kamu kosong, tentu mengisi ulang butuh waktu lama. Bahkan terkadang kamu membiarkan smartphone tertancap charger semalaman. Tentu ini membuat baterai smartphone bocor.

Tidak hanya itu, konektor pada baterai dan konektor smartphone akan mudah rusak.

5. Selalu pakai charger asli

Image via popularmechanics.com

Penggunaan adaptor charger yang sembarangan ternyata juga menyebabkan baterai smartphone mudah bocor. Bahkan, jika kamu memakai kabel USB yang tidak sesuai pun juga memberikan dampak pada performa pengisian baterai yang membuat pengisian lebih lama.

 
Like us!
Imam Ali

Content Writer

1658 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.