Diperbaharui pada Kamis, 26 Februari 2015 | 18:47

Android Lollipop Membawa Mode Sunyi pada Galaxy S5

Android 5.0 Lollipop membawa banyak perubahan, baik secara tampilan maupun fitur yang dibawanya. Ketika pertama kali diperkenalkan pada ajang Google I/O, Juni 2014 lalu, banyak orang kagum dengan sistem operasi ini. Hal yang sama juga terjadi ketika Android Lolipop ini meluncur dan sudah  bisa digunakan. Terlebih fitur notifikasi yang muncul ketika menjalankan aplikasi atau game, menjadi kelebihan tersendiri dari aplikasi ini.

Meskipun mendapat banyak pujian, Android Lollipop ternyata membawa satu kekurangan. Sistem operasi ini ternyata tidak membawa silent mode. Padahal, di versi sebelumnya, silent mode ini hadir dan cukup banyak digunakan. Bagi pengguna yang membutuhkan situasi penting dan tidak mau diganggu, tentu saja mode ini sangat krusial. Sayang, mode ini hilang begitu saja di Android 5.0 Lollipop.

Hal yang menarik adalah bawah silent mode atau mode sunyi ternyata akan hadir pada pembaharuan  Android 5.0  Lollipop. Hanya saja yang menerima update khusus ini adalah perangkat Samsung Galaxy S5 versi  dapur pacu berbasis Snapdragon.  Update ini dihadirkan oleh Samsung sendiri dengan nomor build G900FXXU1BOB7. Tampaknya, Samsung mau mendengarkan keluhan pengguna yang merasa mode sunyi tidak perlu dihilangkan.

Sayangnya, update ini baru akan tersedia untuk kawasan Inggris saja, terutama untuk perangkat Samsung dengan kode G900F. Untungnya, update ini direncanakan akan hadir di negara Eropa lainnya. Belum jelas, apakah update ini juga akan hadir di Asia, (terutama Indonesia) atau tidak.

Pengguna bisa terus melakukan cek dengan cara masuk Settings, kemudian pilih About phone, dan pilih Software update. Siapa tahu, ternyata Samsung menghadirkan update ini secara global dalam waktu dekat.

Sebenarnya pengguna Android Lolipop lainnya bisa mendapatkan kembali fitur mode sunyi ini. Caranya adalah dengan menginstal aplikasi bernama SoundHUD. Aplikasi ini membawa fitur silent mode sehingga pengguna yang butuh ketenangan dan tidak ingin diganggu bisa memanfaatkan aplikasi ini. Yang menarik, aplikasi ini bisa dinstal di perangkat Android yang tidak di-root.

Jika memang membutuhkan  mode sunyi dalam waktu dekat atau perangkat yang digunakan bukanlah Samsung Galaxy S5 versi Snapdragon, maka pilihannya memang menggunakan aplikasi ini. Download aplikasinya di sini

Baca juga artikel

Andromax C2s Unggulkan Sektor Kamera

Ini Hasil Benchmark Android One Mito Impact A10

Empat Hal Ini Diprediksi Bisa Menumbangkan Kesuksesan Xiaomi

Like us!
165 Posts