Diperbaharui pada Rabu, 7 Februari 2024 | 14:46

Sony Alpha 9 III, Kamera Full-Frame Pertama dengan Global Shutter System

kamera sony terbaru

Sony resmi memperkenalkan Alpha 9 III terbaru sebagai kamera dengan sensor gambar full-frame pertama di dunia dengan Global Shutter System. Kamera ini memiliki kecepatan hingga 120 frames per detik, yang diklaim bebas distorsi dan blackout.

Sensor gambar full-frame global shutter pada Sony Alpha 9 III ini menggabungkan sensor dengan sistem AF tercanggih yang dimiliki Sony saat ini. Sistem AF ini dibekali dengan teknologi AI autofokus dengan perhitungan fokus AF/AE hingga 120 kali per detik.

Selain itu, kamera ini juga diklaim mampu menyingkronkan flash pada semua kecepatan pemotretan, sehingga cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan fotografi profesional di berbagai genre, khususnya genre birding, sport, dan portrait.

Fitur Utama Sony Alpha 9 III

harga kamera sony

Kamera Sony Alpha 9 III yang dilengkapi dengan global shutter full-frame ini dibekali dengan stacked CMOS image sensor yang baru dikembangkan untuk pertama kalinya di dunia, dengan sekitar 24.6 MP efektif untuk menghasilkan gambar.

Sony turut membenamkan mesin pemrosesan gambar terbaru BIONZ XR pada kamera ini, sementara untuk pengambilan gambar, Sony Alpha 9 III diklaim mampu menghasilkan Continuous Shooting Speed tanpa blackout dengan pelacakan AF/AE hingga 120 frames per detik.

Selain itu, Alpha 9 III juga dilengkapi dengan high-density focal plane phase-detection AF. Unit pemrosesan AI yang telah didesain menggunakan Real-time Recognition AF (autofocus) untuk mengenali berbagai macam subjek dengan presisi tinggi . 

Fitur lain yang tersemat di kamera Sony terbaru ini di antaranya:

  • 8.0 stop optical 5-axis in-body image stabilization yang memungkinkan rendering gambar berkualitas tinggi.
  • Mode release lag yang memungkinkan pengguna untuk memprioritaskan release lag atau tampilan viewfinder/monitor. 
  • Fungsi Pre-Capture yang baru diinstal dapat digunakan untuk mundur hingga 1 detik dan merekam momen sebelum menekan tombol shutter.
  • Area fokus yang dapat dikustom dan sudah diperluas untuk menyertakan ukuran XS hingga XL, dibandingkan dengan ukuran S, M, dan L yang terdahulu.
  • Fungsi Preset Focus/Zoom memungkinkan pengaturan fokus dan zoom yang sudah ditetapkan sebelumnya.
  • Algoritma AF terbaru untuk mencapai presisi AF yang tinggi hingga ke tingkat cahaya serendah EV-5 dalam mode AF-S (setara ISO 100, lensa F2.0).
  • Pelacakan AF untuk pemotretan beruntun pada F22 .
  • Fungsi pemotretan RAW komposit yang memberikan kemampuan untuk menggabungkan beberapa gambar secara berurutan ke dalam komposit berkualitas tinggi.

Selain kamera, Sony juga turut meluncurkan lensa Sony G Master FE 300mm F2.8 GM OSS yang mampu mengoptimalkan semua fungsi dari Alpha 9 III. Kamera Sony Alpha 9 III terbaru ini sudah tersedia di Indonesia sejak tanggal 3 Februari 2024 dengan harga Rp 94.999.000 di seluruh dealer resmi Sony. 

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1519 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.