Diperbaharui pada Jumat, 31 Desember 2021 | 14:57

6 Emulator Game Jadul dan Klasik Terbaik di Android

emulator game klasik terbaik androidFoto: Pixabay

Sebelum hadirnya game mobile di smartphone, gamer memilih game konsol dan handheld sebagai opsi perangkat gaming andalan. Meski hadir dengan grafis yang pas-pasan di kala itu, game-game di masa kecil lebih menarik bahkan menghadirkan nostalgia saat dimainkan.

Beberapa pengembang juga telah membuat versi baru dari game lama yang bisa dimainkan di smartphone Sayangnya, game-game tersebut tidak menarik dan kalah seru dengan game aslinya.

Nah, bagi kamu yang ingin memainkan game retro yang sama persis dengan versi aslinya, kini tersedia aplikasi emulator game yang menghadirkan berbagai game jadul, lengkap dengan tampilan klasik dan gameplay-nya.

Emulator Game Jadul di Android

Bila kamu ingin memainkan game-game lama kesayanganmu, maka kamu bisa menginstall emulator game retro di smartphone. 

Namun dengan banyaknya pengembang yang membuat aplikasi emulator game klasik di Google Play Store, mungkin kamu akan bingung untuk memilih yang mana. Barikut ini beberapa rekomendasi kami.

1. ClassicBoy Golf

6 Emulator Game Jadul dan Klasik Terbaik di Android-1

Aplikasi ClassicBoy Gold adalah salah satu yang terbaik diantara emulator game lama lainnya. Dalam aplikasi ini, kamu bisa memainkan berbagai game klasik dalam satu emulator.

Kamu bisa memainkan game SNES, PSX, GameBoy Advance, NES hingga Sega. Aplikasi ClassicBoy hadir sebagai emulator tanpa kumpulan ROM.

Jadi, kamu harus mendownload terlebih dahulu ROM untuk bermain. Emulator ini juga menawarkan control game yang cukup baik meski hadir di layar sentuh.

2. DraStic DS Emulator

6 Emulator Game Jadul dan Klasik Terbaik di Android-2

Aplikasi DraStic DS Emulator merupakan salah emulator game Nintendo DS yang terbaik di Google Play Store. Meski masih mengusung tampilan grafis jadul, game Nintendo DS memang tetap seru untuk dimainkan.

Dalam DraStic DS Emulator, kamu bisa menemukan berbagai fitur termasuk kontrol yang nyaman. Tidak jauh berbeda dengan emulator lainnya, emulator ini juga memungkinkan untuk dimainkan dengan joystick tambahan.

Kamu dapat menyimpan seluruh game favoritmu di Google Drive bila tidak sedang dimainkan. Aplikasi DraStic DS Emulator dapat kamu miliki dengan membayar Rp 67.000.

3. FPse For Android

6 Emulator Game Jadul dan Klasik Terbaik di Android-3

Ada begitu banyak emulator PS1 di Google Play store. Namun, untuk yang terlengkap, tampaknya emulator satu ini bisa menjadi pilihan. Aplikasi FPse For Android dapat dibeli di Google Play Store seharga Rp 47.000.

Aplikasi ini juga hadir dengan display dan control yang cukup baik. FPse For Android juga mampu menjalankan file ISO dengan lebih cepat. Aplikasi emulator Android ini juga menawarkan audio yang jernih.

4. SuperRetro16

6 Emulator Game Jadul dan Klasik Terbaik di Android-4

Super Nintendo menjadi salah satu konsol game klasik yang terbaik. Konsol game ini hadir dengan berbagai jenis game seperti RPG hingga adventure.

Bila kamu ingin memainkan game ini di smartphone, maka emulator satu ini bisa dipilih. SuperRetro16 menawarkan tampilan yang menarik dan control yang mudah.

5. John GBAC

6 Emulator Game Jadul dan Klasik Terbaik di Android-5

John GBAC adalah aplikasi emulator GBA/GBC dengan spesifikasi minimum untuk Android 6, dan dioptimasi untuk versi Android terbaru setelahnya. Aplikasi ini tidak dapat digunakan dengan file game yang kita unduh secara terpisah.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh emulator game jadul ini diantaranya adalah engine asli GBA/GBC dengan rendering tinggi, pencarian file game dari SDCard dan memori internal hp, keypad virtual pada layar, hingga dukungan controller Bluetooth.

6. RetroArch

6 Emulator Game Jadul dan Klasik Terbaik di Android-6

RetroArch adalah emulator yang dapat digunakan untuk memainkan hampir 127 jenis konsol yang pernah dirilis ke pasaran. Ada dua versi aplikasi RetroArch yang dirancang secara khusus untuk mendukung perangkat 32-bit atau 64-bit.

Aplikasi RetroArch adaah salah satu emulator game jadul terlengkap yang bisa diunduh di Google Play Store, dan cukup populer di kalangan pemain Game Boy.

Nah, itu dia daftar emulator terbaik yang bisa kamu gunakan untuk bermain game jadul klasik. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1494 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.