Diperbaharui pada Selasa, 10 September 2019 | 18:20

Tips Agar Tidak Ketergantungan Hp, Mudah dan Simpel

 

Dengan adanya handphone dalam genggaman, informasi lebih mudah didapat, rasa bosan bisa hilang dengan mudah lewat bermain game atau ngobrol di media sosial. Sayangnya kita sering terjebak dan lebih banyak menghabiskan waktu menatap layar dibandingkan menatap lawan bicara.  

Mengutip Mashable, penelitian dari Universitas Derby tentang “Kecanduan Smartphone dan Karakteristik Psikologis” menyatakan bahwa semakin banyak waktu orang main handphone maka semakin tinggi resiko kecanduan smartphone. Saat ini rata-rata orang 3,6 jam per hari menghabiskan waktu dengan teleponnya. Ada sebanyak 13 persen dari mereka yang diteliti sudah kecanduan ponsel.

Psikolog Dr. Deepika Chopra melihat ada hubungan yang kuat antara media sosial dengan waktu yang dihabiskan bermain smartphone. Semakin banyak aplikasi media sosial banyak dikorbankan dan bukan hanya waktu. “Kecanduan smartphone juga dapat mencuri kebahagian Anda, mengganggu perkembangan anak dan menurunkan nilai akademik siswa,” ujarnya.

Bermain di media sosial seperti Facebook juga dapat meningkatkan perasaan kesepian sehingga Anda ingin selalu terhubung dengan orang lain. Jadi bagaimana kita dapat membatasi penggunaan smartphone. Berikut beberapa hal yang disarankan.

1. Matikan Pemberitahuan/Notifikasi


Seberapa sering Anda mengecek pemberitahuan yang datang ke ponsel Anda. Bahkan jaraknya tak lebih dari setengah jam. Kadang malah tak sampai 15 detik. Mematikan suara notifikasi dapat membantut Anda mengurangi keinginan untuk mengecek ponsel.

2. Mengetahui Waktu yang Dihabiskan Bersama Hp

Dengan mengetahui waktu yang Anda habiskan bersama smartphone, mungkin Anda akan terkejut melihat hasilnya. Aplikasi yang bisa dicoba ialah aplikasi Quality Time untuk smartphone Android dan untuk pengguna iOS bisa mengunakan aplikasi Moment. Dengan aplikasi ini kita bisa mengecek berapa lama waktu yang dihabiskan dalam sehari untuk handphone Anda.

3. Buat Waktu “Bebas” dari Hp dalam Sehari

Penggunaan smartphone sudah masuk ke dalam hal-hal yang seharusnya tidak perlu, misalnya di meja makan, di ruang rapat, di kamar mandi, atau sedang baca buka serta nonton film. Dengan membuat smartphone dalam mode airplane, akan lebih banyak fokus kita dalam satu momen.

4. Jangan Gunakan Hp Sebagai Alarm

Sebisa mungkin menjauhkannya dari ruang tidur Anda. Dengan membuat alarm Anda akan melihat ponsel Anda lagi sebelum tidur, dan ketika bangun karena alarm, hal pertama yang Anda lihat adalah smartphone. Menjauhkan ponsel dari ruangan kamar tidur akan menjauhkan Anda dari godaan.

5. Melatih Diri untuk Menjauh Sejenak dari Teknologi

Jika tips di atas tidak berfungsi Dr. Larry D Rosen, profesor psikologi dari California State University menyarankan untuk istirahat sejenak dengan teknologi. Caranya adalah dengan memberikan jeda waktu untuk melihat smartphone. Awalnya mulai dari 1 menit, kemudian berlanjut, ke 5 menit dan seterusnya untuk mengecek ponsel Anda. Hal ini menjauhkan diri Anda dari ketergantungan ponsel. Hal yang paling mudah adalah membaca buku-buku sekaligus menambah pengetahuan.

Jadi Lebih Dekat dengan Orang Terdekat

Salah satu cara agar bisa lebih mandiri atau tidak bergantung dengan hp adalah dengan berkomunikasi secara langsung dengan orang lain atau orang terdekat. Terkadang, komunikasi secara langsung juga sangat penting dilakukan, karena itu akan membuat ikatan yang lebih baik. Jadi, jangan sampai bergantung dengan smartphone ya!

Like us!
Imam Ali

Content Writter

972 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.